Latest News

Daftar Hadir Panitia, Pengawas, & Penerima Uas

Dalam pelaksanaan UAS, daftar hadir untuk panitia, pengawas, dan daftar hadir penerima mesti disediakan sebab ini merupakan manajemen yang sangat penting. Tanpa adanya daftar hadir, pelaksanaan ujian selesai semester di sekolah (SD-SMP-SMA) tidak akan terdokumentasikan dengan baik, mengingat keuntungannya yang besar.

Manfaat daftar hadir dalam uas yaitu:
  • Sebagai bukti ada atau tidak adanya peserta, pengawas, dan panitia dikala uas dilaksanakan pada satuan pendidikan
  • Sebagai dokumentasi untuk panitia dalam menindaklanjuti peserta, pengawas atau pun anggota panitia lainnya, yang tidak hadir pada waktunya
  • Sebagai dokumen yang akan diperlihatkan kepada pengawas sekolah ketika mengusut kelengkapan manajemen uas.
Ketiga daftar hadir itu nantinya harus ditandatangani oleh masing-masing menurut tugas dan fungsinya. Daftar hadir pengawas ditandatangani di ruang panitia, sedangkan daftar hadir penerima ditanda tangan oleh penerima di ruang ujian.

Pada umumnya secara keseluruhan format daftar hadir uas berbentuk tabel dengan beberapa kolom.

Daftar hadir untuk panitia mencakup kolom:
  1. Nomor
  2. Nama panitia
  3. Jabatan dalam kepanitiaan
  4. Hari & tanggal uas mulai dari pelaksanaan hari pertama hingga dengan terakhir
  5. Keterangan.

Daftar hadir untuk pengawas mencakup kolom:
  1. Nomor urut
  2. Kode
  3. Nama pengawas
  4. Hari & tanggal mengawas
  5. Jam ke-1 & jam ke-2
  6. Keterangan.

Daftar hadir untuk penerima kolomnya meliputi:
  1. Nomor urut
  2. Nomor peserta
  3. Nama
  4. Hari/ tanggal pelaksanaan uas
  5. Jam ke-1 dan ke-2
  6. Keterangan.

Kolom-kolom tersebut diisi sesuai dengan keterangannya masing-masing. Jika pada pelaksanaannya ada yang berhalangan maka keterangannya diisi sesuai pemberitahuan dari yang bersangkutan, baik tidak hadir sebab alasan sakit, maupun izin sebab ada keperluan.

Cara membuatnya gampang sekali. Bapak/Ibu sanggup membuatnya dengan memakai Ms Word atau Excel. Kemudian menciptakan beberapa kolom sesuai dengan klarifikasi di atas.

Jika dibentuk pada Ms Word, silakan buat dahulu cuilan atas untuk daftar hadir tersebut. Kemudian menambahkan tabel dengan mengklik Insert >> Table. Setelah itu atur berapa Rows dan Column yang diinginkan (mengacu pada klarifikasi tadi).

Jika membuatnya pada Ms Excel, silakan buka dan jalankan excelnya. Setelah itu isi cell-cell yang akan dijadikan tabel. Penggunaan excel mungkin lebih mudah sebab tampilannya sudah ibarat tabel.

Berikut ini masing-masing format daftar hadirnya.




Semoga pembahasan dan document yang kami bagikan sanggup bermanfaat untuk Anda (Bapak/Ibu panitia uas) di SD, Sekolah Menengah Pertama atau di SMA.

Salam ...

0 Response to "Daftar Hadir Panitia, Pengawas, & Penerima Uas"

Total Pageviews