Latest News

4 Prinsip Geografi Dan Misalnya (Maknakel Komplit)

Geografi yakni ilmu yg mempelajari fenomena geosfer dan kehidupan di muka bumi beserta interaksi antara insan dengan lingkungan yg berkaitan dengan susunan keruangan dan kewilayahan. Fenomena geosfer tersebut merupakan tanda-tanda alam sebagai hasil dari proses alam yg terjadi di bumi. Pada dasarnya, geografi mengulas interaksi antara insan dengan lingkungannya. Studi geografi menggunakan beberapa prinsip. Prinsip tersebut dipakai sebagai dasar uraian, dasar pengkajian, dan dasar pengungkapan tanda-tanda dan fakta geografi. Berikut yakni prinsip-prinsip geografi beserta contohnya. Langsung saja kita simak yg pertama:
 Geografi yakni ilmu yg mempelajari fenomena geosfer dan kehidupan di muka bumi beserta 4 Prinsip Geografi dan Contohnya (Maknakel Komplit)

1. Prinsip Sebaran (Distribusi)

Prinsip persebaran atau distribusi merupakan prinsip yg menjadi kunci pertama pada geografi. Dalam prinsip persebaran, tanda-tanda dan fakta geografi tersebar di permukaan bumi seCaranya tidak merata dari satu wilayah dengan yg lain. Contoh prinsip persebaran yakni persebaran potensi air yg tidak sama dari satu lokasi dengan lokasi lain.

2. Prinsip Interelasi (Hubungan)

Dengan melihat dan menggambarkan aneka macam sebaran tanda-tanda dan fakta geografi dengan menggunakan prinsip sebaran, kita bakal sanggup mengungkap korelasi (hubungan) antara satu tanda-tanda dan fakta dengan yg lain sehingga sanggup diramalkan lebih lanjut. Hubungan tersebut sanggup antara faktor fisis dan faktor non-fisis serta antara faktor fisis dan faktor manusia. Contoh prinsip interelasi yakni kekeringan yg terjadi sebagai pengaruh dari fenomena La Nina.

3. Prinsip Deskripsi

Prinsip deskripsi atau klarifikasi yakni penggambaran lebih lanjut mengenai tanda-tanda dan fakta geografi. Deskripsi bakal menjelaskan lantaran akhir terjadinya interelasi. Prinsip ini menitikberatkan kepada kajian yg dilengkapi dengan peta, tabel, dan analisis data statistik. Contoh prinsip deskripsi berupa karya tulis atau karya ilmiah mengenai bahari Indonesia yg menampilkan peta wilayah bahari Indonesia.

4. Prinsip Korologi (Areal/Ruang)

Prinsip ini mempunyai Makna bahwa segala tanda-tanda dan fakta geografi yg ditinjau dari penyebaran dan interelasinya tidak terlepas dari eksistensi ruang itu sendiri. Ruang memberi karakteristik terhadap kesatuan gejala, kesatuan fungsi, dan kesatuan bentuk. Prinsip ini memadukan tiga prinsip geografi yg sudah disebutkan sebelumnya. Prinsip korologi merupakan prinsip dasar geografi yg menjadi Keliru satu ciri-ciri geografi modern. Contoh prinsip korologi yakni dikala kita bakal meneliti hal yg berkaitan dengan suhu udara. Maka, kita Musti meneliti perbedaan suhu udara di pedesaan dan perkotaan serta penyebab perbedaan tersebut

0 Response to "4 Prinsip Geografi Dan Misalnya (Maknakel Komplit)"

Total Pageviews