Latest News

Download Kisi-Kisi Ujian Nasional 2019

Download Kisi-Kisi Ujian Nasional 2019


Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Keputusan ini ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN.



Fungsi Kisi-kisi tersebut ialah sebagai contoh pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. Kisi-kisi disusun menurut kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Menurut Bambang Suryadi Ketua BSNP, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada jumlah penerima dan aktivitas ujian.

“Bentuk soal USBN mencakup soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya menambahkan penerapan soal yang berorientasi pada daypikir atau Higher Order Thinking Skills (HOTS)

------------------------------------------------------------------------------------------------

Kisi-Kisi Ujian Nasional 2019 sanggup didownload di halaman ini:


>>> Kisi-Kisi Ujian Nasional SMP 2019

>>> Kisi-Kisi Ujian Nasional SMA 2019

>>> Kisi-Kisi Ujian Nasional SMK 2019

------------------------------------------------------------------------------------------------

Dengan adanya kisi-kisi USBN dan UN ini, dibutuhkan para guru di masing-masing satuan pendidikan sanggup melaksanakan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. Terkait dengan pelaksanaan USBN dan UN, BSNP akan segera merilis POS USBN dan UN dalam waktu bersahabat ini, dengan mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut  merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN.



Sumber: http://bsnp-indonesia.org/2018/11/27/bsnp-rilis-kisi-kisi-usbn-dan-un-2019/

0 Response to "Download Kisi-Kisi Ujian Nasional 2019"

Total Pageviews