Latest News

Pengertian, Jenis, Dan Pola Logam



Logam yaitu unsur kimia yang mempunyai sifat kuat, keras, liat, merupakan penghantar panas dan listrik, serta mempunyai titik lebur tinggi. Benda logam pada awalnya dibuat dari bijih logam, dimana bijih logam sanggup diperolah dengan cara menambang baik yang berupa bijih logam murni maupun yang bercampur dengan materi lain.

Bijih logam yang diambil dalam keadaan murni diantaranya yaitu emas, platina, perak, bismus dll. Sedangkan ada juga bijih logam yang bercampur dengan unsur lain ibarat tanah liat, fosfor, silikon, karbon, serta pasir.
Logam yaitu unsur kimia yang mempunyai sifat besar lengan berkuasa Pengertian, Jenis, dan Contoh Logam

Sampai dikala ini, terdapat 65 logam yang terbentuk secara alami di bumi, namun hanya sedikit yang sanggup dimanfaatkan dengan cara yang benar. Logam-logam yang sanggup dimanfaatkan ini hanya mencapai 20 buah, baik yang berdiri sendiri maupun sebagai bab dari aloi( adonan dari dua buah logam atau lebih dan zat lainnya). Aloi ini dibuat untuk menciptakan logam yang mempunyai sifat berbeda dari sebelumnya, supaya sanggup dimanfaatkan secara maksimal.

Jenis Logam dan Kegunaanya

1.Alumunium
Alumunium yaitu logam dengan warna putih keperak-perakan yang mempunyai sifat sangat ringan dan tahan terhadap korosi(karat). Logam ini berasal dari bijihnya, bauksit, dengan proses elektrolisis. Alumunium dipakai dalam kabel-kabel listrik lintas udara, pesawat terbang, kapal, mobil, kaleg minuman, dan foil dapur (pembungkus makanan).

2.Baja
Baja merupakan salah satu aloi yang sangat sering kita dengar dan kita jumpai namanya. Baja mempunyai perang yang sangat penting dalam kehidupan manusia, kenapa demikian? Karena Baja merupakan aloi besi dan karbon yang merupakan satu dari sedikit materi terpenting dalam industri, ibarat yang kita ketahui, bisang industri ini mensugesti dunia secara global. Baja mempunyai sifat tahan karat, dan kegunaanya yang sangat penting yaitu untuk bidang industri ruang angkasa.

3.Besi
Besi merupakan logam yang mempunyai warna abu-abu keputih-putihan. Logam ini dihasilkan terutama dari peleburan biji hematit dalam tanur sembur. Kegunaanya yaitu diapakai untuk bangunan dan bidang teknik, juga sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan aloi baja.

4.Emas
Tentu teman semua sudah tidak ajaib lagi dengan logam yang satu ini. Unsur logam emas mempunyai sifat yang lunak, dan mempunyai warna kuning jelas yang dipakai untuk suplemen dan alat-alat elektronik. Tentunya emas tidak gampang didapat di pasaran, alasannya yaitu mempunyai harga yang sangat tinggi dan terus meningkat.

5.Kalium
Kalium yaitu logam ringan dengan warna keperakan, juga mempunyai sifat sangat reaktif. Senyawa-senyawa kalium dipakai dalam pupuk kimia dan untuk pembuatan kaca.

6.Kalsium
Logam ini mempunyai putih keperak-perakan, sifatnya yang gampang dibuat sesuai dengan daerah ditemukannya, yaitu di dalam kerikil kapur dan kapur. Dalam makhluk hidup juga terdapat logam yang satu ini, salah satunya di tulang gigi hewan. Pemanfaatan logam ini biasanya untuk menciptakan semen dan baja kualitas tinggi.

7.Kuningan
Kuningan merupakan sebuah aloi yang terbuat dari tembaga dan seng. Pemanfaatanya sangat banyak terjadi di bumi ini, yaitu untuk, barang-barang hiasan, sekrup, alat-alat musik, dan paku-paku kecil.

8.Kupronikel
Merupakan aloi yang terbuat dari tembaga dan nikel yang dipakai untuk menciptakan uang logam berwarna perak.

