Latest News

Caranya Mengatasi 10 Penyakit Pada Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan yaitu sistem organ yg berfungsi untuk melaksanakan respirasi. Sistem pernapasan pada manusia terdiri dari hidung, trakea, bronkus, bronkiolus, paru-paru, dan alveolus. Sama mirip organ lainnya, organ pada sistem pernapasan juga sanggup terjangkit aneka macam penyakit. Beberapa diantaranya sanggup disembuhkan. Berikut yaitu Caranya menyembuhkan aneka macam penyakit pada sistem pernapasan pada manusia. Langsung saja kita simak yg pertama:

Baca juga: 20 Penyakit pada Sistem Pernapasan Manusia
Sistem pernapasan yaitu sistem organ yg berfungsi untuk melaksanakan respirasi Caranya Mengatasi 10 Penyakit pada Sistem Pernapasanparu-paru yg dikarenakan oleh terlalu banyak menghirup serat-serat asbes. Penyakit ini sering diderita oleh orang-orang yg bekerja di industri pertambangan, industri asbes, dan konstruksi. Bahkan keluarga pekerja tersebut juga sanggup terinfeksi lantaran serat asbes sanggup melekat di pakaian yg dikenakan pekerja Saat bekerja. Asbestosis sanggup memicu kanker dan penyakit mesotelioma yg sanggup berakibat fatal. Caranya mengatasi penyakit asbestosis yaitu dengan membuang lendir/dahak dari paru-paru dengan obat semprot. Dalam beberapa perkara mungkin perlu dilakukan pencangkokan paru-paru.

2. Influenza

Influenza atau flu yaitu penyakit menular yg dikarenakan oleh virus influenza. Gejala yg paling umum yaitu demam tinggi, pilek, sakit tenggorokan, otot nyeri, sakit kepala, batuk, dan Mudah merasa lelah. Gejala ini muncul dua hari setelah terjangkit virus. Penyakit ini sanggup menyebar melalui udara yakni Saat penderita batuk atau bersin. Caranya mengatasi penyakit influenza yaitu dengan banyak istirahat, minum banyak air, menghindari penggunakan alkohol dan merokok, dan (jika perlu) minum parasetamol sesuai takaran untuk meredakan demam dan nyeri otot yg dikarenakan oleh flu. Penggunaan antibiotik tidak dianjurkan lantaran penyakit ini dikarenakan oleh virus, sedangkan antibiotik hanya sanggup membunuh bakteri/organisme.

3. Asma

Asma yaitu penyakit pada sistem pernapasan yg mengakibatkan sesak napas yg ditandai dengan adanya gangguan pada selaput pipa udara. Penyebab utama asma bermacam-macam mirip alergi, kebiasaan merokok, udara terlalu dingin, udara terlalu lembab, dan rasa sensitif terhadap debu. Caranya mengatasi penderita asma Saat penyakitnya kambuh yaitu dengan menunjukkan obat semprot atau obat suntik yg mengandung epinefrine atau isoproterenol. Jika tidak ada obat tersebut, sanggup juga diberikan minuman hangat dan menghirup uap air panas. Caranya mencegah asma supaya tidak kambuh yaitu dengan menghindari merokok, polusi, debu, udara dingin, udara lembab, dan bahan-bahan yg sanggup memicu alergi.

4. Emfisema

Emfisema yaitu penyakit yg ditandai dengan kerusakan pada alveolus di dalam paru-paru yg menjadikan penderita kekurangan oksigen. Penyakit ini mengakibatkan penderita sulit bernapas, sering mengalami batuk kronis, dan sesak napas. Jika penyakit ini sudah mulai timbul, sebaiknya hentikan merokok. Caranya mengatasi penyakit emfisema yaitu dengan menggunakan inhaler, proteksi oksigen, mengikuti latihan kardiovaskular, menghindari polusi, dll.

5. Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru yaitu penyakit ganas yg dikarenakan oleh pertumbuhan sel-sel yg tidak biasa pada paru-paru. Penyakit ini termasuk ganas lantaran sanggup menjalar ke organ badan lain. Penyebab utama kanker paru-paru yaitu kebiasaan merokok. Sampai Saat ini Caranya ampuh untuk menyembuhkan kanker paru-paru belum ditemukan. Tetapi kanker paru-paru sanggup diatasi dengan operasi, kemoterapi, dan terapi radiasi.

6. Bronkitis

Bronkitis yaitu peradangan pada membran mukosan pada bronkus. Bronkitis sanggup dibagi menjadi dua yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Perbedaannya yaitu bronkitis akut dikarenakan oleh virus (90%) atau basil (10%) sedangkan bronkitis kronis dikarenakan oleh merokok atau polusi udara. Caranya mengatasi bronkitis akut yaitu dengan menggunakan obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID). Sedangkan Caranya menangani bronkitis kronis yaitu dengan berhenti merokok, transplantasi paru-paru, dan menunjukkan oksigen tambahan.

7. Faringitis

Baca juga: 8 Organ Pernapasan Pada Manusia

Faringitis yaitu penyakit yg ditandai dengan adanya peradangan pada tenggorokan (faring). Penyakit ini sanggup dikarenakan oleh virus atau bakteri. Caranya mengatasi faringitis yaitu dengan menunjukkan antibiotik (jika penyakit dikarenakan oleh bakteri), makan banyak buah, dan menunjukkan vitamin.

8. Tuberkulosis

Tuberkulosis (TBC) yaitu penyakit yg dikarenakan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini pada umumnya menyerang paru-paru sehingga pada belahan dalam alveolus terdapat bintil-bintil yg mengakibatkan proses difusi oksigen menjadi terganggu. Caranya mengatasi tuberkulosis yaitu dengan mengonsumsi mengkudu dan jahe. Kandungan antrakuinon dan akubin dalam buah tersebut terbukti seCaranya klinis sanggup mengusir basil penyebab tuberkulosis. Penderita juga sanggup diberikan antibiotik jenis isoniazid dan rifampisin.

9. Pneumonia

Pneumonia (paru-paru basah) yaitu peradangan pada paru-paru yg menghipnotis alveolus. Pneumonia dikarenakan oleh benjol virus atau bakteri. Gejala pneumonia yaitu batuk, nyeri dada, demam, dan kesulitan bernapas. Caranya mengatasi pneumonia yg dikarenakan oleh basil yaitu dengan menunjukkan antibiotik. Penghambat neuaminidase sanggup dipakai untuk mengatasi pneumonia yg dikarenakan oleh virus influenza. Jika pneumonia sudah cukup parah, penderita Musti dirawat di rumah sakit.

10. Sinusitis

Sinusitis yaitu peradangan pada belahan atas rongga hidung yg disebut sinus paranasalis. Sinusitis sanggup dikarenakan oleh benjol bakteri, virus, alergi, atau kerusakan pada sistem imun. Caranya mengatasi sinusitis yaitu dengan istirahat yg cukup, minum air yg cukup, menghirup uap hangat, dan mandi air panas. Penggunaan antibiotik tidak dianjurkan lantaran sebagian besar penyakit sinusitis dikarenakan oleh virus dan sanggup hilang dengan sendirinya dalam waktu 10 hari. Antibiotik hanya boleh diberikan bila sinusitis berlanjut selama lebih dari 10 hari.


Anda sanggup request Maknakel wacana apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

0 Response to "Caranya Mengatasi 10 Penyakit Pada Sistem Pernapasan"

Total Pageviews