Latest News

Watak Tokoh Dalam Teks Fantasi 'Aku Dan Bung Tomo' Versi Pustamun

Teks kisah fantasi yang berjudul 'Aku dan Bung Tomo' ada beberapa versi. Apalagi dikala kita cari di internet. Hal ini alasannya yakni memang judul 'Aku dan Bung Tomo' merupakan salah satu pola judul yang terdapat dalam buku teks bahasa Indonesia. Judul ini harus dikembangkan menjadi cerita. Maka, masing-masing orang sanggup membuatkan ceritanya sendiri. Meskipun judulnya sama.

Dalam pustamun.blogspot.com juga ada salah satu versi kisah teks fantasi 'Aku dan Bung Tomo'. Bisa dibaca dengan cara KLIK DI SINI.


Nah, menurut pola teks kisah fantasi 'Aku dan Bung Tomo'  yang ada di dalam blgo ini, sanggup dianalisis unsur intrinsiknya. Khususnya ditinjau dari segi budbahasa tokoh. Berikut ini hasil analisis budbahasa tokoh dalam teks kisah fantasi Aku dan Bung Tomo versi pustamun.blogspot.com

Analisis Teks Cerita Fantasi Aku dan Bung Tomo

Tokoh dalam Teks Cerita Fantasi

Tokoh dalam teks kisah fantasi Aku dan Bung Tomo di sini sanggup dibagi menjadi dua. Yaitu tokoh utama dan tokoh figuran.

Tokoh utama yakni tokoh 'aku' yang sedang berjalan melintasi ruang waktu sehingga bertemu dengan tokoh 'Bung Tomo'. Kaprikornus ada dua tokoh utama, yaitu tokoh 'Aku' dan tokoh 'Bung Tomo'.

Ada pula tokoh figuran, tidak tampak sifat dan wataknya tapi mendukung jalannya cerita. Meskipun tidak disebutkan nama tokohnya tapi disebutkan kiprahnya yaitu 'para pejuang' dan 'tentara Jepang - Sekutu'.

Untuk tokoh figuran tidak sanggup dianalisis lebih jauh.

Watak Tokoh dalam Teks Cerita Fantasi

ibarat yang telah dijelaskan di atas. Tokoh yang sanggup dinalaisis yakni tokoh 'Aku' dan tokoh 'Bung Tomo'. Berikut ini beberapa budbahasa tokoh tersebut yang sanggup dianalisis menurut kisah dalam teks kisah fantasi.

Watak Tokoh Bung Tomo

Dalam teks kisah tersebut, tokoh 'Bung Tomo' memiliki beberapa sifat berikut ini.

Pemberani: Watak ini tampak dari ucapan Bung Tomo kepada tokoh 'Aku'. Bung Tomo berani melawan penjajah meskipun senjata yang dimiliki sama sekali tidak sebanding. Jika hanya melihat kekuatan senjata yang dimiliki maka hampir dipastikan tentara pejuang Indonesia bakal kalah dibanding tentara Jepang-Sekutu.

Tanggung Jawab: Tangggung jawabnya budbahasa Bung Tomo tampak dalam bab kisah yang menggambarkan Bung Tomo turun tangan ikut berperang. Tidak hanya mengomando dari jauh. Bahkan ikut terkepung musuh.

Watak Tanggung Jawab Bung Tomo juga tampak dikala Bung Tomo menyuruh 'Aku' untuk pergi ke tempat aman.

Religius: Watak Bung Tomo sebagai orang yang religius tampak pada  bab yang menceritakan Bung Tomo memberi tahun kepada tokoh 'Aku' bahwa memang kalah urusan Tuhan. Dari sini, sanggup diketahui bahwa Bung Tomo memiliki keimanan yang tinggi, memasrahkan segala kejadian kepada Tuhan. Bung Tomo hanya berharap, jikalau pun harus mati. Semoga sanggup mati syahid membela kebenaran.

Watak Tokoh 'Aku'

Watak Tokoh 'Aku' dalam kisah Fantasi Aku dan Bung Tomo ada beberapa juga. Hal ini tampak dari percakapan tokooh dan perilakunya. Berikut ini beberapa sifat yang dimiliki (watak) tokoh 'Aku':

Religius-Rajin Beribadah: Hal ini tampak dalam bab awal cerita. Diceritakan bahwa, tokoh 'aku' final salat. Salat yakni satu kewajiban umat beragama.

Rajin Belajar: Watak ini juga tampak pada bab awal cerita. Pada bab awal ini. Tokoh 'Aku' sedang mengerjakan kiprah pelajaran IPS dari sekolahnya.

Pemberani: Keberanian Tokoh Aku tergambar dari kisah yang menjelaskan tokoh Aku mengikuti Bung Tomo bersembunyi. Tidak malah kabur.

Berpikir Cepat: Tokoh aku, juga sanggup berpikir cepat dan rela berkorban. Dia berpikir cepat untuk sanggup memakai HPnya untuk menghubungi markas pejuang. Tokoh Aku juga mau menunjukkan HPnya kepada Bung Tomo.

Demikian Watak Tokoh dalam Cerita Fantasi Aku dan Bung Tomo dari versi pustamun. Semoga sanggup menunjukkan citra dalam menganalisis Watak Tokoh dalam Teks Cerita Fantasi. Salam Pustamun!

0 Response to "Watak Tokoh Dalam Teks Fantasi 'Aku Dan Bung Tomo' Versi Pustamun"

Total Pageviews