Latest News

Menjelaskan Makna Slogan Dan Tujuannya

Slogan, bersama iklan dan poster, menjadi salah satu bahan dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII (Delapan) untuk tingkat SMP/MTs. Materi perihal Slogan, Iklan, dan Poster tidak sanggup dipisahkan satu sama lain sebab memiliki keterkaitan yang sangat kuat.

Kali ini, hal yang bakal dibahas sebatas pada slogan. Tujuan adanya bahan slogan tentu semoga siswa sanggup memahami slogan, memahami makna slogan, serta jadinya sanggup menciptakan slogan yang menarik untuk banyak sekali tujuan dan kebutuhan.

Salah satu cara untuk sanggup memahami slogan dan menciptakan slogan, yaitu dengan cara memahami pengertiannya terlebih dahulu. Meskipun membaca atau mengetahui pengertian tekstual sebuah slogan, belum tentu memahami maksud dan tujuan sebuah slogan.

Maka dari itu, dalam Maknakel kali ini, bakal dijelaskan perihal pengertian slogan, serta memahami beberapa makna pola slogan serta tujuan penulisan slogan-slogan tersebut.

Dalam buku teks bahasa Indonesia untuk kelas VIII (Kelas 8) terdapat pola soal latihan menyerupai ini:

Jelaskan makna slogan-slogan berikut ini! Ditujukan kepada siapa slogan-slogan ini?

Slogan:
Buku yaitu Jendela Ilmu Pengetahuan

Makna:
Buku itu semacam jendela. Maka, dengan membaca buku kita sanggup melihat ilmu pengetahuan yang ada di dalamnya. Meskipun kita tidak terlibat praktik eksklusif sebuah percobaan ilmu pengetahuan, tapi sebab kita membaca buku kita sanggup melihat hasil percobaan sebuah ilmu pengetahuan tersebut.

Pihak Tertuju:
Slogan tersebut ditujukan untuk semua orang. Lebih khusus untuk para siswa atau pelajar.

Slogan:
Mulutmu Harimaumu

Makna:
Slogan tersebut memiliki makna bahwa ekspresi kita sanggup menerkam dan membahayakan kita. Maksudnya adalah, setiap ucapan yang keluar dari diri kita harus hati-hati dan dijaga. Karena sanggup menyakiti orang lain bahkan sanggup mencelakai diri kita sendiri. Bisa jadi sebab tidak hati-hati dalam berbicara, ada orang yang sakit hati lalu hendak mencelakai diri kita.

Pihak Tertuju:
Slogan Mulutmu Harimaumu ditujukan kepada setiap orang. Khususnya yang terbiasa berbicara di muka umum. Agar lebih hati-hati dalam berbicara.

Slogan:
Surga Ada di Telapak Kaki Ibu

Makna:
Slogan 'Surga Ada di Telapak Kaki Ibu' memiliki makna 'kita harus menghormati ibu semoga sanggup mendapat kebahagiaan'. Jika ingin mendapat sebuah yang indah, yang baik, yang membahagiakan kita harus membahagiakan dan menghormati orang tua, lebih-lebih seorang ibu.

Pihak Tertuju:
Pihak tertuju dari slogan ini yaitu seorang anak. Baik yang masih muda maupun yang sudah berumur. Selama dalam posisi sebagai seorang anak (memiliki orang tua: ayah dan ibu) baik masih kecil dan muda maupun sudah tua.

Slogan:
Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh

Makna Slogan:
Slogan di atas memiliki makna, "sebagai sesama bangsa, warga negara Indonesia harus bersatu padu untuk meneguhkan sebuah eksistensi negara. Kalau bermusuhan, bangsa Indonesia bakal menjadi bangsa yang kecil.

Pihak Tertuju:
Pihak yang dituju dari poster di atas yaitu seluruh warga negara Indonesia.

Slogan:
Pembeli yaitu Raja

Makna Slogan:
Berdasarkan slogan tersebut, sanggup diketahui maknanya yaitu seorang pembeli harus dilayani sebaik mungkin. Bagaikan seorang raja. Apapun yang diinginkan oleh pembeli harus dilayani. Agar penjualan produk sanggup meningkat.

Pihak Tertuju:
Yang dituju oleh slogan 'Pembeli yaitu Raja' yaitu para pengusaha dan pemilik toko. Maka, pembeli atau konsumen harus dilayani dengan baik.

Demikian klarifikasi perihal slogan dalam bahan Teks Iklan, Slogan, dan Poster. 

0 Response to "Menjelaskan Makna Slogan Dan Tujuannya"

Total Pageviews