Latest News

Soal Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 2

Berikut yakni soal ulangan umum bahasa Indonesia untuk kelas 11 semester 2. Pembahasan soal sedang dalam proses pengerjaan. Jumlah soal sebanyak 50 soal. Jika kau ingin berlatih mengerjakan soal ini, siapkan selembar kertas dan tulis jawabannya disana. Selamat mengerjakan!

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2



Penggalan cerpen berikut untuk soal nomor 1-2.
2008 di Pinggir Selokan
Pagi menjelang siang tadi, anak pria saya, Keenan, tiba-tiba menarik tangan saya dan menggiring saya menuju sandal capit yg terparkir di teras depan. Saya sudah hafal aCaranya yg beliau maksud, sekaligus rute perjalanan yg menanti kamu. Inilah aCaranya jalan kaki yg kerap ia tagih, yakni satu kali putaran ke jalan belakang di mana tidak ada rumah di sana, hanya tanah kosong berilalang tinggi. Jalan itu menurun dan curam, berbatu-batu besar, dan banyak dahan berduri di pinggir kiri-kanan.
Terakhir saya berjalan ke sana, kaki Keenan sempat luka lantaran tersobek duri, tetapi entah mengapa ia selalu menentukan jalur yg sama. Sejak sebelum saya berjalan kaki, saya sudah mengamati pagi pertama tahun 2008 ini. Langit yg berawan, angin yg bertiup kencang, dan meski matahari bersinar cukup terang dan terlihat angkasa biru di balik timbunan awan, saya tidak bisa menyampaikan bahwa ini pagi yg cerah. Masih terasa jejak mendung peninggalan hujan semalam. Kendati demikian, pagi ini pun tidak bisa disebut pagi yg mendung. Sambil berjalan, saya merenungi kesan-kesan saya mengenai pergantian tahun kali ini. Ada impian berpengaruh untuk menuliskan sesuatu, semacam refleksi dan sejenisnya. Tapi saya tidak tahu Musti memulai dan mana, Musti menulis apa.


1. Latar waktu penggalan cerpen tersebut yakni …
a. siang hari
b. sore hari
c. senja hari
d. malam hari
e. pagi hari


2. Kalimat yg menggambarkan latar tempat pada kutipan cerpen tersebut yakni …
a. Saya sudah hafal aCaranya yg beliau maksud, sekaligus rute perjalanan yg menanti saya.
b. Terakhir saya berjalan ke sana, kaki Keenan sempat luka lantaran tersobek duri, tetapi entah mengapa ia selalu menentukan jalur yg sama.
c. Jalan itu menurun dan curam, berbatu-batu besar, dan banyak dahan berduri di pinggir kiri-kanan.
d. Sejak sebelum saya berjalan kaki, saya sudah mengamati pagi pertama tahun 2008 ini.
e. Sambil berjalan, saya merenungi kesan-kesan saya mengenai pergantian tahun kali ini.


3. Orang yg bertugas untuk menceritakan kepada penonton mengenai isi kisah dalam sebuah drama disebut …
a. antagonis
b. protagonis
c. narator
d. tritagonis
e. sutradara


4. Berikut ini yakni tujuan utama kita meringkas, kecuali
a. memberikan informasi atau pemahaman yg komprehensif (menyeluruh) perihal apa yg tampak dan terungkap dalam sebuah produk (buku, kaset, film, sinetron, dan sejenisnya yg sudah saya sebutkan di atas).
b. mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh fenomena atau problema yg muncul dalam sebuah produk.
c. memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah sebuah produk pantas mendapatkan sambutan masyarakat atau malah sambitan?
d. menjawab pertanyaan yg (mungkin) muncul jikalau seseorang melihat produk yg gres diluncurkan (diterbitkan), seperti: (selain buku, sesuaikan dengan kategorinya)
e. supaya karya kita menjadi terkenal.


