Latest News

Objek Dan Ruang Lingkup Kajian Sosiologi (Maknakel Komplit)

Sosiologi ialah ilmu yg mempelajari sikap sosial dan asal-usulnya, pengembangan, organisasi, dan forum sosial. Sosiologi fokus pada hubungan-hubungan antar insan dan hubungannya dalam masyarakat. Sosiologi biasanya dipakai untuk memahami latar belakang, susunan, dan referensi kehidupan sosial dalam masyarakat. Sosiologi mempunyai objek dan ruang lingkup yg membatasi kajiannya. Berikut ialah objek dan ruang lingkup sosiologi. Langsung saja kita simak yg pertama:

Sosiologi ialah ilmu yg mempelajari sikap sosial dan asal Objek dan Ruang Lingkup Kajian Sosiologi (Maknakel Komplit)Objek Sosiologi

Objek sosiologi ialah masyarakat alasannya ialah terdiri dari sekumpulan insan yg telah usang bersama dan saling berinteraksi. Interaksi tersebut seringkali menghasilkan nilai dan norma untuk mengatur kehidupan di dalam sebuah masyarakat. Selain objek utama, sosiologi juga mempunyai beberapa objek lain yaitu:

  1. Objek sosiologi material ialah benda fisik, sumber daya, dan lokasi yg sanggup mempengaruhi kebudayaan di masyarakat.
  2. Objek sosiologi non material ialah budaya dan tabiat istiadat.
  3. Objek sosiologi formal ialah insan sebagai makhluk sosial dan anggota masyarakat.
  4. Objek sosiologi budaya ialah Keliru satu faktor yg sanggup mempengaruhi kekerabatan satu dengan yg lain.
  5. Objek sosiologi agama yg sanggup menjadi pemicu kekerabatan sosial masyarakat dan memengaruhi kekerabatan manusia.

2. Ruang Lingkup Sosiologi

Sosiologi mempelajari struktur sosial yg meliputi perubahan sosial. Ruang lingkup sosiologi lebih luas dari kebanyakan ilmu sosial lainnya alasannya ialah meliputi kekerabatan individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok di dalam masyarakat. Karena dasar penelitian sosiologi merupakan penggabungan data dari banyak sekali ilmu pengetahuan, maka ruang lingkup kajian sosiologi sanggup dirinci sebagai berikut:

  1. Ekonomi yg bekerjasama dengan produksi dan pengolahan sumber daya alam.
  2. Manajemen untuk menciptakan kajian ihwal apa yg dialami masyarakat.
  3. Sejarah yg bekerjasama dengan catatan kronologis suatu peristiwa.


Anda sanggup request Maknakel ihwal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

0 Response to "Objek Dan Ruang Lingkup Kajian Sosiologi (Maknakel Komplit)"

Total Pageviews