Latest News

Perbedaan Tumbuh Dan Berkembang | Klarifikasi Makna Kata Dalam Bahasa Indonesia

Penjelasan Lengkap perihal Makna Kata Tumbuh dan Berkembang beserta Contohnya | pustamun.blogspot.com - Sering kita dengar istilah tumbuh dan berkembang yang dipakai dalam satu kalimat. Misalnya: Usahanya telah tumbuh dan berkembang dengan pesat. 

Sebenarnya apa perbedaan antara Makna kata tumbuh dan Makna kata berkembang. Keduanya  (kata tumbuh dan berkembang) memiliki makna yang seperti sama. Akan tetapi bahu-membahu sangat berbeda kalau dianalisis makna kata secara mendalam.


Pertama, kita bahas perbedaan antara kata tumbuh dan berkembang secara morfologis. Kata tumbuh tidak menerima afiks (imbuhan) sementara kata berkembang berasal dari kata dasar kembang. 

Penjelasan kata kembang sudah ada dalam postingan sebelumnya yang membandingkan antara kata bunga dan kembang yang berjudul: Perbedaan Bunga dan Kembang.

Kali ini perlu kita jelaskan dulu Makna kata tumbuh. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh sentra bahasa, kata tumbuh memiliki tiga klarifikasi Makna. Dari ketiga Makna kata tumbuh tersebut, Makna yang kedua berkaitan bersahabat dengan kata berkembang. Berikut Makna lengkapnya.

Tumbuh

1. timbul (hidup) dan bertambah besar atau tepat (tentang benih tanaman; bab badan menyerupai rambut, gigi, perihal penyakit kulit menyerupai bisul, jerawat):

2 sedang berkembang (menjadi besar, sempurna, dan sebagainya):

3 timbul; terbit; terjadi (sesuatu):

Dari ketiga Makna di atas, Maksud dengan tumbuh yakni yang awalnya kecil menjadi besar, yang awalnya pendek menjadi tinggi, yang awalnya sempit menjadi lebar.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, kata tumbuh berkaitan bersahabat dengan kata berkembang. Tumbuh pada intinya, yang awalnya tidak ada menjadi ada.

Jika dibandingkan dengan berkembang, tumbuh mengandung makna yang awalnya tidak ada menjadi ada, atau berubah wujud.

Misalnya, dalam kalimat:

Biji yang ditanam sudah tumbuh menjadi bibit.

Dalam pola kalimat di atas, kata tumbuh jelas dipakai untuk mengatakan hal yang berubah wujud. Yang awalnya berupa benih, sudah bermetamorfosis bibit. Benih awalnya yakni biji-bijian, sementara saat mengalami proses tumbuh, bermetamorfosis flora kecil yang disebut bibit.

Sementara, kata berkembang identik dengan bertambah. Misalnya, penggunaan istilah berkembang dalam bidang ilmu biologi.

Contoh Kalimat:

Ayam kampung sanggup berkembang biak dengan alamiah.

Makna kata berkembang biak di atas mengatakan makna bertambah. Yang awalnya hanya induknya saja bertambah dengan bawah umur ayam.

Dari klarifikasi di atas, terang sudah perbedaan antara tumbuh dan berkembang. Jika tumbuh identik dengan berubah menjadi dan semakin besar. Sementara kalau berkembang lebih identik dengan bertambah banyak.

Semoga klarifikasi sederhana perihal Makna kata tumbuh dan kata kembang ini sanggup bermanfaat. Juga semakin menyayangi bahasa Indonesia yang sangat kaya. Salam!

0 Response to "Perbedaan Tumbuh Dan Berkembang | Klarifikasi Makna Kata Dalam Bahasa Indonesia"

Total Pageviews