Latest News

Contoh Soal Hal Yang Sanggup Diteladani Dan Keistimewaan Tokoh Dalam Un 2018

Contoh soal berikut diambil dari naskah soal Ujian Nasional berbasis kertas dan pensil yang dilaksanakan pada 23 April 2018. Seperti tahun-tahun sebelumnya, soal perihal biografi tokoh yang berisi keistimewaan dan hal yang sanggup diteladani selalu muncul. 

Berikut ini kembali dibahas soal biografi tokoh yang muncul dalam Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMP/MTs.

Soal Pertama

Bacalah teks berikut!
Habiburrahman El Shirazy merupakan sosok fenomenal dalam dunia sastra negeri ini. Beberapa karyanya, antara lain Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, berhasil menerima sambutan luar biasa dari pembaca novel tanah air. Bahkan, karya-karyanya telah dibentuk dalam bentuk film dan sinetron.

Menurut Kang Abik, demikian panggilan bersahabat para penggemar kepadanya, ia sanggup menciptakan beberapa novel dalam satu waktu, "Ibarat makan" katanya, "bosan jikalau harus makan satu sajian terus dalam beberapa hari." Strategi selangseling dalam menulis novel islaminya ia jalani untuk menghindari kejenuhan.

Pria yang lahir di Semarang, 30 September 1976 ini, mengaku tidak kesulitan menciptakan novel dalam waktu bersamaan kaena ia menulis sesuatu yang diketahui dan dekat dengan kehidupan.

Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah.....

a. menerima sambutan bangga dari pembaca novel
b. gemar membaca dan menulis semenjak muda.
c. sanggup menulis beberapa novel dalam satu waktu
d. sanggup menerjemahkan buku dari bahasa Arab

Jawaban: C
Pembahasan: Keistimewaan ialah sesuatu yang spesial, yang hanya bisa dilakukan oleh penulis yang sedang dibahas. Penulis lain biasanya punya satu goresan pena yang harus diselesaikan, sementara Kang Abik bisa memproses lebih dari satu judul novel untuk ditulis. Ini merupakan sebuah keistimewaan. 

Jawaban yang paling memungkinkan ialah balasan A, tapi itu pilihan yang salah lantaran yang disambut bangga oleh pembaca novel bukan hanya penulis Ayat-ayat Cinta saja, tapi juga penulis lain semisal Andrea Hirata, penulis Laskar Pelangi. Sementara itu, balasan B dan D tidak ada dalam bacaan.

Soal Kedua

Bacalah teks berikut!
Prof. Dr. Raden Mas Padmosantjojo ialah andal bedah syaraf kelahiran Kediri, 26 Februari 1938. Ia menjadi populer dan menggegerkan di dunia kedokteran pada 1987 alasannya ialah berhasil memisahkan pasangan kembar siam Yuliana-Yuliani yang keduanya hanya memiliki satu pembuluh darah (sinus sagitalis) di otak. Pembuluh darah yang tipis itu dibelah dua untuk keduanya. Sekarang, Yuliana-Yuliani pun hidup sehat. Atas keberhasilan tersebut, dr. Padmo merendah dan berkata "Kematian insan sepenuhnya di tangan Tuhan."

Hal yang patut diteladani pada diri tokoh tersebut adalah....

a. menggegerkan dunia kedokteran
b. melaksanakan operasi pasangan kembar 
c. tetap rendah hati dan tidak sombong.
d. selalu mengedepankan kerja dalam tim

Jawaban: C

Pembahasan: yang ditanyakan ialah hal yang sanggup diteladani, yaitu hal yang sanggup dicontoh. Maka, sifat yang sanggup diconoth ialah balasan C. Sifat rendah hati, tidak sombong. Sifat ini bisa ditiru oleh semua orang apapun profesinya. Jawaban A dan B hanya bisa ditiru oleh dokter sesuai bidangnya. Sementara balasan D tidak ada dalam teks bacaannya.

Soal Ketiga

Bacalah teks berikut!
Nama Nh. Dini merupakan kependekan dari Nurhayati Srihardini. Nh. Dini dilahirkan pada tanggal 29 Februari 1936 di Semarang. Ayahnya, Salyowijoyo, seorang pegawai perusahaan kertea api. Ibunya berjulukan Kusaminah. Bakat menulis Dini tampak semenjak berusia sembilan tahun. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan. Namun, ia tidak sanggup mewujudkan cita-citanya itu lantaran orang tuanya tidak bisa membiayainya. Ia hanya sanggup mencapai pendidikan hingga sekolah menengah atas jurusan sastra. Dini menambah pengetahuan di bidang lain, yaitu menari Jawa dan memainkan gamelan. Meskipun demikian, ia lebih berkonsentrasi pada acara menulis. Hasil karyanya yang berupa puisi dan cerpen dimuat dalam majalah Budaya dan Gadjah Mada di Yogyakarta (1952). Pada tahun 1955, ia memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara Radio di seluruh Jawa Tengah.

Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah....
a. Anak seorang pegawai perusahaan kertea api dan ibu rumah tangga.
b. Dini bercita-cita menjadi dokter binatang ternama semenjak kecil.
c. Dini memiliki talenta menulis semenjak berusia sembilan tahun.
d. Dini memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio se-Jawa Tengah

Jawaban: C

Pembahasan: Yang ditanyakan ialah keistimewaan yang dimiliki oleh Nh. Dini. BerMakna tidak sanggup dilakukan oleh orang lain. Jawaban yang paling sempurna ialah C. Bakat menulis semenjak usia 9 tahun mungkin bisa saja dimiliki oleh orang lain, tapi belum tentu juga ada. Selain itu, talenta merupakan keistimewaan. 

Mungkin, ada yang beropini bahwa balasan yang sempurna ialah D, namun pemenang sayembara penulisan naskah bisa jadi juga pernah diraih oleh orang lain, sebelum atau sehabis Nh. Dini.

Soal Keempat

Bacalah teks berikut!
Adam Malik Batubara lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara, 22 Juli 1917. Semenjak kecil ia gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi. Beliau pernah menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, kemudian Ketua DPR, hingga puncak karirnya sebagai Wapres Indonesia ke-3. Adam Malik menempuh pendidikan dasarnya di Hallandsch-Inlandsche School Pematangsiantar. Ia melanjutkan ke Sekolah Agama Parabek Bukittinggi, namun hanya satu setengah tahun saja lantaran kemudian mudik dan membantu orang renta berdagang. Di sela-sela kesibukan barunya itu, ia banyak membaca banyak sekali buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya. Pada usia 20 tahun, ia bersama Soemanang, Sipahutar, Armijn Pane, Abdul Hkim, dan Pandu Kartawiguna memelopori berdirinya Kantor Berita Antara pada tahun 1937.

Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah....

a. menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, dan DPR
b. banyak membaca buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya
c. pencetus berdirinya Kantor Berita Antara pada tahun 1937
d. gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi

Jawaban: B

Pembahasan: Hal yang sanggup diteladani ialah hal yang sanggup ditiru dari tokoh, ditiru oleh semua orang. Tentu yang harus ditiru ialah hal positif. Dalam biografi Adam Malik ini, yang patut untuk ditiru atau diteladani dari tokoh ialah banyak membaca buku. Ada dua balasan yang mungkin untuk ditiru, yaitu yang B dan D. Aka tetapi lantaran yang harus diteladani ialah hal yang paling banyak positifnya, maka balasan yang paling sempurna ialah B.

Soal Kelima

Bacalah teks berikut!
Mohammad Hatta, mantan Wapres Republik Indonesia ini lahir di Bukittinggi, 12 Agustus 1902. Ayahnya, Haji Mohammad Djamil, meninggalkannya dikala masih berusia delapan bulan. Mohammad Hatta juga dikenal sebagai tokoh Proklamator Republik Indonesia. Beliau sangat bersahaja dan sederhana dalam hidupnya hingga selesai hayatnya. Sejak duduk di MULO di Kota Padang, ia telah tertarik pada pergerakan-pergerakan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mohammad Hatta, masuk ke perkumpulan Jong Sumatrenan Bond.

Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah....
a. sebagai tokoh Proklamator Republik Indonesia
b. masuk ke perkumpulan Jong Sumatrenan Bond
c. bersahaja dan sangat sederhana dalam hidupnya
d. tertarik dengan pergerakan  memerdekakan Republik Indonesia

Jawaban: C

Pembahasan: Hal yang jelasa sanggup kita ikuti ialah hidup bersahaja. Untuk menjadi proklamator RI, hanya ada dua orang yang bisa, yaitu Soekarno dan Hatta. Untuk ikut Jong Sumatrenan Bond sudah tidak mungkin. dan gerakan memerdekakan Republik Indonesia sudah tidak diharapkan lagi lantaran Indonesia sudah merdeka. 

0 Response to "Contoh Soal Hal Yang Sanggup Diteladani Dan Keistimewaan Tokoh Dalam Un 2018"

Total Pageviews