Latest News

Silabus Dan Rpp Kurikulum 2013

SILABUS DAN RPP KURIKULUM 2013
 ialah berkaitan dengan perencanaan pembelajaran SILABUS DAN RPP KURIKULUM 2013Perbedaan yang fundamental  antara Kurikulum 2006 (KTSP) dengan Kurikulum 2013 ialah berkaitan dengan perencanaan pembelajaran. Dalam Kurikulum 2006, aktivitas pengembangan silabus merupakan kewenangan satuan pendidikan, namun dalam Kurikulum 2013 aktivitas pengembangan silabus beralih menjadi kewenangan pemerintah, kecuali untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan di satuan pendidikan yang bersangkutan.
Walaupun  silabus sudah di buat oleh pemerintah sentra , namun  guru tetap saja dituntut untuk sanggup memahami seluruh pesan dan makna yang terkandung dalam silabus, terutama untuk kepentingan operasionalisasi pembelajaran. Oleh alasannya itu, kajian silabus tampak menjadi penting, baik dilakukan secara sanggup bangun diatas kaki sendiri maupun kelompok (khususnya melalui aktivitas bedah silabus dalam lembaga KKG/MGMP), sehingga dibutuhkan para guru sanggup memperoleh perspektif yang lebih tajam, utuh dan komprehensif dalam memahami  seluruh isi silabus yang telah disiapkan tersebut.
Sedangkan untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sepertinya masih tetap menjadi kewenangan dari guru yang bersangkutan, ialah dengan berusaha berbagi dari Buku Babon (termasuk silabus) yang telah disiapkan pemerintah.
Memperhatikan rujukan silabus dan RPP yang diajukan dalam Seminar Kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Surabaya, 17 Maret 2013 ini, terdpat beberapa berbeda dengan RPP yang dikembangkan selama ini, diantaranya:
·         Langkah-langkah pembelajaran tidak lagi mencantumkan secara eksplisit dan detil perihal siklus eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, tetapi telah terbingkai secara utuh, dengan merujuk pada metode pembelajaran yang dipilih.
·         Nilai-nilai dalam pendidikan huruf tidak hanya sekedar “ditempelkan” dalam rumusan tujuan atau langkah-langkah pembelajaran.
·         Dan yang paling utama, pendekatan pembelajaran yang hendak dikembangkan telah menggambarkan sebuah proses pembelajaran yang lebih mengedepankan tugas aktif siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya. Sementara guru  lebih banyak menampilkan kiprahnya sebagai pembimbing dan fasilitator berguru siswa (lihat langkah-langkah dalam aktivitas inti).
Menurut Pak Achmad Sudrajat, M.Pd meski model RPP ini untuk kepentingan pembelajaran IPA di SMP,  tetapi dia melihat esensi perihal sistematika penyusunannya (bukan substansi dan target kelasnya) sangat mungkin untuk disesuaikan dalam pembelajaran lainnya.contoh-silabus-dan-rpp-kurikulum-2013


0 Response to "Silabus Dan Rpp Kurikulum 2013"

Total Pageviews