Latest News

Komik Tik (Pengaruh Smartphone/Ponsel)


Kompetensi: Mengapresiasi  teks fiksi dongeng komik sesuai konteks secara mulut dan tulisan.

Indikator:
1. Siswa bisa memahami dampak dari penggunaan smartphone
2. Siswa bisa menyebutkan macam-macam kebiasaan jelek dari penggunaan smartphone.

KI2 (sikap): 
1. Siswa sanggup bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya
2. Siswa bisa bekerja sama dengan sesama rekannya.


Bacalah Artikel dan Komik di bawah ini!

Efek Negatif Main HP Terlalu Lama
Saat ini hampir semua orang tidak bisa lepas dari perangkat ponsel dalam aktifitas kesehariannya, baik itu untuk bermain game, membuka sosial media, atau sekedar untuk berselancar di dunia maya. Banyak orang tidak menyadari bakal adanya, dampak jelek dari terlalu usang  dan sering bermain smartphone. Untuk pencerahan kali ini TeknoBos bakal memberitahukan dampak jelek dari bermain ponsel terlalu lama

1. Membuat kita jadi anti sosial

Terlalu usang bermain hp sanggup menciptakan kita jadi anti sosial. Hal ini terbukti ketika kita sedang asik dengan smartphone milik kita, menciptakan kita jadi tidak memperdulikan orang lain disekitar kita. Namun sayangnya hampir semua pengguna ponsel, melaksanakan hal yang sama dikala sedang asik memakai hp mereka. Tentu saja hal ini sanggup menciptakan hilangnya rasa sosial kita di dunia nyata, dan lebih perduli dengan dunia maya yang ada di dalam smartphone kita.

2. Lupa waktu

Bila sudah asik main smartphone pastinya kita jadi lupa waktu, terutama ketika kita sedang bermain game online. Karena biasanya game online dimainkan bersamaan dengan pengguna lain di internet, sehingga mustahil untuk meniggalkan permainannya secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja menjadi dampak jelek bagi kita sebagai pengguna ponsel, alasannya bisa saja pekerjaan kita jadi terbengkalai alasannya asik main game online pada smartphone.

3. Kesehatan mata menurun

Terlalu banyak dan usang dikala bermain hp, juga sanggup memperlihatkan dampak negatif terhadap mata kita. Karena radiasi yang dihasilkan layar ponsel, bisa menimbulkan kesehatan mata kita menurun. Terlebih lagi jikalau kita memainkan smartphone dalam posisi berbaring, secara perlahan sanggup menimbulkan penurunan fungsi mata. Makara untuk menjaga kesehatan mata, lebih baik kita membatasi penggunaan smartphone.

4. Perubahan bentuk tulang jadi tidak normal

Saat sedang seru bermain ponsel biasanya kita tidak menyadari posisi duduk kita, bisa jadi lebih membungkuk atau kepala terlalu menunduk. Kebiasan menyerupai itu bisa menyebabkan perubahan bentuk tulang belakang ataupun tulang leher kita. Tentu saja hal ini sanggup memperlihatkan imbas negati terhadap postur tulang kita, untuk menghindari hal tersebut usahakan duduk dengan posisi yang benar dikala main hp, dan jangan terlalu usang memainkannya.

5. Mengganggu syaraf otak

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa radiasi ponsel cukup berbahaya bagi badan manusia. Karena gelombang elektromagnetik yang dihasilkannya, sanggup memicu terjadinya kerusakan pada syaraf otak manusia. Radiasi yang lebih berpengaruh bakal dihasilkan hp, dikala kita menggunakannya untuk menelpon. Untuk menjaga kesehatan syaraf kita, ada baiknnya tidak terlalu usang memakai hp, terutama untuk menelpon.
(sumber: https://teknobos.com/efek-negatif-main-hp-terlalu-lama/)



KEBIASAAN BURUK MENGGUNAKAN PONSEL
Oleh: Desi Novitasari, S.Kom






sumber: https://Pixton.com/ic:i70byvsb

Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1. Sebutkan dampak negatif yang diakibatkan oleh kecanduan memakai ponsel!
2. Sebagai pelajar bagaimana sikapmu dalam memakai ponsel dengan cara bijak?
3. Berdasarkan dongeng komik diatas, apa solusinya untuk menghindari hal-hal negatif yang diakibatkan kecanduan ponsel?

Catatan bagi Guru:
Soal-soal diatas sanggup dikembangkan oleh para Guru-guru sesuai dengan kebutuhan penilaian.

0 Response to "Komik Tik (Pengaruh Smartphone/Ponsel)"

Total Pageviews