Latest News

Makna Dan Arti Penting Proklamasi Kemerdekaan Indonesia



Bangsa Indonesia selama ratusan tahun hidup di bawah penjajahan bangsa lain. Bangsa Indonesia berusaha dan berjuang untuk meraih kemerdekaan. Semangat untuk meraih kemerdekaan diwujudkan dalam bentuk usaha yang tiada henti. Bangsa Indonesia rela mengorbankan harta benda, bahkan nyawa demi meraih kemerdekaan. Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 merupakan puncak usaha bansa Indonesia.
 Bangsa Indonesia selama ratusan tahun hidup di bawah penjajahan bangsa lain Makna dan Arti Penting Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan tangggal 17 Agustus 1945 merupakan klimaks usaha bangsa dalam melawan penjajah. Proklamasi kemerdekaan merupakan kejadian yang sangat penting dan memilik banyak makna yang mendalam bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Makna dan arti penting Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebagai berikut

1.              Dilihat dari sudut hukum, proklamasi merupakan pernyataan yang berisi keputusan bangsa Indonesia untuk menetapkan tatanan aturan nasional (Indonesia) dan menghapuskan tatanan aturan kolonial
2.              Dilihat dari sudut ideologis, proklamasi merupaka pernyataan bangsa Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh.
3.        Proklamasi merupakan puncak usaha rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
4.             Proklamasi menjadi alat aturan internasional untuk menyatakan kepada rakyat dan seluruh dunia, bahwa bangsa Indonesia mengambil nasib ke dalam tangannya sendiri untuk menggenggam seluruh hak kemerdekaan.
5.              Dilihat dari sudut sejarah, proklamasi merupakan mercusuar yang mengatakan jalan sejarah, pemberi inspirasi, dan motiivasi dalam perjalanan bangsa Indonesia di semua lapangan pada setiap keadaan.
6.             Dengan proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia telah lahir sebagai bangsa dan negara yang merdeka, baik secara de facto dan de jure.
7.                      Menjadi awal dalam pembangunan bagi bangsa Indonesia.
8.             Melepaskan diri dari belenggu penjajahan bangsa kolonial.
9.                      Dapat hidup sederajat dengan bangsa-bangsa lain yang telah merdeka dalam pergaulan antar bangsa di dunia internasional.
10.                   Mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia.
11.                    Pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia
 


Setelah berhasil memproklamasikan kemerdekaan, suatu bangsa harus mempertahankan kemerdekaan dengan segala upaya. Selain itu, bangsa tersebut harus mengisi kemerdekaan yang telah diproklamasikan untuk mencapai tujuan nasional bangsa. Begitu juga dengan bangsa Indonesia yang telah berhasil meraih kemerdekaan harus mempertahankan kemerdekaan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini alasannya proklamasi kemerdekaan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sangat bermakna bagi bangsa Indonesia

0 Response to "Makna Dan Arti Penting Proklamasi Kemerdekaan Indonesia"

Total Pageviews