Latest News

Surat Permohonan Berhenti Kerja Sebagai Guru (Pengunduran Diri)

Surat permohonan berhenti kerja sebagai guru merupakan pola surat pengunduran diri yang dibentuk oleh seorang guru yang ingin keluar dari sekolah tempat-nya bekerja dengan alasan pindah tempat tinggal (pindah ke tempat lain), ingin beralih profesi dan sebagainya.

Surat pengunduran diri ini kami bagikan untuk guru honorer/sukarelawan/guru tidak tetap yang bekerja di sekolah swasta (yang dikelola oleh yayasan), atau di sekolah negeri pada jenjang SD-SMP-SMA-SMK.

Surat pengunduran tersebut bermanfaat atau mempunyai fungsi sebagai:
  • Permohonan resmi di mana guru mengajukan berhenti kerja kepada kepala sekolah yang telah mempekerjakan/mengangkat-nya sebagai tenaga pendidik
  • Cara yang baik bagi guru kalau ingin keluar dari sekolah
  • Kode etik
  • Arsip bukti keluarnya pegawai (guru) dari sekolah.
Bapak/Ibu yang mencari pola surat tersebut tentunya dalam waktu bersahabat ini ingin mengundurkan diri?

Sebelumnya, kami ucapkan terima kasih, berarti Bapak/Ibu yaitu orang yang bertanggungjawab atas profesi-nya sebagai guru.

Pembahasan di atas aku pikir cukup.

Selanjutnya, Bapak/Ibu Guru sanggup melihat pola surat permohonan berhenti kerja sebagai guru pada format berikut.

Format surat:


Garut, ... Desember 2017

Kepada YTH.,
Bapak Kepala SD/SMP/SMA/SMK ...
di Sekolah


Assalamu alaikum Wr. Wb.,

Dengan Hormat,

aku yang bertanda tangan di bawah ini.

Nama: ...
NUPTK: ...
Jabatan: Guru Kelas/Guru mata pelajaran ...

dengan ini mengundurkan diri dari SD/SMP/SMA/SMK ... yang Bapak pimpin dengan alasan ... .

Untuk itu, aku memohon maaf lantaran tidak sanggup mengajar lagi di sekolah ini dikarenakan alasan tersebut.

Sebelum itu, aku ucapkan terima kasih banyak atas kebaikan Bapak yang telah menawarkan kesempatan kepada aku untuk bekerja, sehingga aku pernah menjalani profesi sebagai pendidik di sekolah ini.

Dari sekian usang waktu dedikasi aku sebagai guru, mungkin aku sering melaksanakan kehilafan dalam menjalankan tugas, atau mungkin pernah bersikap kurang berkenan di hati Bapak. Oleh lantaran itu, sekali lagi aku mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Semoga sekolah ini semakin maju dalam pembangunannya, dan sanggup terus berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik. Amin.

Demikian surat pengunduran diri ini aku buat dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan dari pihak mana pun.

Terima kasih atas perhatian Bapak yang telah rela meluangkan waktu untuk membaca surat ini.

Wassalamu alaikum Wr. Wb.,

Hormat saya,


........................


Itu lah pola surat pengunduran diri dari guru untuk kepala sekolah-nya.

Anda sanggup menjadikannya sebagai contoh. Kemudian, silakan catat (menulis tangan langsung) kalau menganggap surat di atas sebagai pola surat yang baik dan benar untuk mengundurkan diri.
Mudah-mudahan pembahasan dalam artikel ini bermanfaat bagi semua guru di Indonesia yang ketika ini sedang mencari acuan untuk pembuatan surat pengunduran diri.

0 Response to "Surat Permohonan Berhenti Kerja Sebagai Guru (Pengunduran Diri)"

Total Pageviews