Ketika kita ingin melamar kerja ke suatu tempat, sudah menjadi hal yang umum bahwa surat lamaran itu dibawa pribadi ke daerah yang dituju, kemudian diberikan kepada orang yang berwenang mendapatkan surat itu. Akan tetapi, di zaman se-modern ini, penggunaan teknologi internet sanggup mempermudah orang dalam melaksanakan aneka macam hal, termasuk mengirimkan surat lamaran kerja. Alamat email dan koneksi internet yakni syarat utama semoga seseorang sanggup mengirimkan surat lamaran kerja itu setrik online.
Langkah ke-2
3. Kolom penulisan pesan atau email (tampilan blank putih) merupakan daerah untuk mengetik pesan Anda. Di sana Anda sanggup menulis pribadi surat lamaran kerjanya dengan menyalin dan melekat (copy-paste) format surat yang telah diketik di Ms Word. Akan tetapi, biasanya akhirnya akan kurang rapi. Kami menyarankan bahwa kolom ini diisi dengan pengantar lamaran kerja Anda saja.
Sekarang, kami akan mengembangkan tutorial dengan Saudara wacana trik mengirimkan surat lamaran kerja via email.
Sebelum memberikan triknya (langkah-langkahnya)...
...Khusus bagi Saudara yang belum mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan. Anda sanggup menyimak hal-hal berikut.
Yang harus dipersiapkan sebelum mengirimkan surat lamaran kerja via email, di antaranya:
- Berkas (file) berisi surat lamaran kerja - File itu sanggup berupa ekstensi: .docx, .pdf, gambar hasil scanning dan/atau sebagainya (tergantung persyaratan dari pihak penerima)
- Koneksi internet
- Perangkat (bisa komputer atau HP smartphone).
Nah, apabila poin-poin yang disebutkan di atas sudah dimiliki, itu tandanya Saudara sudah siap mengirimkannya.
Perlu diketahui sebelumnya bahwa di tutorial ini dijelaskan trik pengiriman menggunakan komputer.
Baiklah, kita lanjutkan...
...ke langkah-langkah mengirimkan surat lamaran kerja melalui email:
Langkah ke-1
Buka email Anda;
Langkah ke-2
Klik tombol "Compose" (jika pengaturan bahasa dalam akun Anda yakni Inggris), atau "Tulis Pesan" (apabila pengaturannya bahasa Indonesia). Kemudian akan muncul tampilan untuk menulis email baru, menyerupai pada gambar berikut.
Gambar 1. Tombol "compose" dan papan pengetikan pada email |
Keterangan:
di gambar papan pengetikan (ditunjuk dengan nomor 2) terdapat judul "New Message" yang di bawahnya ada kolom pengisian "To", "Subject", dan tampilan blank putih (tepat ditunjuk oleh nomor 2)...
...dan di bawahnya lagi ada formasi sajian (terletak horizontal) setrik berurutan dari kiri ke kanan di antaranya: send, A, attach file, insert file using drive, insert photo, insert link, emoji, serta paling ujung sebelah kanan ada tombol delete dan more options.
Sebelum lanjut ke "langkah 3", kami bahas terlebih dahulu fungsi dari komponen-komponen yang disebutkan di atas.
1. Kolom To merupakan kolom untuk mengisi alamat email tujuan (email perusahaan atau orang yang menyuruh kita mengirimkan lamaran);
2. Kolom Subject merupakan kolom yang diisi dengan subjek pesan atau email yang akan dikirimkan. Saudara sanggup mengisinya dengan kata menyerupai "Permohonan kerja", "Lamaran kerja", atau kalimat lain sejenisnya;
3. Kolom penulisan pesan atau email (tampilan blank putih) merupakan daerah untuk mengetik pesan Anda. Di sana Anda sanggup menulis pribadi surat lamaran kerjanya dengan menyalin dan melekat (copy-paste) format surat yang telah diketik di Ms Word. Akan tetapi, biasanya akhirnya akan kurang rapi. Kami menyarankan bahwa kolom ini diisi dengan pengantar lamaran kerja Anda saja.
Untuk menulis pengantar surat lamaran kerja sanggup mengikuti teladan di bawah ini.
Salam Hormat,
Dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Lengkap : ...
Alamat : ...
No. yang sanggup dihubungi : ...
bermaksud melamar pekerjaan untuk posisi ... di (nama daerah kerja) sebagaimana gosip yang saya peroleh dari ....
Bersama dengan ini, saya melampirkan berkas lamaran hasil scanning, di antaranya:
1. KTP;
2. Ijazah;
3. Foto;
4. Daftar Riwayat Hidup;
5. Pengalaman Kerja;
6. Sertifikat-sertifikat penghargaan.
Demikian permohonan ini saya sampaikan.
Semoga mendapatkan tindak lanjut.
Hormat saya,
Pelamar
Untuk lebih jelasnya, Saudara sanggup melihat gambar di bawah ini.
Gambar 2. teladan pengantar lamaran kerja |
Langkah ke-3
Memasukkan file foto atau dokumen lamaran kerja bersama email, itu sanggup dilakukan dengan meng-klik icon "Attach files" (bahasa Indonesianya melampirkan berkas). Letaknya ada di sajian paling bawah urutan ketiga dari kiri (seperti pada gambar di atas ini). Fungsinya yakni untuk melampirkan file di komputer milik Saudara.
Setelah itu pilih file atau berkas lamaran yang sudah dipersiapkan pada komputer Anda. Silakan lihat gambar berikut.
Gambar 3. Cara melampirkan file ke dalam email |
Setelah itu tunggu proses peng-unggah-an (upload) hingga selesai.
Langkah ke-4
Mengirimkan email dengan mengklik "Send" atau "Kirim".
Tunggu proses pengirimannya hingga berhasil.
Nah. itulah trik mengirimkan surat lamaran kerja melalui email.
Anda sanggup mempraktikkannya kini bila sudah paham.
Terima kasih atas waktu Anda di situs kami.
Semoga tutorial ini bermanfaat.
0 Response to "Cara Mengirimkan Surat Lamaran Kerja Melalui Email"