Latest News

Rangkuman Bahan Ipa Kelas 9 Smp Semester 1 Ktsp

Rangkuman materi ilmu pengetahuan alam atau IPA untuk kelas 9 Sekolah Menengah Pertama semester 1 KTSP yang dibagikan terdiri dari kumpulan materi tentang:

  • Saraf dan Indera pada Manusia
  • Kelangsungan Hidup Organisme
  • Bioteknologi
  • Listrik Statis
  • Listrik Dinamis
  • Sumber Arus Listrik
  • Energi dan Daya Listrik.
Kumpulan rangkuman atau ringkasan materi di atas dibagikan dalam bentuk doc.

Bapak/Ibu Guru yang mengajar di kelas 9 sanggup men-download (unduh) doc tersebut apabila membutuhkannya.

Sebelum mengunduh doc-nya, mari kita simak pembahasan singkat untuk setiap materi yang dibagikan.

Rangkuman materi ilmu pengetahuan alam atau IPA untuk kelas  Rangkuman Materi IPA Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama Semester 1 KTSP


1. Saraf dan Indera Manusia

Saraf merupakan bab tubuh organisme yang berfungsi sebagai peserta rangsang dari luar. Berdasarkan itu, ada 3 komponen saraf yang mesti dimiliki, yaitu: reseptor (penerima rangsang), penghantar impuls dan efektor (penanggap rangsang menyerupai otot).


Bagian terkecil dari saraf ialah sel saraf atau disebut Neuron. Neuron ini terdiri dari 3 bab utama yakni: tubuh sel, dendrit dan akson.


Jika saraf yang terdapat dalam tubuh tidak berfungsi atau kondisinya terganggu, makhluk hidup (khususnya manusia) akan hilang keseimbangannya.

Secara umum, saraf dibedakan menjadi dua macam yaitu saraf sentra (berada di otak dan sumsum tulang belang) dan saraf tepi yang tersebar hampir pada semua bab tubuh menyerupai kulit, mata, hidung, indera pendengaran dan pengecap (lima alat indera pada manusia).



2. Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup

Untuk melangsungkan kehidupannya, makhluk hidup atau organisme harus bisa bertahan dari semua hal yang sanggup "mengancam" kehidupannya di bumi. Oleh alasannya itu, makhluk hidup perlu mempunyai kemampuan untuk mempertahankan eksistensi-nya biar bisa tetap hidup dalam waktu yang panjang.

Kemampuan yang diharapkan biar sanggup bertahan hidup yaitu:
  • Kemampuan adaptasi
  • Kemampuan untuk bertahan dari seleksi alam
  • Kemampuan re-generasi atau "Berkembang biak".
Macam-macam perkembangbiakan makhluk hidup dibedakan menjadi 2, yaitu: vegetatif dan generatif.



3. Bioteknologi

Bioteknologi merupakan suatu cabang ilmu biologi yang membahas wacana pemanfaatan makhluk hidup dan/atau produksinya untuk membuat barang atau jasa yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Bioteknologi dibedakan menjadi 2 jenis yaitu: bioteknologi konvensional dan modern.

Produk yang dihasilkan dari bioteknologi konvensional diantaranya: tape singkong, yoghurt, keju, nata de coco, tempe dan sebagainya. Adapun produk hasil bioteknologi modern diantaranya seperti: vaksin Malaria, tanaman tahan hama dan lain-lain.



4. Listrik Statis

Pada pembahasan listrik statis kita mempelajari sub-materi diantaranya yaitu: benda ber-muatan, membuat benda jadi mempunyai muatan listrik (penggaris plastik yang digosok dengan kain wol), sifat-sifat muatan listrik, aturan Coulomb, dan penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari menyerupai penangkal petir dan generator Van De Graff.



5. Listrik Dinamis

Dalam materi ini dibahas sub-materi yang terdiri dari: Arus Listrik, Hukum OHM, Daya Hantar Listrik, Hukum Kirchoff, Rangkaian Hambatan Listrik (Seri-Paralel).



6. Sumber Arus Listrik


Dalam materi sumber arus listrik dibahas sub-materi meliputi: Gaya Gerak Listrik (GGL), Sumber Arus Listrik (AC dan DC), Elektrokimia dan Pengukuran Tegangan Listrik.



7. Energi dan Daya Listrik

Pada materi tersebut dipelajari beberapa sub-pokok materi yang terdiri atas: Energi-Daya Listrik, Perubahan Energi Listrik, dan Cara Menghemat Listrik.



Demikian pembahasan singkat mengenai rangkuman materi IPA kelas 9 Sekolah Menengah Pertama Semester 1 KTSP yang sanggup kami bagikan kepada Bapak/Ibu Guru sekalian.

Mudah-mudahan kumpulan rangkuman materinya sanggup mempunyai kegunaan dalam menunjang pembelajaran di SMP-nya masing-masing.

0 Response to "Rangkuman Bahan Ipa Kelas 9 Smp Semester 1 Ktsp"

Total Pageviews