Latest News

Pedoman Evaluasi Hasil Berguru Dalam Ktsp

pedoman evaluasi hasil berguru siswa dalam ktsp untuk pegangan guru sma Pedoman Penilaian Hasil Belajar dalam KTSP
Gambar hasil screen short dokumen

Berdasarkan standar pendidikan nasional, evaluasi termasuk 1 dari 8 standar yang harus ada dalam penyelenggaraan pendidikan, termasuk juga pelaksanaan evaluasi hasil berguru siswa. Penilaian terhadap siswa dilakukan sebagai suatu cara untuk mengukur kompetensi yang dimilikinya.

Kita mengetahui bahwa dalam kurikulum 2006 atau dikenal juga dengan KTSP. Nilai siswa dikategorikan menjadi 3 aspek atau ranah, ialah kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotor (keterampilan).

Tiga evaluasi tersebut tentunya harus mengikuti rule aturan yang berlaku semoga evaluasi yang dilakukan tidak keluar dari jalur nya. Berdasarkan hal itu, di artikel ini, izinkan kami untuk membagikan anutan evaluasi hasil berguru siswa yang berlaku dalam KTSP.

Pedoman tersedia dalam bentuk file (.ppt), atau lebih terkenal disebut hand-out. Adapun ini kami tujukan bagi guru-guru di SMA.

Melalui anutan yang dibagikan, Bapak/Ibu sanggup mempelajari bagaimana cara melaksanakan evaluasi hasil berguru siswa yang benar menurut hukum KTSP, baik dalam hal kognitif, afektif maupun psikomotor.

Materi anutan evaluasi ini diperoleh dari acara DIKLAT (Pendidikan & Pelatihan) Implementasi KTSP.

Di dalam anutan tersebut terdapat beberapa bahan penting yang perlu dipahami guru guna memperdalam kompetensi atau keilmuan guru (terutama dalam aspek pedagogik).

Materi-materi tersebut terdiri dari:

  • Definisi penilaian
  • ciri evaluasi oleh pendidik (belajar tuntas, autentik, berkesinambungan, menurut acuan/kriteria, memakai banyak sekali cara & penilaian)
  • Teknik evaluasi diantaranya evaluasi unjuk kerja (performance), penugasan (proyek), evaluasi hasil kerja (produk), evaluasi tertulis (paper & pen), portofolio, evaluasi sikap, evaluasi diri (self assessment)
  • Manfaat hasil penilaian
  • Ketuntasan belajar, dan
  • Pelaporan (rapor).
Itu lah isi bahan yang terdapat pada anutan yang dimaksud.

Selanjutnya.

Bagi Bapak/Ibu guru yang mengajar di SMA, kalau ingin menambah wawasan dalam hal pedagogik (penilaian KTSP), Anda sanggup mempunyai panduan yang kami maksud dengan mendowload file ppt nya melalui tautan di bawah ini.
Semoga pembahasan dalam artikel ini sanggup dipahami oleh Bapak/Ibu sekalian yang membacanya. Dan mudah-mudahan apa yang kami bagikan sanggup bermanfaat bagi kita semua dalam menunjang profesi sebagai guru.

0 Response to "Pedoman Evaluasi Hasil Berguru Dalam Ktsp"

Total Pageviews