Latest News

Tekad, Nekat, Tekat, Dan Nekad | Kata Baku Dan Pengertiannya Dalam Bahasa Indonesia

pustamun.blogspot.com | Masing-masing bahasa memiliki keunikan, sehingga memunculkan keindahan tersendiri. Bagitu juga dalam bahasa Indonesia. Ada beberapa bentuk kata yang menyerupai contohnya antara kata tekad, nekat, tekat, dan nekad. Ditinjau dari beberapa hal kata tesebut seakan memiliki persamaan.

Dari segi bentuk penulisan menyerupai bahkan ada yang sama strukurnya, dilihat dari segi makna juga masih berkaitan. Lalu bahwasanya bagaimana kekerabatan antara kata tekad dan nekat. Juga bagaimanakah goresan pena yang benar.

Berikut ini yaitu klarifikasi ihwal kata tekad, nekat, dan tekat. Tentu klarifikasi ini didasarkan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Pusat Bahasa Kemendikbud selaku otoritas duduk kasus Bahasa Indonesia.

Keempat kata di atas, tekad, nekat, tekat, dan nekad terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Akan tetapi satu kata nekad hanya diberi acuan untuk kembali ke kata nekat. Dengan demikian kata nekad merupakan bentuk tidak baku dari kata nekat.

Ilustrasi Kata 'Tekad'


Berikut ini klarifikasi masing-masing kata tersebut:

Tekad

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi V daring (online) ada kata 'tekad'. Diklasifikasikan sebagai verba (kata kerja). Cara bacanya yaitu dengan abjad /e/ sama dengan pelafalan pada kata /edan/.

Kata tekad dalam kamus memiliki Makna: kemauan (kehendak) yang pasti; kebulatan hati; iktikad.

Contoh penggunaan kata tekad:
- memasang tekad;
- sudah bundar tekadnya;
- membarui tekadnya;

Nekat 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi V, kata nekat memiliki empat klarifikasi makna dengan masing-masing contoh yang berbeda. Keempat makna kata nekat dalam kamus sama-sama menempati kelas kata adverbia. Masing-masing Makna kata nekat adalah:

1. berkeras hati; dengan keras atau berpengaruh kemauan.
Contoh penggunaan:
- Meskipun sudah tidak boleh oleh polisi, mereka nekat masuk;
- Seorang demonstran nekat melemparkan diri pada kawat berduri

2. terlalu berani (dengan tidak berpikir panjang lagi)
Contoh penggunaan:
- kini banyak penodong yang nekat;

3. tidak memedulikan apa-apa lagi (karena putus harap, hilang akal, aib sekali, dan sebagainya)
Contoh penggunaan:
- alasannya yaitu sangat malu, ia nekat meninggalkan kampung halaman dan keluarganya

4. tetap tidak mau (mengalah, menurut, menyerah, dan sebagainya); bersikeras; mengotot.
Contoh penggunaan:
- bahwasanya ia sudah kalah, tetapi masih nekat saja

Dari keempat Makna kata nekat dengan masing-masing contoh penggunaannya di atas, sanggup kita ketahui bahwa kata nekat identik dengan tidak berpikir panjang. Tapi ada impian yang kuat.

Kata nekat juga identik dengan suporter bola bonek yang merupakan kependekan dari Bondo Nekat alias bermodalkan kesungguhan hati dan impian yang kuat.

Nekat tidak semata-mata tanpa pertimbangan atau tidak mau berpikir, tapi nekat lebih ke arah memiliki impian yang berpengaruh dengan keyakinan bahwa di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

Bentuk nekad dan tekat 

Jika kita mendengar sekilas, kata nekat dan tekat seolah berhubungan. Seperti kata tangis dan nangis, tawar dan nawar.  Kedua kekerabatan ini (tangis-nangis dan tawar-nawar) terdiri dari kata dasar yang sama yaitu tangis dan tawar. Hanya saja menerima imbuhan nasal (serupa dengan meN- dalam tata bahasa bahasa Indonesia) sehingga menjadi nangis. Awalnya saya berpikir tekad dan nekat hubungan yang demikian. Ternyata berbeda.

Kata tekad dan nekat masing-masing merupakan kata dasar. Meskipun dalam pemahaman kebanyakan orang mungkin mengganggap bahwa tekad adalah kemauan yang kuat, dan nekat adalah kata kerja dari tekad.

Kaprikornus dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tidak dikenal kata nekad alias kata nekad merupakan kata tidak baku dari nekat. Pun begitu dengan kata tekat merupakan bentuk tidak baku dari tekad. Begitu penjelasannya dalam kamus. Jika kita mencari kata nekad maka diperintah untuk mencari kata nekat, dalam klarifikasi kata tekat diperintah untuk mencari kata tekad dengan /d/.

Akan tetapi ada kata 'tekat' dalam Bahasa Indonesia, tapi bacanya berbeda. Huruf /e/ dibaca menyerupai pada kata /elang/. Tekat. Tekat yang pembacaannya demikian, memiliki sinonim dengan kata 'sulam'. Kaprikornus ada kaitannya dengan sulaman.

Dalam situs wikipedia, tekat (sekali lagi dengan pembacaan /e/ menyerupai kata /elang/) bersanding dengan kata seni: seni tekat terdapat pada wikipedia berbahasa melayu. Tertulis Makna "Menekat merupakan kerja menyulam benang emas ke atas kain dasar (jenis baldu). Kerja-kerja menekat memerlukan pemidang untuk meregangkan kain baldu, mempulur sebagai pola motif dan benang emas untuk membentuk bunga tekat." dikutip dari https://ms.wikipedia.org/wiki/Seni_tekat.

Penggunaan Kata Tekad dan Nekat 

Penggunaan kata tekad dan nekat dalam masyarakat acap kali dalam bentuk yang salah. Sering ditulis tekat dan nekad. Misalnya ada penulisan TKT DW (dibaca: tekate dewe. Bahasa Jawa). Maknanya memiliki tekad sendiri. 

Tentu saja penulisan yang tidak baku tidak sanggup disalahkan, toh penggunaannya dalam ragam santai, dalam kondisi percakapan sehari-hari. Namun, jikalau ditulis dalam ragam resmi dan jurnalistik hendaknya tentu kata tekad dan nekad alangkah baiknya jikalau ditulis dalam bentuk bakunya tersebut.

0 Response to "Tekad, Nekat, Tekat, Dan Nekad | Kata Baku Dan Pengertiannya Dalam Bahasa Indonesia"

Total Pageviews