Latest News

Membuat Telaah Struktur Teks Kisah Fantasi Berguru Dari Gajah Mada

Salah satu bab dalam buku teks bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas VII (7) yaitu menciptakan telaah terhadap struktur teks kisah fantasi. Maksud dengan telaah, yaitu pencermatan terhadap sebuah teks kisah fantasi.

Karena yang bakal ditelaah yaitu sebuah teks kisah fantasi menurut struktur teksnya, maka harus diketahui terlebih dahulu apa saja struktur teks kisah fantasi.



Adapun struktur teks kisah fantasi mencakup tiga pokok utama, yaitu adanya orientasi, komplikasi, dan orientasi.

Seperti yang telah diketahui, stuktur teks kisah fantasi bab orientasi berisi pengenalan bab cerita. Baik latar maupun tokoh yang terdapat dalam teks kisah fantasi tersebut. Bagian komplikasi teks fantasi menggambarkan permasalahan-permasalahan yang dialami oleh para tokoh dalam cerita. Sementara bab resolusi, berisi perihal cara menuntaskan duduk kasus (komplikasi).

Dalam menciptakan telaah teks kisah fantasi, diharapkan dua hal pokok. Yaitu pemahaman terhadap struktur teks cerita, ibarat yang telah dijelaskan di atas. Juga pemahaman terhadap kisah yang sedang ditelaah.

Nah, dalam goresan pena kali ini, yang bakal ditelaah yaitu teladan teks kisah fantasi yang berjudul Belajar dari Gajah Mada. Untuk lebih mengenal siapa sih bekerjsama Patih Gajah Mada itu. Bisa dibaca dalam Maknakel: Biografi Singkat Gajah Mada, Candi Trowulan dan Teks Cerita Fantasi

Ada baiknya, sebelum menciptakan telaahnya lebih dulu dibaca teks kisah fantasi 'Belajar dari Gajah Mada'.

Setelah membaca teks kisah fantasi 'Belajar dari Gajah Mada' kita sanggup melanjutkan untuk menelaahnya.

Di buku teks bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama kelas 7, sudah ada teladan telaah terhadap teks kisah fantasi. Contoh telaah itu sengaja dibentuk rumpang, semoga siswa berlatih sendiri untuk melengkapinya. Akan tetapi, biasanya siswa tetap kesulitan membuatnya. Maka dari itu, dalam Maknakel ini disediakan hasil telaah yang masih rumpang, sekaligus satu teladan telaah teks kisah fantasi Belajar dari Gajah Mada yang sudah utuh.

Contoh telaah teks kisah fantasi Belajar dari Gajah Mada menurut struktur teksnya.

(Contoh yang masih rumpang/belum lengkap).

Cerita fantasi yang berjudul Belajar dari Gajah Mada memiliki bab struktur erita yang lengkap yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi. Alur dimulai dari orientasi, komplikasi, dan diakhiri resolusi. Bagian orientasi berupa ....................................................................................................
.......................................................

Bagian komplikasi berupa ................................................................................................................. ...................... ........................................... ............................

Bagian resolusi berupa.................................. .................................................................................. ....................... .................................. ......................................

Cerita fantasi tersebut memakai latar lintas waktu. Cerita dimulai dengan latar Candi Penataran lalu tokoh mengalami insiden asing yang membawa para tokoh ke zaman Kerajaan Majapahit.


Contoh telaah teks kisah fantasi Belajar dari Gajah Mada yang sudah lengkap.

Cerita fantasi yang berjudul Belajar dari Gajah Mada memiliki bab struktur erita yang lengkap yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi. Alur dimulai dari orientasi, komplikasi, dan diakhiri resolusi. Bagian orientasi berupa pemaparan perihal bawah umur yang sedang melaksanakan kiprah penelitian di Candi Trowulan.

Bagian komplikasi berupa rangkaian masalah-masalah yang dialami oleh para siswa. Anak-anak itu menerima duduk kasus alasannya yaitu tidak sanggup pulang. Jika ingin pulang harus sanggup memberi tanggapan yang memuaskan. Jawaban para anak itu masih kurang memuaskan Gajah Mada alasannya yaitu hanya menurut kepandaian otak. Maka, bawah umur itu lalu memperlihatkan tanggapan yang memperlihatkan perjuangan untuk menjadi baik. Belajar jujur dengan tidak mencontek. Belajar disiplin dengan tidak terlambat. Sopan dan menghargai orang lain.

Bagian resolusi berupa kembalinya bawah umur tersebut sehabis memperlihatkan tanggapan yang memperlihatkan bahwa mereka sedang berguru menjadi anak baik. Jadi, yang terpenting dan lebih dihargai oleh Gajah Mada yaitu menjadi orang baik. Bukan sekadar menjadi orang pandai saja.

Cerita fantasi tersebut memakai latar lintas waktu. Cerita dimulai dengan latar Candi Penataran lalu tokoh mengalami insiden asing yang membawa para tokoh ke zaman Kerajaan Majapahit.

Baca Juga:
- Komplikasi dan Rangkaian Peristiwa Teks Belajar dari Gajah Mada
- Resolusi (Penyelesaian Masalah) Teks Belajar dari Gajah Mada

Demikian teladan telaah struktur teks kisah fantasi berguru dari Gajah Mada. Jadi, saat ada soal dari guru, 'buatlah telaah struktur teks kisah fantasi!' sanggup menciptakan ibarat ini ya. Kalau ceritanya beda, bukan Cerita Belajar dari Gajah Mada. Tinggal menyesuaikan saja.

0 Response to "Membuat Telaah Struktur Teks Kisah Fantasi Berguru Dari Gajah Mada"

Total Pageviews