Latest News

Aplikasi Kuitansi Bos Berbasis Excel

Kuitansi merupakan lembaran yang berfungsi sebagai bukti adanya transaksi keuangan antara kedua belah pihak. Di dalamnya terdapat pernyataan bahwa pihak 1 telah mendapatkan sejumlah uang dengan nominal tertentu dari pihak ke-2 untuk pembayaran sesuatu (baik barang maupun jasa).

Kuitansi penting untuk dimiliki jikalau mengingat kegunaannya. Terutama bagi bendahara yang dekat kaitannya dengan transaksi jual-beli barang maupun jasa. Berbicara perihal kuitansi dan kaitannya dengan bendahara, sebenar tidak hanya bendahara yang bersifat umum saja yang memerlukan itu, bendahara sekolah pun sama membutuhkannya.

Mengingat kini ini bendahara di SD & Sekolah Menengah Pertama selalu membutuhkan kuitansi sebagai media penulisan transaksi keuangan, terlebih lagi, uang yang didapatkan oleh sekolah dasar dan sekolah menengah pertama itu bersumber dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Oleh alasannya yaitu itu, sudah semestinya bendahara mempunyai kuitansi yang cukup untuk mencatat setiap penggunaan dana BOS untuk keperluan sekolahnya.

Kuitansi merupakan lembaran yang berfungsi sebagai bukti adanya transaksi keuangan antara  Aplikasi Kuitansi BOS Berbasis Excel


Ini tentunya bukan sekadar mencatat saja, melainkan juga sebagai bukti pengeluaran dana pertolongan tersebut supaya nantinya gampang di SPJ kan atau dicantumkan dalam laporan keuangan sekolah melalui aplikasi pelaporan keuangan BOS (dikenal juga dengan ALPEKA).

Berdasarkan penuturan di atas, pertama-tama kami ucapkan selamat tiba kepada para bendahara SD dan Sekolah Menengah Pertama di mana pun Anda berada.

Pada artikel ini kami akan share file berupa xls, yakni sebuah aplikasi kuitansi berbasis excel yang sanggup dipakai untuk oleh Bapak/Ibu bendahara di SD untuk keperluan mencetak bukti penggunaan dana BOS (bantuan operasional sekolah) yang bersifat kecil (seperti pembelian barang atau jasa yang tidak memungkinkan penjual-nya menyebarkan nota atau bon untuk pihak sekolah).


Manfaat aplikasi tersebut diantaranya yaitu:

  • Sebagai media mediator untuk mencetak kuitansi menurut desain sederhana yang ada di dalamnya
  • Setelah kuitansinya dicetak, ini akan bermanfaat bagi bendahara dikala kuitansi yang dibeli sudah habis dan tidak mempunyai cadangan.

Menu aplikasi terdiri dari:
  • Data umum - pada sajian tersebut terdapat form pengisian data mencakup nama sekolah, kecamatan, nama kepala dan NIP nya, dan nama bendahara serta NIP
  • Kuitansi - dalam sajian ini kita sanggup melihat format kuitansi sederhana yang sudah siap cetak
  • Transaksi - di sajian yang terakhir ini kita sanggup melihat se-deretan tabel (cell) yang harus diisi menurut nomor urut, terima dari, uraian (rincian barang atau jasa yang dibayar), jumlah (nominal uang), tanggal lunas pembayaran, kota, tanggal, nama toko (jika ada), dan akseptor uang.
Demikian deskripsi dari aplikasi gratis dan sederhana yang sanggup kami bagikan dalam bentuk file xls tersebut di atas.

Bagi Ibu/Bapak bendahara yang membutuhkannya, Anda sanggup mendownloadnya melalui tautan berikut.

Sekian pembahasan sederhana yang sanggup kami sampaikan. Semoga yang kami tulis dalam artikel ini sanggup mempunyai kegunaan bagi bendahara SD dan Sekolah Menengah Pertama yang membutuhkannya.

Selamat beraktivitas kembali dan semoga hari ini menyenangkan.

0 Response to "Aplikasi Kuitansi Bos Berbasis Excel"

Total Pageviews