Latest News

Pengertian Apbn Dan Apbd

supaya pemerintahan dan perekonomian di suatu negara atau kawasan tetap berlangsung, maka negara atau kawasan perlu menciptakan rencana keuangan yg mengatur anggaran pendapatan dan pengeluarannya. Rencana keuangan yg dibentuk negara disebut APBN sedangkan rencana keuangan yg dibentuk kawasan disebut APBD. Jangka waktunya biasanya tahunan. Pada dasarnya, susunan APBD sama dengan susunan APBN. Perbedaan APBN dan APBD terletak pada ruang lingkupnya. APBN berskala nasional sedangkan APBD terbatas pada wilayah kawasan baik provinsi maupun kabupaten. Berikut ialah pengertian APBN dan APBD. Langsung saja kita simak yg pertama:

Baca juga: Ekonomi Mikro (Maknakel Komplit)
supaya pemerintahan dan perekonomian di suatu negara atau kawasan tetap berlangsung Pengertian APBN dan APBD

1. Pengertian APBN

APBN ialah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara yg disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat dan berisi rencana kerja pemerintahan negara dalam rangka meningkatkan hasil-hasil pembangunan seCaranya berkesinambungan serta melakukan desentralisasi fiskal.  APBN merupakan abreviasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. APBN memuat perincian sumber-sumber pendapatan negara dan jenis-jenis pengeluaran negara dalam jangka waktu satu tahun mulai dari tanggal 1 Januari hingga 31 Desember (1 April hingga 31 Maret pada masa pemerintahan Orde Baru).

2. Pengertian APBD

APBD ialah rencana keuangan tahunan pemerintah kawasan yg disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan berisi rencana kerja pemerintah kawasan yg meliputi seluruh penerimaan dan belanja (pengeluaran) pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten, dalam rangka mencapai sasaran pembangunan. APBD ialah abreviasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.


Anda sanggup request Maknakel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

0 Response to "Pengertian Apbn Dan Apbd"

Total Pageviews