Latest News

Buku Daftar Pengeluaran Barang Pakai

Selamat tiba Ibu/Bapak tenaga manajemen sekolah.
Dalam postingan kali ini, kami membahas apa yang dimaksud dengan (definisi) buku daftar pengeluaran barang pakai, fungsi atau kegunaan, manfaat, dan referensi format bukunya.

Berikut pembahasan selengkapnya.

Definisi:
Buku daftar pengeluaran barang pakai merupakan sebuah buku yang memuat catatan (pembukuan) barang-barang atau alat-alat yang gunakan oleh warga sekolah (baik guru, kepala sekolah, dan/atau tenaga manajemen sekolah itu sendiri) untuk keperluan tertentu yang berkaitan dengan aktivitas di sekolah. Misalnya alat tulis (ATK) atau barang lainnya yang habis dalam sekali pemakaian.

Fungsi atau kegunaan:
Sebagaimana dibahas pada "definisi" di atas, maka sanggup disimpulkan bahwa buku tersebut mempunyai fungsi/ kegunaannya ialah untuk mencatat setiap barang-barang atau peralatan yang dikeluarkan (diberikan) oleh tenaga manajemen sekolah (yang bertanggung jawab memegang barang pakai) kepada guru, kepala sekolah, dan/atau warga sekolah lainnya yang dikehendaki penanggung jawab barang tersebut. Sehingga, pengeluaran setiap barang sanggup terkontrol dengan jelas, kepada siapa dan untuk apa barang tersebut digunakan.

Manfaat:
Buku tersebut sanggup dimanfaatkan sebagai manajemen sekolah terkait penggunaan sarana prasarana. Selain itu, buku daftar pengeluaran barang pakai ini juga sanggup dimanfaatkan sebagai materi laporan pertanggungjawaban penggunaan barang-barang atau alat-alat milik sekolah.

Contoh format:
Buku daftar pengeluaran barang pakai tersusun dari ckelewat / over dan isi (dalam bentuk tabel). Bagian ckelewat / over buku ini sama ibarat biasa, yaitu: (1) mencantumkan judul "Buku Daftar Pengeluaran Barang Pakai"; Tahun Pelajaran; Logo Sekolah; Nama Satuan Pendidikan; dan Alamat Sekolahnya. Adapun bab isinya berupa tabel yang terdiri dari beberapa kolom yang memuat keterangan, di antaranya: Nomor urut; Tanggal; Nama barang/ alat; Banyaknya; Dipergunakan untuk...; dan Ttd Penerima.

Contoh formatnya sanggup dilihat pada gambar berikut.

 kami membahas apa yang dimaksud dengan  Buku Daftar Pengeluaran Barang Pakai



Demikian pembahasan dan doc yang sanggup kami bagikan pada kesempatan ini. Semoga yang dibahas dan dibagikan dalam postingan ini bermanfaat bagi tenaga manajemen sekolah di SD, SMP, di Sekolah Menengan Atas atau SMK, yang sedang mencari dan membutuhkannya.

0 Response to "Buku Daftar Pengeluaran Barang Pakai"

Total Pageviews