Latest News

14 Bagian-Bagian Bunga Beserta Fungsinya

Bunga yaitu modifikasi suatu tunas yg bentuk, warna, dan susunannya diubahsuaikan dengan kepentingan tumbuhan khususnya sebagai alat reproduksi seksual tumbuhan. Bunga umumnya mempunyai warna yg menarik dan berbau harum/menyengat. Tujuannya supaya menarik binatang pembantu penyerbukan. Bunga yg telah dibuahi bakal menghasilkan buah yg berisi biji. Biji inilah yg bakal menjadi calon individu baru. Berikut yaitu bagian-bagian bunga beserta fungsinya. Langsung saja kita simak yg pertama:
Baca juga: 14 Ciri Khusus Tumbuhan dan Manfaatnya
 Bunga yaitu modifikasi suatu tunas yg bentuk 14 Bagian-Bagian Bunga Beserta Fungsinya

1. Kepala Putik

Kepala putik atau stigma yaitu penggalan dari putik yg terletak di ujung putik. Putik merupakan organ reproduksi betina dari tumbuhan berbunga. Pada permukaan kepala putik terdapat struktur mirip rambut yg berfungsi sebagai perangkap serbuk sari. Kebanyakan kepala putik dilapisi dengan zat lengket lilin yg basah, tujuannya supaya serbuk sari yg ditangkap tidak terbang terbawa angin juga untuk membasahi serbuk sari kering supaya sanggup memasuki ovarium. Manfaat kepala putik yaitu menerika serbuk sari selama proses penyerbukan.

2. Tangkai Putik

Tangkai putik atau stilus (style) yaitu tangkai panjang dan ramping yg menghubungkan kepala putik dan ovarium. Putik yaitu organ reproduksi betina. Manfaat tangkai putik yaitu sebagai jalur serbuk sari untuk menuju ovarium dan untuk meninggikan kepala putik supaya lebih Mudah menangkap serbuk sari.

3. Benang Sari

Benang sari atau stamen yaitu organ reproduksi jantan pada bunga. Benang sari terdiri dari tangkai sari, kepala sari, dan serbuk sari. Manfaat benang sari yaitu sebagai alat reproduksi jantan pada tumbuhan berbunga dengan Caranya menghasilkan serbuk sari.

4. Tangkai Sari

Tangkai sari atau filamen yaitu penggalan dari benang sari yg menghubungkan bunga dengan kepala sari. Manfaat tangkai sari yaitu untuk membawa nutrisi ke kepala sari untuk perkembangan serbuk saridan meninggikan posisi kepala sari supaya Mudah dihinggapi serangga atau terbawa angin.

5. Kepala Sari

Kepala sari atau anther yaitu penggalan dari benang sari yg merupakan lokasi memproduksi serbuk sari. Manfaat kepala sari yaitu sebagai lokasi terjadinya meiosis yg menghasilkan serbuk sari dan menyimpan serbuk sari.

6. Serbuk Sari

Baca juga: 12 Divisi Kingdom Plantae (Tumbuhan)
Serbuk sari atau pollen yaitu penggalan dari benang sari yg merupakan alat reproduksi jantan pada bunga berupa butiran halus dan kering yg mengandung mikrogametofit. Serbuk sari disimpan di dalam kepala sari dalam keadaan kering dengan kelembaban kurang dari 20%. Kepala sari sanggup pecah dan melepaskan serbuk sari ke udara. Saat menempel pada kepala putik, serbuk sari bakal direhidrasi sehingga sanggup memasuki ovarium. Manfaat serbuk sari yaitu untuk membawa mikrogametofit kepada putik supaya terjadi proses pembuahan.

7. Sumbu bunga

Sumbu bunga atau floral axis yaitu area bunga lokasi organ reproduksi dan organ pendukung lainnya melekat. Sumbu bunga juga menjadi titik tengah diagram bunga. Manfaat sumbu bunga yaitu sebagai titik pelekatan organ-organ bunga mirip putik, benang, sari, kelopak, mahkota bunga, dll.

8. Tangkai Bunga

Tangkai bunga atau pedicel yaitu penggalan bunga yg berada di paling bawah bunga. Beberapa spesies mempunyai tangkai bunga bercabang untuk menopang beberapa bunga. Manfaat tangkai bunga yaitu untuk menopang bunga, memberi nutrisi ke bunga, dan mengarahkan bunga ke matahari atau pada posisi yg menarik serangga penyerbuk.

9. Kelenjar Nektar

Kelenjar nektar atau nectaries yaitu kelenjar yg menghasilkan nektar atau sari bunga. Kelenjar ini biasanya berada di dasar embel-embel bunga atau periantheum. Nektar merupakan cairan kaya gula yg menjadi penarik binatang penyerbuk alasannya yaitu nektar merupakan sumber makanan bagi binatang mirip lebah. Manfaat kelenjar nektar yaitu untuk menghasilkan nektar sebagai pemikat binatang penyerbuk untuk mendekatinya dan membantu proses penyerbukan.

10. Bakal Buah

Bakal buah atau ovarium adalah penggalan dari putik yg merupakan organ reproduksi betina bagi bunga. Ovarium mengandung ovulum yg bermetamorfosis biji setelah pembuahan, setelah itu ovarium bakal menjadi buah yg berisi benih/biji. Manfaat bakal buah yaitu untuk menghasilkan buah yg menyimpan biji setelah terjadi proses pembuahan.

11. Bakal Biji

Baca juga: 16 Manfaat Tumbuhan Berbiji bagi Manusia
Bakal biji atau ovulum (ovule) yaitu struktur bunga yg mengandung kantung embrio. Ovulum merupakan dasar dari sistem reproduksi betina untuk bunga dan menjadi penggalan dari putik. Manfaat bakal biji yaitu untuk menghasilkan biji setelah pembuahan. Biji yaitu embrio tumbuhan yg tertutup oleh pelindung luar dan bakal menjadi calon tumbuhan baru.

12. Perhiasan Bunga

Perhiasan bunga atau periantheum yaitu penggalan bunga yg tidak bereproduksi dan membentuk struktur penyelubung yg mengelilingi organ seksual bunga. Perhiasan bunga terdiri dari mahkota bunga dan kelopak bunga. Fungsinya yaitu sebagai penarik serangga yg bakal membantu proses penyerbukan.

13. Mahkota Bunga

Baca juga: 7 Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae
Mahkota bunga atau corolla yaitu penggalan bunga yg berwarna, tidak sama dengan kelopak bunga yg berwarna hijau. Mahkota bunga menjadi ciri utama sebuah bunga dan memberi warna pada bunga. Jumlah mahkota pada setiap bunga majemuk mulai dari dua, tiga, empat, lima, dan kelipatannya. Manfaat mahkota bunga yaitu untuk menarik perhatian binatang penyerbuk alasannya yaitu mempunyai warna yg cerah.

14. Kelopak Bunga

Kelopak bunga atau calyx yaitu struktur mirip daun di dasar bunga. Warnanya yg hijau mirip daun membedakannya dengan mahkota bunga yg berwarna cerah. Manfaat kelopak bunga yaitu untuk melindungi bunga selama masa perkembangan.

0 Response to "14 Bagian-Bagian Bunga Beserta Fungsinya"

Total Pageviews