Latest News

Kartu Pemeliharaan Mesin Kantor Sekolah

Salam Bapak/Ibu tenaga manajemen sekolah bidang sarana & prasarana yang bekerja di Sekolah Menengah Pertama maupun di SMA.

Pada postingan ini, kami akan membahas apa itu (definisi) kartu pemeliharaan mesin kantor, maksud dan tujuan pembuatannya, manfaat kartu tersebut bagi tenaga manajemen di sekolah, serta tumpuan format kartu pemeliharaan mesin kantor tersebut.

Baiklah, kita ke pembahasannya langsung.

Definisi:
Kartu pemeliharaan mesin kantor yaitu sebuah kartu yang dibentuk sebagai sarana untuk mencatat riwayat pemeliharaan suatu mesin yang ada di kantor (dalam hal ini yaitu kantor sekolah). Pemeliharaan (perawatan) itu sanggup berupa service atau perbaikan mesin yang rusak.

Maksud dan tujuan:
Pembuatan kartu tersebut maksudnya yaitu agar penanggung jawab sanggup melaporkan waktu perawatan, frekuensi, dan biaya yang sudah dikeluarkan untuk merawat mesin yang dipegangnya. Adapun tujuannya yaitu untuk memudahkan dalam mendata dan menyidik kelayakan mesin menurut frekuensi (seringnya) perawatannya. Sehingga, jikalau terlalu sering, maka penanggung jawab sanggup mengganti mesin itu dengan yang gres alasannya ialah perawatannya dinilai sudah tidak efisien.

Manfaat:
Kartu pemeliharaan atau perawatan mesin kantor itu sanggup dimanfaatkan oleh penanggung jawab sebagai sebagai materi penyusunan laporan pertanggungjawaban aset sekolah dan pertanggungjawaban dana BOS (jika perawatan itu menggunakan dana tersebut).

Contoh Format:
Kartu pemeliharaan mesin kantor sekolah meliputi beberapa bagian, diantaranya yaitu: Nomor kartu, nama Pemegang/ Penanggung jawab mesin, nama Sekolah dan Alamatnya; Judul "Kartu Pemeliharaan Mesin Kantor"; Identitas mesin meliputi macam/ jenis mesin, merek/ tahun produksi, nomor mesin, ukuran, asal mesin, perlengkapan, waktu mulai dipakai; Uraian (data) yang disajikan dalam bentuk tabel yang memuat keterangan waktu atau tanggal pemeliharaan mesin, jenis pemeliharaan (apakah service atau perbaikan), dan biaya yang dikeluarkan.

Agar lebih jelas, Bapak/Ibu sanggup melihat gambar tumpuan formatnya di bawah ini.

Ibu tenaga manajemen sekolah bidang sarana  Kartu Pemeliharaan Mesin Kantor Sekolah
Download:

Catatan tambahan:
  • Untuk mengisi tabel kartu di atas, Bapak/Ibu cukup menyesuaikannya dengan data bersama-sama (fakta) di lapangan. Isi tabelnya menurut kolom keterangan paling atas.
  • Jika ingin membuatnya sendiri, menyerupai biasa, Anda sanggup membuatnya di Ms Word atau Excel dengan mengikuti gambar yang disediakan di atas.
Nah, demikianlah pembahasan yang sanggup kami sampaikan. Semoga pembahasan ini sanggup memperlihatkan penerangan bagi Bapak/Ibu yang di sekolahnya (SMP atau SMA) diberi kiprah menjadi penanggung jawab mesin yang ada di kantor.

0 Response to "Kartu Pemeliharaan Mesin Kantor Sekolah"

Total Pageviews