Latest News

Pembahasan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smk 2019 | Alternatif Jawaban


Pembahasan Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah kejuruan 2019


USBNBK itu akronim untuk Ujian Sekolah Berstandard Nasional Berbasis Komputer, yang mulai diterapkan sejak  tahun 2019 ini.  Tapi, dalam USBN kali ini, tidak semuanya berbasis komputer, ada soal uraian yang harus dikerjakan memakai media kartas. Tapi, soal gres dikirim sehari sebelum pelaksanaan USBNBK untuk menghindari kebocoran soal. Meskipun sepenuhnya diserahkan kepada pihak sekolah, pelaksanaan USBN BK haruslah tetap menjunjung profesinalitas satuan pendidikan.

Pada hari H pelaksaan USBN BK mata pelajaran Bahasa Indonesia, ada salah satu mitra yang mengajar di Sekolah Menengah kejuruan mengirim soal kepada saya. Saya baca, saya usahakan jawab. Setelah membaca soal uraian USBN-BK untuk Sekolah Menengah kejuruan (entah SMA, sama atau tidak). Ternyata yang ditanyakan oleh mitra yang berinisial Ababal Ghussoh yaitu soal USBN BK mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Maka dari itu, di sini sekaligus diberikan tumpuan soal dan alternatif tanggapan serta pembahasan Soal Uraian USBN Bahasa Indonesia tahun 2019. Soal yang dibahas dalam Maknakel ini yaitu Soal USBN BK Mata Pelajaran bahasa Indonesia jenis uraian paket 1.


Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Soal Uraian USBN-BK 1.
Candi Borobudur bukan satu-satunya candi yang memuat relief tanaman, termasuk buah. Candi Prambanan juga memuat beberapa relief yang serupa. Sedangkan Candi Kalibukbuh di Bali didominasi dengan ornamen yang lebih kecil menyerupai sulur flora dan daun.

Makna istilah relief dan ornamen yang terdapat dalam kutipan informasi tersebut adalah...

Jawaban:
Relief yaitu hiasan berupa pahatan pada watu yang terdapat pada dinding-dinding candi.
Ornamen yaitu hiasan yang terdapat pada candi.

Pembahasan:
Dalam beberapa hal, relief memiliki makna yang serupa dengan ornamen. Tapi relief lebih identik dengan candi. Biasanya, pahatan yang terdapat bangunan lain selain candi tidak disebut relief. Sementara, ornamen tidak hanya berupa pahatan, ada yang berupa bentuk tiga dimensi.


Soal Uraian USBN-BK 2.
Puisi: Penerimaan
Karya Chairil Anwar
Kalau kamu mau kuterima kamu kembali
dengan sepenuh hati
Aku masih tetap sendiri
Kutahu kamu bukan yang dulu lagi
 Bak kembang sari sudah terbagi
Jangan tunduk
Tentang saya dengan berani
Kalau kamu mau kuterima kamu kembali
Untukku sendiri tapi
Sedang dengan cermin saya enggan berbagi

Tunjukkan majas perumpamaan (simile) dalam puisi tersebut?

Jawaban:
Bak kembang sari sudah terbagi

Pembahasan:
Majas simile yaitu majas perumpamaan dalam Bahasa Indonesia yang ditandai dengan pengunaan kata pembading. Kata pembanding dalam majas simile antara lain: Seperti, laksana, bagaikan, bagai, bak.

Dalam tumpuan puisi di atas, majas simile memakai kata pembanding ‘bak’ dalam larik puisi Bak kembang sari sudah terbagi.


Soal Uraian USBN-BK 3

Walaupun petugas keamanan sering merazia, tetapi pedagang kaki lima tetap bermain kucing-kucingan.

Kalimat tersebut sanggup diperbaiki menjadi…

Jawaban:
Walaupun sering dirazia petugas keamanan, pedagang kaki lima tetap bermain kucing-kucingan.
Sering dirazia petugas keamanan, tetapi pedagang kaki lima tetap bermain kucing-kucingan.

Pembahasan:
Ketidak-efektifan kalimat dalam soal di atas alasannya yaitu adanya penggunaan walaupun dan tetapi sekaligus. Harsunya bisa digunakan salah satunya saja.

Selain itu, juga alasannya yaitu adanya ketidakserasian antara subjek dan predikat. Pada anak klausa pertama, dalam soal yang menjadi subjek yaitu petugas keamanan, sementara pada klausa kedua subjeknya adalah pedagang kaki lima. Maka, harus diselaras-serasikan. Jadi, dirazia bukan merazia.

Soal Uraian USBN-BK 4

Ketika berkunjung ke Indonesia, Presiden Amerika dikawal 100 prajurit.

Tentukan kata yang penulisaannya salah, lalu betulkan!

Jawaban:
100 seharusnya ditulis seratus.

Pembahasan:
Bilangan dalam teks yang sanggup dinyatakan dengan satu atau dua kata ditulis dengan huruf, kecuali jikalau digunakan secara berurutan menyerupai dalam perincian.

Misalnya:
Mereka menonton drama itu hingga tiga kali.
Koleksi perpustakaan itu lebih dari satu juta buku.
Di antara 72 anggota yang hadir, 52 orang setuju, 15 orang tidak setuju, dan 5 orang abstain.
Kendaraan yang dipesan untuk angkutan umum terdiri atas 50 bus, 100 minibus, dan 250 sedan
Soal Uraian USBN BK 5

Banyak tayangan televisi mempertontonkan gaya hidup masyarakat kelas atas. Tayangan-tayangan tersebut sanggup memengaruhi perubahan gaya hidup anak. Anak bakal mencoba gaya hidup tersebut meskipun tidak sesuai dengan kemampuan keluarganya. Akibatnya, anak bakal memeiliki obsesi tinggi terhadap isi tayangan tersebut. Contohnya, anak bakal aib memakai benda-benda tidak bermerek terkenal. Jika orang bau tanah tidak sanggup memenuhi obsesi tersebut, anak cenderung menawarkan perilaku membangkang.

Tentukan pandangan gres pokok dalam paragraf tersebut, lalu jelaskan!

Jawaban:
Anak cenderung membangkang alasannya yaitu terobesi gaya hidup dalam tayangan di televisi.

Pembahasan:
Ide pokok yaitu hal yang menjiwai seluruh paragraf. Dalam pargraf di atas yang menjadi pokok pembahasan yaitu gaya hidup anak yang dipengaruhi oleh tayangan televisi.  Kalimat utamnya ada di simpulan paragraf berupa penegasan. Jik orang bau tanah tidak sanggup memenuhi obsesi tersebut, anak cenderung menawarkan perilaku membangkang. Nah, obsesi tersebut merujuk pada imbas dari tayangan televisi yang menawarkan kemewahan.

Demikian klarifikasi dan pembahasan soal bahasa Indonesia dalam USBN untuk Sekolah Menengah kejuruan (atau juga SMA) tahun 2019.

0 Response to "Pembahasan Soal Usbn Bahasa Indonesia Smk 2019 | Alternatif Jawaban"

Total Pageviews