Latest News

Penjelasan Cara Penulisan Nomor Surat Osis Dan Contohnya

Setiap penulisan surat oleh lembaga, berMakna surat tersebut yaitu surat resmi. Setiap surat resmi, maka disertai oleh nomor register surat. Penggunaan nomor surat, oleh forum (baik forum pemerintah maupun forum swasta) dimaksudkan untuk mempermudah mencari dalam arsip.

Adapun surat yang ada nomor suratnya meliputi semua jenis surat, baik surat keterangan, surat undangan, surat keputusan, surat tugas, maupun surat-surat lainnya.

Untuk mempermudah, berikut ini yaitu referensi penulisan nomor surat yang sanggup diterapkan sebagai materi pembelajaran di sekolah. Khususnya untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, materi menulis surat dinas dan surat pribadi.

Maksud dengan surat dinas, sama dengan surat resmi. Yaitu yang dikeluarkan oleh lembaga.  Untuk referensi penulisan nomor surat dinas dalam goresan pena ini, bakal dibahas klarifikasi cara penulisan nomor surat pengurus OSIS.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa, OSIS yaitu sebuah forum semi independen, yang ada di sebuah sekolah. OSIS yaitu kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jadi, harusnya punya kepala surat (kop surat sendiri), punya stempel sendiri, dan punya manajemen pengarsipan surat dan cara penulisan nomor surat sendiri.

Contoh nomor surat untuk OSIS:

No : 17/OSIS.SMAPA/VII/2018
Lampiran : -
Hal : Undangan

Contoh nomor surat OSIS, di atas sanggup diuraikan sebagai berikut:

17 = yaitu nomor urut register, yaitu urutan surat yang telah dikeluarkan. Jadi, surat tersebut yaitu surat ke-17 yang dibentuk oleh forum OSIS selama tahun 2018.

OSIS.SMAPA = yaitu instruksi lembaga. Jadi, penggunaan nama OSIS.SMAPA merujuk pada singkatan forum OSIS dan nama sekolah. Misalnya, SMAPA merujuk pada kependekan dari Sekolah Menengan Atas 4. Penulisan ini sanggup ditulis lengkap, contohnya OSIS.SMA4JBR.

VII = yaitu angka romawi yang sama dengan tujuh. Tujuh merujuk pada bulan penulisan surat. Jadi, bila surat dinas tersebut ditulis pada bulan Juli, dipakai angka VII, begitu seterusnya.

2018 = yaitu tahun penulisan surat. Jadi, surat tersebut ditulis pada tahun 2018.

Untuk referensi nomor surat OSIS di atas, sanggup dibaca dan dijabarkan (dijelaskan) sebagai berikut:

17/OSIS.SMAPA/VII/2018

Surat tersebut merupakan surat ke-17 yang ditulis (dikeluarkan) oleh OSIS Sekolah Menengan Atas 4 pada bulan Juli tahun 2018.

Penjelasan lain:

Penulisan angka 17 diurut mulai dari angka 1 semenjak awal tahun penulisan surat. Jadi, Setelah simpulan tahun (ganti tahun) maka dimulai lagi dari angka 1. 

Demikian referensi penulisan nomor surat untuk pengurus OSIS. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Penjelasan Cara Penulisan Nomor Surat Osis Dan Contohnya"

Total Pageviews