Latest News

Kartu Peminjaman & Pengembalian Buku Perpustakaan

Setiap perpustakaan (termasuk di sekolah) mewajibkan setiap anggotanya untuk membawa kartu peminjaman & pengembalian dikala akan meminjam dan mengembalikan buku, dengan maksud semoga kedua belah pihak (antara pengelola/petugas perpustakaan dan anggota) sama-sama punya bukti tertulis atas waktu terjadinya peminjaman dan pengembalian suatu materi perpustakaan.

Kartu peminjaman & pengembalian buku perpustakaan merupakan sebuah kartu yang dipakai untuk mencatat waktu (hari/ tanggal) peminjaman buku, waktu pengembalian nya, judul buku yang dipinjam, kode/ label nya, paraf petugas, dan keterangan.

Manfaat kartu tersebut bagi petugas dan/atau anggota:

  • Bagi petugas, kartu itu bermanfaat sebagai upaya dalam mewujudkan tertib manajemen pada perpustakaan yang dikelola nya
  • Bagi anggota perpustakaan, kartu tersebut yaitu bukti fisik bahwa buku yang ia pinjam telah dikembalikan pada hari/ tanggal tertentu sebagaimana tertulis di kartu dan diperkuat dengan paraf petugas. Jadi, dikala seorang anggota dianggap belum mengembalikan buku, maka dengan kartu tersebut anggota sanggup menunjukan bahwa buku sudah dikembalikan.
Setrik keseluruhan, kartu yang dimaksud berbentuk tabel. Tabel itu terdiri dari beberapa kolom diantaranya:
  • No (nomor urut)
  • Tgl. peminjaman
  • Judul buku
  • Kode/ Label
  • Tgl. pengembalian
  • Paraf
  • Keterangan.
Untuk lebih jelasnya, referensi atau format kartu itu sanggup dilihat pada tampilan (gambar) berikut.

 mewajibkan setiap anggotanya untuk membawa kartu peminjaman  Kartu Peminjaman & Pengembalian Buku Perpustakaan

Cara mengisi kartu tersebut cukup mudah. Petugas perpustakaan tinggal mengisinya menurut kolom-kolom yang ada pada tabel.

Jika Anda ingin membuat sendiri kartu tersebut, Anda sanggup menggunakan Ms Word dan/atau Ms Excel dengan mencontoh format kartu pada gambar di atas.

Apabila ingin mendapat format kartu yang sudah jadi dalam bentuk file (doc), Anda sanggup mendownload nya melalui tautan berikut.
Semoga pembahasan mengenai kartu peminjaman dan pengembalian buku ini bermanfaat bagi semua tenaga perpustakaan sekolah, yang bekerja di SD, SMP, dan di SMA, dalam rangka memenuhi manajemen perpustakaan yang dibutuhkan.

0 Response to "Kartu Peminjaman & Pengembalian Buku Perpustakaan"

Total Pageviews