Latest News

Contoh Struktur Organisasi Sekolah Berbentuk Bagan

Sekolah merupakan wadah atau organisasi yang menghimpun semua elemen sekolah yang ikut berpartisipasi di dalamnya.

Sebagai suatu organisasi, sekolah tentunya mempunyai visi misi sebagai acuan/landasan dalam menentukan arah atau tujuan sekolah itu sendiri.

Untuk mewujudkan/menjalankan visi misi tersebut, kepala sekolah sebagai leader atau pemimpin harus menentukan atau menentukan orang-orang (guru dan TU) yang sanggup bekerja sama dengannya. Mengingat hal itu, tentunya pembentukan struktur organisasi di sekolah penting untuk dilakukan.

Jika semuanya sudah dibentuk, selanjutnya kepala harus mengatur tupoksi (tugas pokok dan fungsi) mereka (guru dan tenaga manajemen sekolah) menurut jabatan aksesori yang diemban.

Dalam artikel ini sebenarnya kami tidak akan membahas jauh ke arah prosedur pembentukan organisasi di sekolah. Akan tetapi, di sini kami hanya akan membagikan contoh struktur organisasi sekolah yang disediakan dalam bentuk bagan.

Contoh tersebut sanggup dimanfaatkan oleh pihak sekolah (dari SD hingga SMA) dalam pembuatan papan struktur organisasi sekolah yang akan ditempatkan di ruang kepala sekolah atau di ruang tenaga manajemen (TU).

Sesuai dengan namanya, struktur organisasi diurutkan dari jabatan yang tertinggi ke bawah, yakni: dari kepala sekolah hingga siswa (peserta didik).

Berikut ini struktur organisasi sekolah dari yang tertinggi jabatannya menuju ke bawah:
  • Kepala Sekolah
  • Wakil Kepala Urusan Akademik/Kurikulum
  • Wakil Kepala Urusan Kesiswaan
  • Wakil Kepala Urusan SARPRAS (Sarana & Prasarana)
  • Wakil Kepala Urusan HUMAS (Hubungan Masyarakat)
  • Para Wali Kelas dan Guru
  • Siswa (Peserta Didik).

Berikut ini contoh struktur organisasi sekolah:

Sekolah merupakan wadah atau organisasi yang menghimpun semua elemen sekolah yang ikut ber Contoh Struktur Organisasi Sekolah Berbentuk Bagan
Gambar skema struktur organisasi di SMP/SMA

Sekolah merupakan wadah atau organisasi yang menghimpun semua elemen sekolah yang ikut ber Contoh Struktur Organisasi Sekolah Berbentuk Bagan
Gambar skema struktur organisasi di sekolah dasar

Bapak/Ibu Kepala Sekolah maupun utusannya yang kami hormati!
Hanya itu yang sanggup kami sampaikan pada artikel ini.
Mudah-mudahan contoh struktur organisasi sekolah yang disampaikan sanggup bermanfaat bagi Bapak/Ibu sekalian dalam proses pembuatan papan struktur organisasi di SD, SMP, maupun di Sekolah Menengan Atas Anda sekalian.

0 Response to "Contoh Struktur Organisasi Sekolah Berbentuk Bagan"

Total Pageviews