9.Kromium
Kromium yaitu logam yang mempunyai warna abu-abu, dan mempunyai sifat yang keras. Sering dipakai untuk menciptakan baja tahan karat dan melapisi logam-logam lain untuk melindunginya dan memberi penampikan mengkilap yang memantul.

10.Magnesium
Logam yang rigan berwarna perak keputih-putihan yang jikalau terbakar menghasilkan nyala api putih terang, logam ini dipakai dalam suar evakuasi dan kembang api dalam aloi-aloi ringan.

11.Natrium
Natrium merupakan sebuah logam yang sangat reaktif. Memiliki sifat lunak dan berwarna putih keperakan logam ini terdapat dalam garam dapur dan dipakai untuk lampu jalanan dan dalam industri kimia.

12.Perak
Perak yaitu suatu logam yang gampang dibentuk, berwarna putih abu-abu yang merupakan konduktor panas dan listrik yang sangat baik. Logam ini dipakai untuk menciptakan perhiasan, peralatan perak ,dan film fotografi.

13.Perunggu
Merupakan sebuah aloi dari tembaga dan timah yang dikenal semenjak jaman kuno. Aloi ini memilii sifat tahan korosi dan gampang dibentuk. Dibanyak negara perunggu dimanfaatkan untuk menciptakan uang logam yang bernilai rendah.

14.Platina
Logam berwarna putih keperakan, yang gampang dibentuk, dipakai untuk menciptakan perhiasan, barang elektronik, dan sebagai katalisator.

15.Plutonium
Logam radioaktif yang dihasilkan dengan cara membombardir uranium dalam reaktor nuklir dan dipakai dalam senjata nuklir.

16.Raksa
Raksa merupakan logam berbentuk cairan yang berat. Logam cair ini mempunyai warna putih keperakan , dan juga beracun. Digunakan dalam termometer, tapal gigi dan dipakai dalam beberapa materi peledak.

17.Seng
Suatu logam putih kebiruan yang diambil dari mineral seng blende (sfarelit). Logam ini dipakai untuk melapisi besi supaya tidak berkarat (disebut galvanisasi). Logam ini juga dipakai di baterai-baterai listrik tertentu dan dalam aloi-aloi ibarat kuningan.

18.Solder
Suat aloi dari timah dan timbal yang mempunyai titik lebur yang rendah dan dipakai untuk menyambungkan kabel-kabel dalam barang-barang elektronik.

19.Tembaga
Logam yang gampang dibentuk, berwarna kemerah-merahan yang dipakai untuk emmbuat kabel listrik, tangki air panas, dan aloi kuningan, perunggu, dan kupronikel.

20.Timah
Suatu logam yang lunak, gampang dibentuk, berwarna putih keperakan. Logam ini dipakai untuk menyepuh baja, guna menghentikan korosi dan dalam aloi perunggu, pewter (logam adonan timah dan timbal), dan solder.

21.Timbal
Logam berat berwarna biru keputih-putihan ,mudah dibuat dan beracaun, diambil dari mineral galena dan dipakai dalam baterai, atap, dan perisai radiasi dari sinar X.

22.Titanium
Suatu logam yang kuat, berwarna putih, dan gampang dibentuk. Logam ini sangat tahan terhadap korosi dan dipakai untuk aloi-aloi dalam pesawat luar angkasa, pesawat terbang, dan kerangka sepeda.

23.Uranium
Suattu logam putih keperakan, radioaktif yang dipakai sebagai sumber tenaga nuklir dan juga senjata nuklir.

24.Vanadium
Suatu logam yang keras, putih beracun, yang dipakai untuk meningkatkan kekerasan aloi-aloi baja. Sebuah senyawa vanadium dipakai sebagai katalisator untuk pembuatan asam sulfat.

25.Wolfram
Suatu logam yang keras, berwarna abu-abu keputihan. Logam ini dipakai dalam filamen lampu, dalam barang-barang elektronik, dan dalam  aloi-aloi baja untuk menciptakan alat-alat pemotong bertepi tajam.


Besi

Alumunium

Tembaga

0 Response to "Pengertian, Jenis, Dan Pola Logam"

Total Pageviews