Latest News

Lagu 'Syukur' H. Mutahar | Lirik Dan Parafrase Serta Analisis Maknanya

pustamun.blogspot.com - Sebuah lagu diciptakan tidak hanya untuk didengar, tapi memberikan pesan yang dalam. Apalagi jikalau itu yakni sebuah lagu nasional. Tentu memiliki makna yang sangat agung, luhur, dan tinggi.

Salah satu lagu nasional yang sering kita dengar baik di sekolah, di daerah kerja, atau saat perayaan kemerdekaan yakni lagu Syukur karya H. Mutahar. Lagu 'Syukur' ini merupakan wujud ucapan syukur hamba kepada Tuhan atas kemerdekaan yang sanggup diraih oleh Bangsa Indonesia sehabis berjuang dan menghadapi segala macam cobaan.

Lagu Syukur ini memiliki tiga stanza, meskipun lirik lagu Syukur yang sering diketahui hanya yang lrik lagu Syukur bait pertama saja.

Berikut ini yakni lirik lagu Syukur penuh yang lengkap tiga bait (3 stanza)

Lirik Lagu Syukur
Karya H. Mutahar

Dari yakinku teguh
Hati ikhlasku penuh
Akan karunia-Mu
Tanah air pusaka
Indonesia merdeka
Syukur saya sembahkan
Ke hadirat-Mu Tuhan

Dari yakinku teguh
Cinta ikhlasku penuh
Akan jasa usaha
Pahlawanku yang baka
Indonesia merdeka
Syukur saya hanjukkan
Ke bawah duli tuan

Dari yakinku teguh
Bakti ikhlasku penuh
Akan azas rukunmu
Pandu bangsa yang nyata
Indonesia merdeka
Syukur saya hanjukkan
Ke hadapanmu tuan

(Disalin dari: http://musiklib.org/ dengan pembiasaan ejaan oleh @Muntijo)

Lirik lagu Syukur di atas memiliki kemiripan antara bait satu, dengan bait dua dan bait tiga. Tapi memiliki perbedaan dari makna. Untuk sanggup memahami makna yang terkandung dalam lirik lagu Syukur di atas, kita perlu menciptakan parafrase terlebih dahulu.

Parafrase yakni teknik memahami makna sebuah puisi dengan menambahkan beberapa kata di sela-sela liriknya semoga lebih gampang dipahami. Nah, dalam kesempatan ini, parafrase diterapkan dalam lirik lagu, alasannya intinya lirik lagu dan larik puisi memiliki kesamaan.

Parafrase Lirik Lagu Syukur Karya M. Mutahar

Sebelum menciptakan parafrase lirik lagu syukur, ada baiknya kita pahami Makna kata sulit yang terdapat dalam lagu karya M. Mutahar tersebut. Berikut ini daftar kata sulit yang terdapat pada lirik lagu Syukur.

Hadirat 
Baka
Hanjukkan
Duli

Untuk mengetahui Makna kata sulit di atas, kita sanggup membuka kamus. Yang ditulis dalam pengertian kata sulit di atas dalam Maknakel ini, bersumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia V versi luring. 

Hadira = Hadapan

Baka, ada dua kata baka dalam KBBI, yang paling sesuai yakni kata baka (1) yang memiliki Makna: tidak berubah selama-lamanya; abadi; kekal.

Hanjukkan, kata ini tidak sanggup dideteksi dalam KBBI. Kata hanjukkan ini erat dengan kata unjuk. Kalau kata unjukkan berMakna memiliki makna 'berikan'. Jadi, dalam Maknakel ini hanjukkan disamakan dengan Makna kata haturkan atau berikan.

Duli, ada tiga kata 'duli' dalam KBBI. Makna yang paling sesuai yakni yang kedua. Duli (2) adalah istilah klasik yang digunakan sebagai kata kehormatan yang digunakan apabila berkata kepada raja atau berbicara ihwal raja; baginda.

Selanjutnya, kita sanggup buat parafrase lirik lagu Syukur menjadi sebagai berikut:

Dari (ke)yakinku (yang) teguh
(dengan) Hati ikhlasku (yang) penuh
Akan karunia-(dari)Mu
(untuk) Tanah air pusaka
Indonesia (bisa meraih ke)merdeka(an)
(maka) Syukur saya sembahkan
Ke hadirat-Mu Tuhan

Dari (ke)yakinku (yang) teguh
(dengan) Hati ikhlasku (yang) penuh
Akan (segala) jasa (dan) usaha
(yang dilakukan oleh) Pahlawanku yang (kekal di alam) baka
(atas pengorbanan mereka,) Indonesia (bisa) merdeka
(maka) Syukur saya hanjukkan
Ke bawah duli tuan (para pahlawan)

Dari (ke)yakinku (yang) teguh
(dengan) Hati ikhlasku (yang) penuh
Akan (segala azas rukun(kewajiban)mu
(menjadi) Pandu (bagi) bangsa (dengan perjuangan) yang nyata
Indonesia (telah) merdeka
(maka) Syukur saya hanjukkan
Ke hadapanmu tuan (para pejuang)

Dari parafrase lirik lagu 'Syukur' di atas. Kita niscaya sanggup semakin gampang untuk memahami keseluruhan makna lagu tersebut. 

Makna Lagu Syukur berdasarkan hasil Parafrasenya

Dari kepercayaan seluruh bangsa Indonesia, juga dengan keikhlasan hati yang penuh. Tanah air pusaka (suci dan dihormati) diperjuangkan sampai mencapai kemerdekaan. Maka, tidak ada kata yang sanggup diucapkan selain rasa syukur ke hadirat (hadapan) Tuhan.

Perjuangan untuk memerdekakan Indonesia juga membutuhkan pengorbanan. Para pejuang sudah banyak yang gugur, sampai kekal di alam baka. Maka, kita harus haturkan terima kasih kepada para pejuang yang telah berkorban. Para pejuang yang telah mengorbankan segala yang dimiliki sebagai rukun (kewajiban) sebagai pandu bangsa.

Demikian klarifikasi ihwal lagu syukur, mulai lirik lagu syukur, parafrasenya, sampai maknanya. 

0 Response to "Lagu 'Syukur' H. Mutahar | Lirik Dan Parafrase Serta Analisis Maknanya"

Total Pageviews