Teknik Menyelesaikan Soal Matematika | matematrick.com
Mengajari matematika tidak sekedar mengajari berhitung dan membilang. Beberapa hal yang termasuk di dalamnya yakni mengajari cara berpikir, mencar ilmu teknik menuntaskan perkara yang akan dihadapi dalam kehidupan bergotong-royong nanti.
Ini yakni pola proses aktivitas mencar ilmu mengajar matematika di kelas ihwal berhitung, silakan disimak.
- Anak-anak, mari kita mencar ilmu bahan matematika sederhana. Apakah semua sudah sanggup berhitung?
+ Bisa Pakkk...
- Baiklah, Saya ingin dengar. Rana coba kau berhitung.
+ 1,2,3,4,5,6,..
- Bagus, kau layak lulus SD.
+ Hahaha...
- Sekarang perhatikan, aku memiliki delapan kartu dengan angka mulai 1 hingga 8. Ada berapa banyak cara untuk menentukan 4 kartu yang berjumlah 20?
+ Apakah urutannya diperhatikan juga Pak?
- Tidak. 8+5+1+6 dengan 5+6+8+1 dianggap sama.
+ Wah niscaya ada ratusan kemungkinan..
- Bagus. Coba sebutkan apa saja.
+ Ya Pak.
5 + 8 + 4 + 3 = 20
8 + 5 + 6 + 1 = 20
8 + 4 + 6 + 2 = 20
7 + 6 + 3 + 4 = 20
3 + 8 + 2 + 7 = 20
2 + 4 + 8 + 6 = 20
- Hanya itu? Katanya ratusan..
+ Iya Pak salah. Ternyata cuma ada 6 saja.
- Darimana kau tahu jika cuma 6 saja?
+ Lha apalagi Pak? Saya cari lagi yang lain sudah tidak ada.
- Apakah kau tahu apa arti dari menghitung?
+ Untuk mengetahui ada berapa banyak.
- Sekarang coba kau hitung, ada berapa banyak bilangan di sini: 4, 2, 8, 6, 1, 7, 5, 3?
Mengajari matematika tidak sekedar mengajari berhitung dan membilang. Beberapa hal yang termasuk di dalamnya yakni mengajari cara berpikir, mencar ilmu teknik menuntaskan perkara yang akan dihadapi dalam kehidupan bergotong-royong nanti.
![]() |
angka |
Ini yakni pola proses aktivitas mencar ilmu mengajar matematika di kelas ihwal berhitung, silakan disimak.
- Anak-anak, mari kita mencar ilmu bahan matematika sederhana. Apakah semua sudah sanggup berhitung?
+ Bisa Pakkk...
- Baiklah, Saya ingin dengar. Rana coba kau berhitung.
+ 1,2,3,4,5,6,..
- Bagus, kau layak lulus SD.
+ Hahaha...
- Sekarang perhatikan, aku memiliki delapan kartu dengan angka mulai 1 hingga 8. Ada berapa banyak cara untuk menentukan 4 kartu yang berjumlah 20?
+ Apakah urutannya diperhatikan juga Pak?
- Tidak. 8+5+1+6 dengan 5+6+8+1 dianggap sama.
+ Wah niscaya ada ratusan kemungkinan..
- Bagus. Coba sebutkan apa saja.
+ Ya Pak.
5 + 8 + 4 + 3 = 20
8 + 5 + 6 + 1 = 20
8 + 4 + 6 + 2 = 20
7 + 6 + 3 + 4 = 20
3 + 8 + 2 + 7 = 20
2 + 4 + 8 + 6 = 20
- Hanya itu? Katanya ratusan..
+ Iya Pak salah. Ternyata cuma ada 6 saja.
- Darimana kau tahu jika cuma 6 saja?
+ Lha apalagi Pak? Saya cari lagi yang lain sudah tidak ada.
- Apakah kau tahu apa arti dari menghitung?
+ Untuk mengetahui ada berapa banyak.
- Sekarang coba kau hitung, ada berapa banyak bilangan di sini: 4, 2, 8, 6, 1, 7, 5, 3?
+ Sebentar aku hitung dulu.. ada 8 Pak.
- Yang ini: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8?
+ sama Pak, 8. Yang ini gampang alasannya yakni angkanya urut.
- Nah, kini kita kembali ke permasalahan tadi. Coba kau daftar lagi ada berapa banyak kemungkinan untuk membentuk jumlah 20. Usahakan urut.
+ Maksudnya urut bagaimana Pak?
- Bilangan terbesar berapa yang kau punya?
+ 8.
- Berikutnya?
+ 7.
- Sekarang coba pikirkan, untuk mendapat jumlah 20 dimulai dari 8+7 ada berapa cara?
+ 8+7=15, berarti butuh 5 lagi. Kemungkinannya cuma 4+1 dan 3+2.
- Bagus. Berarti kita sudah mendapat 2 cara
+ Berarti kini dilanjutkan 8+6+... ya Pak?
