Latest News

Tata Tertib Pengawas Uas Tahun Pelajaran 2017/2018

Tata tertib merupakan miniatur aturan yang mengikat orang-orang dalam suatu kehidupan, termasuk juga dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Seperti konsep keadilan. Keadilan itu mesti bersifat menyeluruh. Artinya, tidak hanya pihak tertentu saja yang dikenakan tata tertib, melainkan semua juga sama.

Menindak lanjuti artikel sebelumnya "tata tertib penerima uas", kali ini kami menerbitkan artikel ihwal tata tertib pengawas ujian selesai semester (disingkat tatib UAS).

Apa itu?

Tata tertib pengawas UAS yakni peraturan yang diberlakukan untuk pengawas ruang ujian selama pelaksanaan uas berlangsung. Artinya, ini merupakan sejumlah ketentuan yang mesti diikuti dan dilaksanakan oleh seluruh pengawas tanpa terkecuali ketika melaksanakan pengawasan.

Apa manfaatnya?

Manfaat tata tertib ini yakni menertibkan pengawas uas semoga berperilaku sesuai dengan impian panitia, sebagaimana tercantum dalam lembar tata tertib untuk pengawas ruangan.

Semua itu dibentuk dan diberlakukan demi menjaga semoga acara uas sanggup berlangsung dengan tertib dan lancar ibarat impian bersama.

Selain itu, bagi panitia pelaksana, tata tertib pengawas merupakan salah satu dari sekian banyaknya manajemen yang perlu dipersiapkan.


Bagaimana isi dari tata tertib tersebut?

Isinya mencakup hal-hal yang harus dilakukan dan dihentikan dikerjakan oleh pengawas selama uas dilakukan. Misalnya, pengawas tidak diperkenankan memainkan gadget ketika mengawas, dihentikan meninggalkan ruangan tanpa izin dari panitia, dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, referensi tata tertib pengawas uas sanggup dibaca di bawah ini.



TATA TERTIB PENGAWAS
UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2017/2018


  1. Pengawas sudah berada di daerah 15 menit sebelum pelaksanaan UAS dimulai
  2. Pengawas tidak diperkenankan membawa gadget ke dalam ruang ujian
  3. Pengawas memastikan penerima tidak membawa alat komunikasi, kalkulator, dan benda lainnya yang tidak diharapkan untuk mengerjakan soal
  4. Mengecek kartu peserta
  5. Memeriksa kesesuaian meja penerima menurut skema duduk
  6. Membacakan tata tertib penerima sebelum uas dimulai
  7. Memfasilitasi penerima untuk menandatangani daftar hadir
  8. Memeriksa jumlah naskah soal dan lembar balasan kemudian membagikannya
  9. Mengisi gosip program dan menandatangani-nya
  10. Menerima keluhan dari penerima yang mendapat soal atau lembar balasan yang rusak atau tidak sempurna
  11. Menjaga ketertiban dan ketenangan ruang uas
  12. Tidak memperlihatkan pemberian berupa kunci balasan kepada peserta
  13. Selalu berada di ruang ujian, kecuali meminta izin kepada panitia bila ingin meninggalkan ruangan alasannya keperluan kecil
  14. Memberi peringatan kepada penerima yang melanggar tata tertib
  15. 10 menit sebelum berakhir, pengawas mengecek kelengkapan identitas pada lembar balasan peserta
  16. Setelah waktu pengerjaan soal berakhir, pengawas mempersilakan penerima untuk menyimpan soal dan lembar balasan di atas meja, kemudian mempersilakan nya untuk meninggalkan ruangan
  17. Mengambil kembali soal pada meja penerima dan memasukkan nya ke dalam amplop pengembalian naskah soal
  18. Pengawas mengambil, menilik kelengkapan lembar jawaban, menyusun sesuai nomor urut peserta, dan memasukkan lembar balasan ke amplopnya
  19. Memasukkan kembali sisa soal atau balasan ke dalam map pengawas
  20. Menyerahkan hasil pekerjaan dan kelengkapan manajemen ruangan kepada panitia penyelenggara UAS.

Demikian lah referensi tata tertib pengawas untuk pelaksanaan ujian selesai semester 1 yang sanggup kami sampaikan pada kesempatan ini.

Semoga pembahasan mengenai apa itu tata tertib pengawas uas, manfaat, isi tata tertib dan misalnya sanggup membawa manfaat dan menambah sedikit wawasan bagi kita semua.

Terima kasih atas loyalitas Bapak/Ibu terhadap situs ini. Selamat berjumpa kembali pada artikel gres yang akan kami tulis selanjutnya. Salam ...

0 Response to "Tata Tertib Pengawas Uas Tahun Pelajaran 2017/2018"

Total Pageviews