Latest News

7 Perbedaan Gymnospermae Dan Angiospermae

Tumbuhan berbiji (spermatophyta) sanggup dibagi menjadi dua yaitu gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) dan angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup). Gymnospermae terdiri dari pakis haji (Cycas rumphii), putri dara cina (Ginkgo biloba), melinjo (Gnetum gnemon), dan pinus (Pinus merkusii). Sedangkan angiospermae terdiri dari tumbuhan dikotil dan monokotil. Nah, apa perbedaan antara gymnospermae dan angiospermae? Langsung saja kita simak yg pertama:

 sanggup dibagi menjadi dua yaitu gymnospermae  7 Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermaesel sperma yg membuahi satu sel telur sehingga membentuk zigot.

Proses pembuahan pada flora angiospermae berupa pembuahan ganda. Disebut pembuahan ganda alasannya yakni terdapat dua inti sperma yg melebur. Pembuahan ganda berlangsung dua kali yaitu yg pertama yakni spermatozoa 1 membuahi ovum menghasilkan zigot (2n) yg berubah menjadi biji, sedangkan yg kedua yakni spermatozoa 2 membuahi kandung forum sekunder menghasilkan endospermae (3n) yg bakal menjadi daging buah.

3. Bentuk Daun

Bentuk daun flora gymnospermae yakni kaku dan sempit. Pada flora pakis haji contohnya yg bentuk daunnya mirip palem. Daunnya langka bersifat beragam dan bentuk tulang daun yg tidak beragam.

Bentuk daun flora angiospermae pipih dan lebar dengan susunan tulang daun yg bervariasi. Bentuk tulang daun flora dikotil ada yg menyirip dan menjari. Sedangkan bentuk tulang daun flora monokotil ada yg sejajar dan melengkung.

4. Ovarium

Tumbuhan gymnospermae tidak mempunyai ovarium. Sedangkan flora angiospermae mempunyai ovarium berupa putik.

5. Biji Ditutupi

Biji pada flora gymnospermae tidak ditutupi sehingga sanggup terlihat dari luar di antara daun-daun. Sedangkan biji pada flora angiospermae tertutupi oleh daun buah sehingga tidak sanggup dilihat dari luar.

6. Batang

Semua batang flora gymnospermae berkambium. Kambium yakni jaringan flora yg terletak diantara xilem dan floem. Kambium inilah yg menciptakan batang flora menjadi berkayu.

Sedangkan batang flora angiospermae ada yg berkambium dan ada juga yg tidak berkambium. Tumbuhan dikotil mempunyai kambium sedangkan flora monokotil tidak mempunyai kambium.

7. Akar

Semua flora gymnospermae berakar tunggang. Sedangkan flora angiospermae akarnya bervariasi. Tumbuhan dikotil berakar tunggang sedangkan flora monokotil berakar serabut.


Berikut yakni tabel perbedaan flora angiospermae dan gymnospermae:

Dilihat Dari

Gymnospermae

Angiospermae

Alat reproduksi Strobilus Bunga
Pembuahan Tunggal Ganda
Bentuk daun Kaku, sempit Bervariasi
Ovarium

-

Punya
Biji ditutupi

-

Oleh daun buah
Batang Berkambium Monokotil: tidak berkambium
Dikotil: berkambium
Akar Tunggang Monokotil: serabut
Dikotil: tunggang


Sumber:

Judul

Alamat

1. Pengertian strobilus /search?q=kingdom-plantae-Maknakel-Komplit
3. Perbedaan pembuahan tunggal dan ganda? /search?q=kingdom-plantae-Maknakel-Komplit
6. Ciri-Ciri dan Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil /search?q=kingdom-plantae-Maknakel-Komplit
7. Tumbuhan berbiji terbuka http://id.wikipedia.org/wiki/Tumbuhan_berbiji_terbuka
8. Kambium itu apa sihh ? https://id.answers.yahoo.com/question/index%3Fqid%3D20111013034016AAKMFKP

Dengan dukungan terjemahan dari Google Translate.

Sumber gambar: http://image.slidesharecdn.com/angiospermsandgymnosperms-130808102617-phpapp01/95/angiosperms-and-gymnosperms-1-638.jpg?cb=1375975640


Anda sanggup request Maknakel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

0 Response to "7 Perbedaan Gymnospermae Dan Angiospermae"

Total Pageviews