Latest News

Contoh Buku Kas Bendahara Kelas

Buku kas bendahara kelas merupakan pembukuan keuangan bertujuan untuk mengelola uang kas yang diperoleh dari iuran harian/mingguan/bulan siswa di kelas. Buku kas tersebut umumnya memuat data pemasukan dan uang pengeluaran yang digunakan untuk membeli barang yang dibutuhkan untuk keperluan kelas. Selain berfungsi sebagai media pencatatan, buku tersebut juga berfungsi sebagai laporan bendahara kelas kepada guru atau wali kelasnya.

Mengingat pentingnya itu bagi siswa yang ditugaskan sebagai bendahara kelas, maka dalam postingan ini kami membagikan rujukan atau formatnya.

Buku kas bendahara kelas yang dimaksud kami tujukan bagi guru di SD atau wali kelas di SMP/SMA/SMK supaya sanggup menyampaikannya kembali kepada siswa yang ditunjuk menjadi bendahara. Tujuannya ialah supaya siswa tidak kebingungan ketika akan mengelola pemasukan dan pengeluaran, sehingga pembukuan keuangannya pun sanggup tertata dengan baik.

Jika semuanya sudah benar, maka Bapak atau Ibu selaku guru/wali kelas sanggup mengetahui dengan terang berapa uang yang diperoleh dan digunakan dalam jangka waktu tertentu (misalnya sehari, se-minggu, atau bahkan se-bulan).

Buku kas kelas (pemasukan dan pengeluaran) ini setrik keseluruhan berbentuk tabel terdiri dari beberapa kolom. Setiap kolom pada bab teratas memuat keterangan.

Tabel pada buku pemasukan uang kas kelas terdiri atas kolom:
  • Nomor
  • Nama siswa
  • Kas/ uang iuran ahad ke 1-2-3-4-5
  • Keterangan.
Untuk lebih jelasnya sanggup melihat contohnya melalui gambar berikut.

Buku kas bendahara kelas merupakan pembukuan keuangan bertujuan untuk mengelola uang kas y Contoh Buku Kas Bendahara Kelas


Adapun tabel pada buku pengeluaran uang kas kelas terdiri dari kolom:
  • Nomor
  • Tanggal penggunaan uang kas
  • Untuk keperluan/pembelian...
  • Jumlah uang yang dikeluarkan/terpakai
  • Keterangan.
Agar lebih jelas, silakan untuk melihat contohnya pada gambar berikut.

Buku kas bendahara kelas merupakan pembukuan keuangan bertujuan untuk mengelola uang kas y Contoh Buku Kas Bendahara Kelas


Kemudian...

Di samping itu, bendahara kelas juga perlu mempunyai buku kas umum yang berkhasiat dalam mencatat setiap besaran uang yang didapat dan dikeluarkan, serta saldo final pada kas kelas tersebut. Tujuannya ialah untuk memudahkan dalam melihat keseluruhan uang yang masuk, keluar, dan uang yang masih tersisa.

Contohnya sanggup dilihat di bawah.

Buku kas bendahara kelas merupakan pembukuan keuangan bertujuan untuk mengelola uang kas y Contoh Buku Kas Bendahara Kelas


Jadi, untuk mengelola uang kas, bendahara kelas harus mempunyai tiga macam buku, yakni: buku catatan pemasukan, pengeluaran, dan buku kas umum.

Demikian pembahasan yang sanggup kami sampaikan mengenai rujukan buku kas bendahara kelas. Semoga postingan ini bermanfaat bagi guru/wali kelas dan/atau siswa yang sedang mencari gosip ihwal macam-macam buku yang dibutuhkan oleh bendahara kelas dan rujukan atau formatnya.

Lihat juga:
Contoh desain buku tabungan siswa

1 Response to "Contoh Buku Kas Bendahara Kelas"

Total Pageviews