Latest News

Pengertian Dan Pola 3R (Reuse, Reduce, Recycle)



 OGxAQGiwkICQvLCwsLCwsLCwsLCwsLCwsLCwsLCwsLCwsLCwsLCwsLCwsLCwsLCwsLCwsLCwsLCwsLP Menjalin Hubungan Sosial
A.  Pengertian Hubungan Sosial
Hubungan sosial atau interaksi sosial diartikan sebagai hubungan-hubungan sosial yang dinamis, yang menyangkut hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok-kelompok insan maupun antara orang perorangan dengan kelompok manusia.

B. Faktor Terjadinya Hubungan Sosial
1. Faktor Internal Terjadinya kekerabatan Sosial 
Adalah faktor yang ada dari dalam diri seseorang yang mendorong terjadinya Hubungan sosial, ialah sebagai berikut :
  1. Keinginan seseorang untuk melaksanakan Komunikasi dengan sesama.
  2. Keinginan Untuk menyebarkan dan meneruskan keturunan dengan melalui perkawinan antara dua orang yang saling berlawanan jenis saling berinteraksi dan saling tertarik satu sama lainnya.
  3. Manusia membutuhkan orang lain, jadi insan ingin memenuhi kebutuhan hidupnya
  4. Adanya harapan untuk bertahan hidup, terutama pastinya dalam menghadapi problem apapun itu.

2. Faktor Eksternal Terjadinnya Hubungan Sosial
 a. Simpati
Apa sih simpati itu, dan apa yang dimaksud dengan simpati? Simpati ialah suatu perilaku tertarik kepada orang lain alasannya ada sesuatu yang menciptakan orang tersebut menjadi simpati. Misalnya dikala ada teman kita berduka dan kita juga ikut turut berduka.
b. Motivasi
Apa yang dimaksud dengan Motivasi? Motivasu ialah dorongan dari seseorang yang ada dalam dirinya yang mendasari orang untuk melaksanakan perbuatannya. Contoh : Dengan adanya kiprah dari guru maka murid tersebut bakal ikut termotivasi untuk menjadi rajin belajar.
c. Empati
Apa yang dimaksud dengan Empati? Empati ialah proses Psikis, yaitu rasa haru atau iba sebagai akhir tersentuh perasaan orang tersebut dengan objek yang ada didepan matanya.  Contoh: Ketika ada anak dari korban Gaza yang telah kehilangan ibu atau orang tuanya maka kita bakal terasa ikut bersedih dan juga ikut merasakannya, sehingga dengan itu kita sangat berkeinginan untuk membantu meringankan penderitaannya.
d. Sugesti
Apa itu sugesti? Sugesti ialah kepercayaan yang sangat dalam dari diri seseorang kepada orang lain. Biasanya imbas dari sugesti ini munculnya mendadak.
e. Imitasi
Apa sih itu imitasi? Imitasi ialah dorongan untuk menggandakan sesuatu yang ada pada diri orang lain. Imitasi ini biasanya muncul alasannya adanya minat, atau perilaku mengagumi terhadap orang lain. Contoh: menggandakan karya sang Idola.

C. Dampak Positif dan Negatif Hubungan Sosial
·         Dampak positif
   1.       Terjadi kerjasama antarwarga.
   2.       Terbentuk kelompok/golongan yang didasarkan banyak sekali kepentingan.
   3.       Meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
   4.       Mendorong terwujudnya kehidupan demokrasi.
   5.       Mempererat persahabatan di antara warga.
   6.       Mendorong masyarakat berpikir maju.

·         Dampak negatif
   1.Menimbulkan terjadinya ketegangan dan pertengkaran sosial, perbedaan pendapat, bahkan muncul menjadi konflik fisik.
    2. Menimbulkan persaingan yang tidak sehat.
    3. Memunculkan perilaku otoriter.

D. Bagaimana sebaiknya kekerabatan sosial yang baik?
Hubungan sosial yang baik ialah kekerabatan sosial yang saling menguntungkan antara satu pihak dengan pihak yang lain. Dalam melaksanakan kekerabatan sosial, kita dihentikan mendahulukan ego dan emosi biar tidak terjadi pertengkaran. Selain itu, kita harus mengetahui norma-norma dalam melaksanakan kekerabatan sosial.

E. Kesimpulan
Hubungan sosial tidak sanggup lepas dari insan yang merupakan makhluk sosial. Hubungan sosial mutlak diharapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hubungan sosial memperlihatkan dampak konkret dan negatif. Oleh alasannya itu, kekerabatan sosial harus dilakukan dengan baik biar membawa dampak yang konkret dan tidak merugikan kita.

0 Response to "Pengertian Dan Pola 3R (Reuse, Reduce, Recycle)"

Total Pageviews