Latest News

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (Stppa) Paud

Dalam artikel ini akan dibahas apa itu STPPA PAUD, manfaat, dan STPPA untuk anak pada usia: 2-3 tahun; 3-4; 4-5; dan 5-6 tahun.

STPPA PAUD adalah standar yang dipakai untuk memilih tingkat pencapaian aspek perkembangan anak pada jenjang pendidikan anak usia dini. Standar tersebut dipakai sebagai contoh dalam memilih sejauh mana perkembangan anak yang menjalani pendidikan di PAUD. Dengan demikian, guru sanggup mengetahui bagaimana perkembangannya sampai kemudian sanggup mengambil tindakan lanjut apabila standarnya belum terpenuhi.

Pada pendidikan dasar dan menengah atas, STPPA (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) ini hampir identik dengan standar kompetensi. Yang mana di dalamnya terdapat beberapa kompetensi atau kecakapan yang mesti dimiliki pembelajar (anak PAUD) dan menjadi indikator atas tercapainya standar tersebut.

Manfaat STPPA di antaranya yaitu:

  • Sebagai standar untuk mengetahui tingkat perkembangan anak menurut kriteria yang ditetapkan pada setiap tingkatan usia (mulai dari usia 2-3 tahun, 3-4, 4-5, dan 5-6 tahun)
  • Sebagai materi contoh dalam menyusun perangkat pembelajaran guru PAUD.

Dalam artikel ini akan dibahas apa itu STPPA PAUD Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) PAUD


Berikutnya..

Bersama artikel ini kami bagikan juga STPPA PAUD pada anak usia 2-3 tahun. Ini diperuntukkan bagi guru yang mengajar di PAUD atau pun TK.

Dalam STPPA yang dibagikan ini terdapat pula aspek perkembangan, perkembangan dasar, dan indikator untuk masing-masing standar.

Standar-standarnya meliputi:
  • Standar "Moral dan Nilai-nilai Agama"
  • Standar Sosial, Emosional dan Kemandirian
  • Standar Bahasa
  • Standar Kognitif
  • Standar Fisik/motorik
  • Standar Seni.
Apabila Bapak/Ibu membutuhkannya, Anda sanggup mendownload STPPA yang disediakan berupa file doc melalui tautan di bawah.
Demikian pembahasan singkat dan sederhana ini biar sanggup menjadi wawasan gres bagi yang membaca. Semoga daftar standar tingkat pencapaian perkembangan anak PAUD yang dibagikan pun sanggup dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

0 Response to "Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (Stppa) Paud"

Total Pageviews