- Tepat! Gunakan bilangan terbesar yang mungkin dari kiri, lalu semakin kecil di sebelah kanannya.
+ Oke.
- Bagus...! Nah, kau sudah bekerja dengan runut dan sistematis. Kamu menempatkan angka secara terurut, menyerupai ketika menghitung angka 1-8.
+ Terima kasih Pak.
- Oiya, masih ada lagikah kemungkinannya?
+ 8 + 5 = 13, berarti butuh 7 lagi. cuma ada 1 kemungkinan yaitu 4+3.
- Lanjutkan...
+ Baik... 8 + 4 + … sama dengan 12, berarti butuh 8 lagi. Dan ini tidak mungkin, 1,2,3 tidak akan menghasilkan 8. Maka kini kita beralih ke kemungkinan berikutnya: 7 + 6 + …
- Bagaimana jika 7 + 5 + …?
+ Tidak mungkin. Begitu pula 6 + 5 + …
- Wow... kau pribadi paham..
+ Berarti hanya ada 7 kemungkinan untuk mendapat jumlah 20 dari 4 angka 1-8. Wah, balasan awal aku tadi 6 kemungkinan. Hampir benar..
- Kamu tadi menemukan cuma 5. Sebab ada 2 yang sama.
+ Oh ya..
- Untuk mendapat seluruh kemungkinan tanpa pengulangan ataupun ada yang terlewat kau harus bekerja secara sistematis dan tertib. Prosesnya menyerupai berhitung 1,2,3 tetapi dengan sedikit embel-embel penalaran.
+ Kelihatannya rumit ya Pak.
- Tidak juga. Hanya belum terbiasa saja bekerja menyerupai itu.
Awali dengan berpikir taktik yang akan dipakai lalu bekerja secara sistematis dan runut.
+ Ok, terima kasih Pak..
- Yang ini: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8?
+ sama Pak, 8. Yang ini gampang alasannya yakni angkanya urut.
- Nah, kini kita kembali ke permasalahan tadi. Coba kau daftar lagi ada berapa banyak kemungkinan untuk membentuk jumlah 20. Usahakan urut.
+ Maksudnya urut bagaimana Pak?
- Bilangan terbesar berapa yang kau punya?
+ 8.
- Berikutnya?
+ 7.
- Sekarang coba pikirkan, untuk mendapat jumlah 20 dimulai dari 8+7 ada berapa cara?
+ 8+7=15, berarti butuh 5 lagi. Kemungkinannya cuma 4+1 dan 3+2.
- Bagus. Berarti kita sudah mendapat 2 cara
8 + 7 + 4 + 1 = 20
8 + 7 + 3 + 2 = 20
+ Berarti kini dilanjutkan 8+6+... ya Pak?
- Tepat! Gunakan bilangan terbesar yang mungkin dari kiri, lalu semakin kecil di sebelah kanannya.
+ Oke.
8 + 6 + 5 + 1 = 20
8 + 6 + 4 + 2 = 20
- Bagus...! Nah, kau sudah bekerja dengan runut dan sistematis. Kamu menempatkan angka secara terurut, menyerupai ketika menghitung angka 1-8.
+ Terima kasih Pak.
- Oiya, masih ada lagikah kemungkinannya?
+ 8 + 5 = 13, berarti butuh 7 lagi. cuma ada 1 kemungkinan yaitu 4+3.
8 + 5 + 4 + 3 = 20
- Lanjutkan...
+ Baik... 8 + 4 + … sama dengan 12, berarti butuh 8 lagi. Dan ini tidak mungkin, 1,2,3 tidak akan menghasilkan 8. Maka kini kita beralih ke kemungkinan berikutnya: 7 + 6 + …
7 + 6 + 5 + 2 = 20
7 + 6 + 4 + 3 = 20
- Bagaimana jika 7 + 5 + …?
+ Tidak mungkin. Begitu pula 6 + 5 + …
- Wow... kau pribadi paham..
+ Berarti hanya ada 7 kemungkinan untuk mendapat jumlah 20 dari 4 angka 1-8. Wah, balasan awal aku tadi 6 kemungkinan. Hampir benar..
- Kamu tadi menemukan cuma 5. Sebab ada 2 yang sama.
+ Oh ya..
- Untuk mendapat seluruh kemungkinan tanpa pengulangan ataupun ada yang terlewat kau harus bekerja secara sistematis dan tertib. Prosesnya menyerupai berhitung 1,2,3 tetapi dengan sedikit embel-embel penalaran.
+ Kelihatannya rumit ya Pak.
- Tidak juga. Hanya belum terbiasa saja bekerja menyerupai itu.
Awali dengan berpikir taktik yang akan dipakai lalu bekerja secara sistematis dan runut.
+ Ok, terima kasih Pak..
0 Response to "Teknik Menuntaskan Soal Matematika Dengan Runut Dan Sistematis"