Latest News

Pengertian Kinematika (Maknakel Komplit)

Kinematika yaitu cabang dari mekanika klasik yg menggambarkan gerak suatu objek atau sekelompok objek tanpa mempertimbangkan gaya penyebab gerak. Dalam bahasa Inggris “kinematika” disebut kinematics. Misalnya gerak jatuh benda yg tidak memperhatikan gaya gesek dari udara atau gerak bola menggelinding yg tidak memperhatikan gaya gesek dari permukaan lantai. Kinematika mempelajari persamaan untuk menggambarkan gerak benda.

Kinematika yaitu cabang dari mekanika klasik yg menggambarkan gerak suatu objek atau se Pengertian Kinematika (Maknakel Komplit)

1. Asal Mula Kata Kinematika

Etimologi istilah “kinematika” berasal dari bahasa Inggris kinematics. Istilah tersebut merupakan versi bahasa Inggris dari cinématique yg dicetuskan oleh fisikawan Perancis A.M. Ampère. Istilah tersebut dia ambil dari dua kata bahasa Yunani yaitu κίνημα (kinema) yg berMakna “gerakan, gerak” yg berasal dari κινεῖν (kinein) "bergerak".

2. Perbedaan Kinematika dan Dinamika

Kinematika dan dinamika sama-sama mempelajari gerak. Perbedaannya yaitu kinematika tidak menghitung gaya penyebab gerak. Sedangkan dinamika menganalisis semua hal yg mempengaruhi pergerakan benda. Contohnya yaitu perlambatan yg dikarenakan oleh gaya gesek udara atau permukaan lantai.


Anda dapat request Maknakel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

0 Response to "Pengertian Kinematika (Maknakel Komplit)"

Total Pageviews