Latest News

Contoh Format Kartu Inventaris Ruangan Sekolah

Selamat tiba di guruloyal.com

Dalam postingan kategori manajemen sekolah ini dibahas 3 hal terkait kartu inventaris ruangan sekolah, yaitu definisi, fungsi, dan pola formatnya. Pembahasan ini diperlukan sanggup memperlihatkan citra mengenai ketiga hal tersebut, sehingga pembaca sanggup mengetahuinya.

Berikut ini pembahasan selengkapnya.

Definisi:
Kartu inventaris ruangan sekolah ialah sebuah lembar kertas (disajikan dalam bentuk tabel) yang dibentuk untuk mencatat barang-barang yang ada di ruangan tertentu di sekolah. Catatan itu umumnya memuat tahun pembuatan atau pembelian barang, nomor kode, jumlah (dalam satuan), harga beli, keadaan barang (dari baik hingga rusak berat), dan sumber dana (jika barang itu hasil membeli).

Fungsi:
Sebagaimana dibahas dalam "definisi" di atas, fungsi dari kartu inventaris ruangan ini ialah untuk mencatatkan barang atau inventaris yang terdapat di semua ruangan di sekolah (termasuk ruang kantor tata usaha, kepala sekolah, ruang guru, kelas, perpustakaan, ruang laboratorium, dan lain-lain).

Tujuan pencatatan:
Mendata barang di setiap ruangan supaya sanggup diketahui kondisinya. Selain itu, pencatatan tersebut juga dilakukan dalam rangka menjalankan kiprah dalam menginventarisasi barang-barang di sekolah.

Contoh format:
Kartu inventaris mempunyai 3 bab utama, yaitu: judul, identitas kartu inventaris, tabel (isi gosip terkait barang), dan mengetahui kedua belah pihak (kepala sekolah dan pengurus barang).

Bagian Judul yaitu "Kartu Inventaris Ruangan"; Identitas kartu inventaris memuat nama sekolah dan ruangan yang didata; Tabel memuat kolom-kolom dengan keterangan tahun pembuatan atau pembelian, isyarat barang, jumlah, harga, kondisi barang (baik-kurang-rusak berat), sumber dana; Mengetahui kepada sekolah dan pengurus barang.

Contoh formatnya sanggup dilihat pada gambar berikut.

 Dalam postingan kategori manajemen sekolah ini dibahas  Contoh Format Kartu Inventaris Ruangan Sekolah

Download pola format kartu inventaris ruangan sekolah:
  • Berupa file document (.doc) - disini
  • Berupa file excel (.xls) - disini.
Demikian pembahasan dan file (.doc dan .xls) yang sanggup disampaikan/dibagikan. Semoga ini bermanfaat bagi pengurus barang di sekolah dasar, SMP, Sekolah Menengan Atas atau SMK, dan satuan pendidikan sederajat (madrasah).

0 Response to "Contoh Format Kartu Inventaris Ruangan Sekolah"

Total Pageviews