Latest News

Pecokor Istilah Turunan Dari Pelakor | Klarifikasi Makna Pecokor

pustamun.blogspot.com - Seperti yang telah dibahas dalam Maknakel postingan sebelumnya di blog ini, pelakor itu singkatan dari Perebut Laki Orang. Laki itu bersinonim dengan suami. Nah, dalam statistik blog bab 'istilah pencarian' ada yang mencari istilah 'Pecokor'.

Saya tidak pernah punya rujukan mengenai pecokor ini. Asal tebak saja, pecokor adalah singkatan dari Perebut CowoK Orang. Jadi, ada yang enggan memakai istilah pelakor, alasannya masih belum jadi lakinya masih belum menjadi suaminya, 'hanya' hubungan tanpa status yang terang yaitu 'cowok' alias pacar.

Nah, jadi pecokor itu yaitu cewek atau anak wanita yang telah merebut perjaka dari cewek lain. Pecokor, istilah mudahnya yaitu tukang tikung pacar teman. Perbedaan kalau istilah tukang tikung bisa dipakai untuk anak wanita maupun laki-laki, pecokor hanya dipakai untuk menyebut anak perempuan.

Masalah Pecokor

Masalah yang ditimbulkan seiring munculnya istilah pecokor, bukan sekadar problem bahasa. Munculnya istilah gres yang dapat jadi nanti diakomodasi oleh masyarakat luas, yang ujung-ujungnya harus masuk dalam Kamus.

Pecokor menjadi masalah yang lebih serius jikalau dilihat dari segi sosial dan moral. Pecokor menawarkan adanya istilah 'pacar' dan 'pacaran'. Dalam kondisi pacaran itu, para pelaku memiliki anggapan bahwa dia punya pasangan dan pasangan itu yaitu miliknya yang dihentikan diganggu oleh orang lain. Padahal sesungguhnya sama sekali tidak ada ikatan dan bukti resmi. Yang ada hanya janji bersama, antara kedua belah pihak. Bahkan tanpa saksi tanpa persetujuan orang tua.

Adanya istilah pecokor juga istilah tukang tikung, bisa jadi menawarkan bahwa kegiatan pacarannya seolah-olah tindakan yang sah, dibenarkan oleh lingkungan, dibenarkan oleh agama, dan dibenarkan oleh negara. Padahal negara tidak megatur pasal pacaran, agama bahkan melarang pacaran dengan segala akhir buruknya.

Ya, agar adanaya istilah pecokor tidak dapat menjadi viral, dan ekstrem tidak terarah sehingga memunculkan pecokor yang kualitas dan kebanggaannya menyerupai dengan pelakor. Yang seolah menjadi pembenaran diri dan pujian diri.

Semoga juga tidak muncul juga istlah pecekor alias perebut cewek orang. Indonesia dan generasi muda Indonesia seharusnya tidak disibukkan dengan hal yang remeh-temeh menyerupai ini. Generasi muda Indonesia harusnya dipersiapkan untuk memajukan potensi diri untuk kemajuan dirinya juga bangsanya.

Tapi apa ya mungkin di samping istilah pelakor dan pebinor; pecokor dan pecekor; bisa muncul istilah Pekara alias Penyulut Kebanggaan Negara. Mungkin saja.... Semoga.

0 Response to "Pecokor Istilah Turunan Dari Pelakor | Klarifikasi Makna Pecokor"

Total Pageviews