Latest News

Menelaah Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi 'Internet Dan Haki'

Menelaah Struktur Teks Persuasi dan Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi

Salah satu jenis teks yang diajarkan di sekolah Sekolah Menengah Pertama kelas VIII (8) pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi ialah Teks Persuasi. Di samping jenis-jenis teks lain yang juga diajarkan di pada kurikulum 2013. Memang bahan mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurkulum 2013 ini berbasis pada teks.

Teks yang kali ini kita telaah ialah jenis teks Persuasi. Sebelum menelaah Teks Persuasi yang berjudul 'Internet dan Haki' ada baiknya kita pahami dahulu Pengertian Teks Persuasi dan Struktur Teks Persuasi.

Pengertian Teks Persuasi


Secara sederhana, persuasi sanggup diMaknakan sebagai 'ajakan'. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata 'Persuasi' memiliki dua pengertian yaitu:
1) n undangan kepada seseorang dengan cara menawarkan alasan dan prospek baik yang meyakinkannya; bujukan halus
2) n karangan yang bertujuan mengambarkan pendapat

Jadi, teks persuasi ialah teks atau karangan yang berisi undangan untuk melaksanakan sesuatu. Baik berupa tindakan fisik (pekerjaan) maupun pemahaman.

Struktur Teks Persuasi


Setelah mengetahui pengertian teks persuasi, patut kita ketahui pula struktur teksnya. Teks persuasi terdiri dari empat bagian. Keempat struktur teks persuasi tersebut adalah:

1. Pengenalan Isu
2. Rangkaian Argumen
3. Pernyataan Ajakan
4. Penegasan Kembali

Penjelasan mengenai masing-masing struktur teks persuasi:

Pengenalan Isu: ialah bab pembuka teks persuasi yang menawarkan citra perihal informasi (hal) yang sedang dibahas.

Rangkaian Argumen: ialah bab teks  persuasi yang berupa pendapat penulis/pembicara berkaitan dengan hal yang dibahas. Pada bab ini sanggup diungkapkan fakta yang mendukung perihal informasi (topik) yang dibahas.

Pernyataan Ajakan: ialah inti dalam teks persuasi. Pernyataan undangan ini merupakan hal yang bersama-sama ingin disampaikan, tapi terlebih dulu diberi pengantar berupa pengenalan informasi yang diikuti dengan argumen-argumennya.

Penegasan Kembali: Maksud di sini ialah penegasa kembali bakal pentingnya sebuah undangan dan landasan berpikir (argumennya). Ciri-ciri bab ini, diawali dengan kata: Demikian, demikianlah, maka dari itu, dsb.

Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks 'Internet dan HAKI'

Setelah mengetahui pengertian dan struktur teks persuasi, kita sanggup melaksanakan telaah terhadap sebuah teks persuasi. Teks persuasi yang bakal kita telaah kali ini berjudul Internet dan HAKI.

Berikut teks lengkapnya:

Internet dan HAKI

Teman-teman sekalian, jujur saja, kita memang belum sanggup terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi. Padahal, itu penting sekali buat kita ketahui Agar tidak terjerumus ke jalan yang salah. Nah, lewat situs-situs tertentu di internet, bermacam-macam informasi yang kita butuhkan sanggup kita dapatkan.

Kalau di bidang hukum, HAKI ialah abreviasi dari hak atas kekayaan intelektual. Ini ada kaitannya dengan derma dan penggunaan hak cipta. Akan tetapi, HAKI yang bakal saya bahas kini merupakan abreviasi dari hak-hak reproduksi. Wah, bosan ya, bolak-balik mengupas persoalan yang satu ini? Sekadar mengingatkan saja, sebagai dewasa kita punya sepuluh hak reproduksi yang sepantasnya kita pertahankan.

