Instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran ialah alat evaluasi (assessment) yang dipakai dalam acara supervisi terhadap pembelajaran di kelas oleh pengawas dan/atau kepala sekolah terhadap guru yang di-supervisi.
Instrumen tersebut nantinya akan menghimpun sekumpulan data yang diharapkan menurut kriteria atau aspek-aspek yang diamati dari guru terkait proses pembelajaran yang dilaksanakan. Kemudian aspek tersebut akan ditelaah. Penelaahan mengacu pada penampilan guru ketika memimpin pembelajaran di dalam kelas. Dan ini tentunya ter-fokus juga pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru bersangkutan.
Setelah supervisor (kepala sekolah/pengawas) menelaah proses pembelajaran-nya, maka guru akan diberi skor atau nilai menurut performa nya.
Berdasarkan pembahasan di atas, manfaat instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran yaitu:
Instrumen tersebut nantinya akan menghimpun sekumpulan data yang diharapkan menurut kriteria atau aspek-aspek yang diamati dari guru terkait proses pembelajaran yang dilaksanakan. Kemudian aspek tersebut akan ditelaah. Penelaahan mengacu pada penampilan guru ketika memimpin pembelajaran di dalam kelas. Dan ini tentunya ter-fokus juga pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru bersangkutan.
Setelah supervisor (kepala sekolah/pengawas) menelaah proses pembelajaran-nya, maka guru akan diberi skor atau nilai menurut performa nya.
Berdasarkan pembahasan di atas, manfaat instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran yaitu:
- Sebagai alat pengumpulan data, sekaligus sebagai assessment alat evaluasi terhadap guru dalam segi kinerja-nya
- Sebagai pola bagi supervisor dalam melaksanakan evaluasi terkait pelaksanaan pembelajaran pada suatu sekolah (satuan pendidikan).
Secara lengkap, instrumen supervisi pembelajaran memuat hal-hal berikut.
- Judul instrumen
- Nama Guru
- Mata pelajaran
- Topik/tema yang dibahas ketika pelaksanaan supervisi
- Tabel instrumen (terdiri dari keterangan seperti: nomor, aspek yang diamati dalam pembelajaran, hasil telaah berisi pilihan "Ya" dan "Tidak" yang maksudnya membenarkan atau tidak membenarkan suatu aspek tertentu dimiliki guru, skor yang diperoleh guru dari hasil penelaahan, dan catatan supervisor bagi guru terkait supervisi yang dilaksanakan contohnya berupa masukan atau jawaban lainnya)
- Pedoman pen-skor-an atau evaluasi yang dilengkapi dengan keterangan predikat untuk masing-masing nilai, misalnya: nilai 90-100 mempunyai predikat amat baik dan sebagainya.
Contoh instrumen supervisi pembelajaran sanggup dilihat melalui gambar berikut.
Demikian pembahasan yang sanggup kami sampaikan pada artikel ini.
Semoga pembahasan singkat dan sederhana ini sanggup memperlihatkan pengetahuan perhiasan bagi kita semua.
Bagi Bapak/Ibu Pengawas sekolah atau pun kepala sekolah di SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan/atau di SMK, mudah-mudahan contoh instrumen yang kami sharing-kan bermanfaat.
0 Response to "Contoh Instrumen Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran"