Latest News

Makna Dan Asal-Usul Kata Sabtu

Sabtu yakni salah satu nama hari. Hari Setelah Jumat dan sebelum Minggu. Sabtu sering disebut sebagai selesai pekan. Dalam Bahasa Inggris weekend mencakup hari Sabtu dan hari Minggu.

Kata Sabtu sudah ada dalam kosakata Bahasa Indonesia semenjak lama. Selain terdapat dalam Bahasa Indonesia, kata 'Sabtu' sebagai nama hari juga ada dalam Bahasa Melayu atau Bahasa Malaysia.

Kata Sabtu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Pusat Bahasa, memiliki Makna:

"hari ke-7 dalam jangka waktu satu minggu"

Jadi, dalam sistem penghitungan hari dalam seminggu yang diterapkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, hari pertama dalam seminggu yakni hari Minggu. Hal ini tentu memiliki dasar.

Dasar penetapan awal pekan dimulai hari Minggu tentu merujuk pada akar kata yang diserap dari bahasa Arab.

Kata 'Sabtu' dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Arab 'assabt' (السبت). Dalam bahasa Arab kata assabt ini memiliki akar kata yang sama dengan sab'atun (سبعة) yang Maknanya: tujuh

Sementara dalam bahasa Jawa, Sabtu disebut Setu. Bisa jadi, berasal dari sabtu - sebtu - setu. Huruf b luluh dan melesap seiring proses penyerapannya ke dalam bahasa Jawa. (Tentu bab ini yakni opini sebenar-benarnya opini. hehehe).

Yang Jelas, Sabtu identik dengan selesai pekan yang banyak dipakai oleh orang untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan. Karena biasanya besoknya yakni hari libur. Baik bagi orang yang masih sekolah, maupun yang sudah bekerja. 

Yang unik lagi, hari Sabtu malam, disebut Malam Minggu. Bukan Sabtu malam. Harusnya kan hari sabtu malam, sabtu yang sudah malam. Tapi malah disebut malam minggu. Mungkin ini imbas dari bahasa Jawa. Malam Jumat, berMakna hari Kamis malam. 

Keunikan lainnya, malam ahad disebut malam panjang. 

Bagaimana dengan, Anda?

0 Response to "Makna Dan Asal-Usul Kata Sabtu"

Total Pageviews