Latest News

Pengertian Domestikasi (Maknakel Komplit)

Domestikasi ialah pengadopsian tumbuhan dan binatang dari kehidupan liar ke dalam lingkungan kehidupan manusia. Dapat dikatakan, domestikasi ialah suatu “penjinakan” terutama terhadap binatang liar. Domestikasi melibatkan populasi binatang liar tersebut. Hewan tersebut bakal mengalami seleksi, pemuliaan (perbaikan keturunan), dan perubahan sifat dan sikap hewan. Anjing dan domba merupakan binatang pertama yg mengalami domestikasi. Dalam bahasa Inggris, domestikasi disebut domestication.
 dan binatang dari kehidupan liar ke dalam lingkungan kehidupan insan Pengertian Domestikasi (Maknakel Komplit)

1. Asal Mula Kata Domestikasi
Etimologi kata “domestikasi” merupakan kata serapan dari bahasa Inggris domestication yg muncul pada tahun 1774, yg berasal dari kata kerja domesticate, yg berasal dari bahasa Latin Pertengahan domesticatus, yg merupakan bentuk past pMaknaciple dari domesticare yg berMakna “menjinakkan” atau seCaranya harfiah “untuk tinggal di rumah”
2. Makna Kata Domestikasi
Dalam KBBI versi e-book terdapat Makna kata domestik yg merupakan adjektiva (kata sifat) yg Keliru satunya berMakna:
  1. Binatang piaraan; binatang jinak.
Sedangkan dalam KBBI versi kbbi.web.id dan jagokata.com terdapat Makna kata domestikasi yg merupakan nomina (kata benda) yg berMakna:
  1. Penjinakan binatang liar atau binatang buas dan sebagainya.
3. Pengertian Domestikasi Dalam Evolusi
Domestikasi ialah suatu kebijaksanaan daya yg menjadikan perubahan genetika pada flora maupun binatang yg dilakukan oleh manusia. Proses ini membutuhkan waktu bertahun-tahun. Domestikasi sanggup disebut sebagai bentuk evolusi akhir proses pembiasaan dari lingkungan liar ke lingkup kehidupan sehari-hari manusia. Oleh alasannya ialah itu, spesies hasil domestikasi bakal mempunyai huruf yg tidak sama dengan nenek moyangnya.

0 Response to "Pengertian Domestikasi (Maknakel Komplit)"

Total Pageviews