Latest News

Kumpulan Rumus Dasar Ms Excel Untuk Mempermudah Kerja Guru

Ms Excel merupakan alat pengolah angka. Penggunaannya dalam menunjang pekerjaan guru sangat dibutuhkan. Menjumlahkan nilai, mencari nilai rata-rata, memperlihatkan peringkat (ranking) terhadap nilai dengan urutan dari terendah ke yang tertinggi atau sebaliknya, kita sanggup melaksanakan itu semua dengan memakai excel.

Untuk melaksanakan itu semua, minimal, kita mesti mengetahui rumus dasar dari ms excel. Dengan mengetahui itu, kita juga sanggup menciptakan aplikasi sederhana memakai excel. Aplikasi itu nantinya sanggup kita pergunakan untuk banyak sekali keperluan, contohnya untuk menciptakan aplikasi analisis soal; slip honor guru; aplikasi daftar hadir siswa dan sebagainya.

Dan untuk menciptakan aplikasi berbasis excel kita memerlukan pemahaman dasar mengenai rumus-rumus (formula) excel pula.

Berikut ini beberapa kumpulan rumus dasar ms excel untuk mempermudah kerja guru.

1. Rumus untuk menjumlahkan nilai (angka)

=SUM(A1:A12)

Rumus di atas mempunyai arti bahwa Anda ingin menjumlahkan nilai atau angka dari cell A1 hingga dengan A12. Ketik rumus di atas pada cell yang masih kosong yang Anda inginkan nilainya muncul.


2. Rumus untuk memilih nilai rata-rata

=AVERAGE(A1:A12)
Rumus tersebut artinya Anda menginginkan nilai rata-rata dari hasil penjumlahan angka pada cell A1 hingga A12.


3. Rumus untuk memilih peringkat (ranking) dari nilai tertinggi ke yang terkecil

=RANK(A:A,A2:A6,0)
Rumus di atas maksudnya yaitu nilai-nilai yang ada pada cell A (dari cell teratas hingga terbawah) dengan rincian dari A2 hingga dengan A6 akan diberikan ranking 1 menurut nilai yang terbesar. Selanjutnya, untuk lebih memahami bagaimana caranya. Di bawah ini kami sediakan animasi gambar langkah-langkah untuk melakukannya.

Animasi langkah-langkah me-ranking nilai


4. Mencari nilai terbesar dalam kumpulan cell

=MAX(A2:A6)
Maksud dari rumus tersebut yaitu Anda ingin mencari berapa nilai terbesar di antara cell dari A2 hingga A6.


5. Mencari nilai terkecil dalam kumpulan cell

=MIN(A2:A6)

Maksudnya sama menyerupai nomor 4 (di atas), namun yang ini bedanya yaitu untuk mencari nilai paling kecil.


6. Mencari median dalam kumpulan cell

=MEDIAN(A2:A6)
Rumus tersebut untuk mencari median yang ada pada kumpulan cell dari A2 hingga dengan A6.


7. Mencari nilai yang sering muncul (modus)

=MODE(A2:A7)
Modus dalam dunia statistika yaitu nilai yang sering muncul (frequensi tertinggi). Penerapan rumus untuk mencari modus ini akan sangat mempunyai kegunaan dalam kurikulum 2013, sebab nilai siswa yang akan diambil nantinya yaitu nilai yang sering muncul. Misalnya ulangan harian siswa ke 1 yaitu 67, yang ke dua = 65, dan nilai yang ke tiga = 67, maka nilai yang diambil yaitu yang sering muncul yaitu 67.

Jika nilai ulangannya banyak mungkin kita sanggup agak repot untuk menyortir, namun, kalau memakai rumus mencari modus ini kita sanggup melakukannya dengan cepat.

Adapun rumus di atas maksudnya yaitu modus dari nilai yang ada dari cell A2 hingga A7.


Hanya itu saja yang sanggup kami sampaikan. Semoga kumpulan rumus dasar excel yang kami jelaskan di atas sanggup membantu Ibu/Bapak Guru yang sedang berguru dari awal memakai excel untuk bekerja.

Salam ...

0 Response to "Kumpulan Rumus Dasar Ms Excel Untuk Mempermudah Kerja Guru"

Total Pageviews