Dari sepuluh itu, salah satunya ialah mendapat informasi yang sempurna mengenai reproduksi remaja. Agar kita sanggup tahu dan sanggup memilih pilihan atas diri dan kesehatan reproduksi kita. Nah, yang paling penting nih, kita sanggup bertanggung jawab atas pilihan tadi sehingga tidak bakal menyesal di kemudian hari.

Sudah menjadi belakang layar umum, jika ada sepasang kekasih yang terjerumus melaksanakan hubungan seksual sebelum menikah. Peristiwa itu terjadi alasannya mereka tidak tahu cara mengontrol diri dan mengabaikan pemikiran agama. Mereka juga tidak tahu cara mengindari diri dari perbuatan itu. Akibatnya, mereka menyesal, kemudian terpikir untuk aborsi. Seram, kan? Itu hanya salah satu pola jawaban ketidakpedulian kita atas hak kita untuk mendapat informasi yang benar perihal diri, seksualitas, permasalahan reproduksi dewasa lain, dan tentu saja alasannya lemahnya iktikad pada diri mereka.

Bersyukurlah sekali jika orang bau tanah kita berbaik hati mau menyebarkan dan terbuka sama kita perihal apa saja yang kita tanyakan sama mereka. Masalahnya, buat orang bau tanah juga ternyata tidak segampang itu membicarakan soal seks, reproduksi remaja, dan banyak sekali informasi lain.

Nah, untungnya kita sudah bersahabat dengan teknologi internet. Media ini memungkinkan kita untuk mencari informasi semua kebutuhan kita. Banyak situs di internet yang menyediakan banyak sekali informasi perihal seksualitas dan reproduksi remaja. Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua: ia sanggup bersifat sebagai sobat alias penyedia informasi yang tepat, tapi sanggup juga sebagai devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang bakal kita kunjungi.

Selamat berakrab-akraban dengan internet. Jadikanlah wahana yang satu ini sebagai penambah wawasan. Internet sanggup dijadikan sobat setia dalam menjalani hidup ini. Kita tidak tertipu apalagi terjerumus pada hal-hal yang merugikan diri sendiri dan juga dihentikan oleh agama.

(Sumber: Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII. Halaman 187-188)

Dalam buku teks bahasa Indonesia kelas VIII, ada pertanyaan sebagai berikut:

1. Bacalah teks di bawah ini dengan baik!
2. Secara berdiskusi, petakanlah struktur teks tersebut dengan terang dan tepat!

Jadi, kita perlu petakan masing-masing strukturnya.

Struktur teks persuasi: Pengenalan Isu
Paragraf: 1 (Satu) dan 2 (dua)
Alasan: Pada bab ini dikenalkan informasi perihal Haki (Hak-hak reproduksi)

Struktur teks persuasi: Rangkaian Argumen
Paragraf: 3 (tiga); 4 (empat); 5 (lima)
Alasan: Pada paragraf empat dipaparkan mengenai alasan (argumen) pentingnya Haki bagi para remaja. Salah satunya Agar mengetahui dan sanggup memilih pilihan yang bertanggung jawab.

Struktur teks persuasi: Ajakan-ajakan
Paragraf:  6 (enam)
Alasan: Pada ketiga paragraf ini, terdapat ajakan-ajakan. Ajakan untuk mencari informasi yang positif dari internet perihal Haki (paragraf 6). 

Struktur teks persuasi: Penegasan Kembali
Paragraf: 7 (Tujuh)
Alasan: Pada bab paling simpulan ini, ada penegasan kembali bahwa internet sanggup dipakai sebagai penambah wawasan dan sumber informasi yang kita butuhkan.

Untuk Kaidah Kebahasaan sanggup dibaca dalam postingan: Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi Internet dan haki.

Demikian hasil menelaah teks persuasi 'Internet dan Haki'. Untuk pembahsaan (telaah) dari segi kebahasaan, sanggup dibaca dalam postingan berikutnya ini.

0 Response to "Menelaah Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi 'Internet Dan Haki'"

Total Pageviews