5. Bacalah kutipan kisah berikut.
Dengan maksud yg licik, Datuk Maringgih meminjamkan uangnya pada Baginda Sulaiman. Berkat pinjaman uang dari Datuk Maringgih tersebut, perjuangan dagang Baginda maju pesat. Namun sayang, rupanya Datuk Maringgih menjadi iri hati melihat kemajuan dagang yg dicapai oleh Baginda Sulaiman ini maka dengan seluruh orang suruhannya, yaitu pahlawan lima, pahlawan empat, pahlawan tiga, serta yg lainnya, Datuk Maringgih memerintahkan untuk mengkremasi toko Baginda Sulaiman. Dan toko Baginda pun habis terbakar. Akibatnya baginda Sulaiman jatuh melarat dan sekaligus dengan hutang yg menumpuk pada Datuk Maringgih.
Watak tokoh Datuk Maringgih dalam kutipan kisah tersebut yakni …
a. Licik
b. Suka uang
c. Pasrah
d. Tamak
e. Pembohong


6. Editorial yakni Maknakel dalam surat kabar atau majalah yg mengungkapkan masalah-masalah nyata dan sedang hangat diperbincangkan masyarakat. Editorial disusun oleh …
a. wartawan lepas
b. sastrawan
c. staf redaksi
d. pengamat politik
e. kolumnis


7. Biografi yg menekankan penggambaran riwayat hidup seseorang seCaranya terang yakni …
a. biografi ilmiah
b. biografi populer
c. biografi berat sebelah
d. novel biografi
e. bibliografi


Paragraf berikut untuk soal nomor 8 dan 9.
Bahasa merupakan alat komunikasi sosial yg dipakai insan untuk berinteraksi antar sesamanya. Penggunaan bahasa berkembang seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi. Sebagai Keliru satu produk teknologi, televisi memengaruhi penggunaan bahasa dalam masyarakat melalui banyak sekali tayangan sehari-hari. Pengaruh tersebut sanggup berupa aspek-aspek positif maupun negatif. Suatu penyelidikan perlu dilakukan untuk mengetahui macam-macam efek penggunaan bahasa dalam tayangan-tayangan tersebut, khususnya bagi generasi muda. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini dilakukan sebagai antisipasi dini terhadap aspek-aspek negatif dari penggunaan bahasa dalam tayangan televisi yg sanggup merusak kepribadian generasi muda Indonesia.


8. Isi pokok paragraf tersebut yakni …
a. Penelitian ini penting untuk segera dilakukan semoga diketahui dampak negatif tayangan televisi.
b. Penggunaan bahasa di televisi memengaruhi penggunaan bahasa masyarakat melalui banyak sekali tayangan.
c. Televisi menggunakan sarana berupa bahasa dalam memberikan tayangan-tayangannya.
d. Tayangan televisi memengaruhi pemirsanya untuk membeli banyak sekali produk iklan yg ditawarkan.
e. Penggunaan bahasa dalam televisi perlu dicermati semoga tidak memperlihatkan efek jelek kepada pemirsa.


9. Paragraf tersebut merupakan kepingan …
a. latar belakang
b. rumusan masalah
c. tujuan penelitian
d. pembahasan
e. kesimpulan


10. Perhatikan obrolan diskusi berikut dengan saksama!
Penyaji :
“Kenyataannya, pembangunan tidak sanggup terlepas dari penggunaan sumber daya alam. Sumber daya alam tersebut sanggup berupa sumber daya alam yg sanggup diperbarui dan sumber daya alam yg tidak sanggup diperbarui. Kita sering tidak pernah memperhatikan kelestariannya setelah kita memanfaatkan sumber daya alam tersebut. Manusia cenderung memanfaatkan sumber daya alam seCaranya besar-besaran tanpa memperhatikan kelestarian dan dampak yg bakal terjadi. Di sisi lain, pembangunan juga sanggup menimbulkan dampak negatif pada insan itu sendiri.”
Penanya :
“Memang benar pembangunan sanggup menimbulkan dampak bagi sumber daya alam, tetapi apakah pembangunan selalu bersifat negatif? Bukankah pembangunan juga sanggup berdampak baik, Keliru satunya sebagai bentuk kemajuan suatu bangsa?”
Kutipan diskusi tersebut mengulas …
a. Dampak positif dan negatif yg ditimbulkan akhir pembangunan.
b. Pembangunan sanggup meningkatkan dampak negatif bagi kelestarian sumber daya alam.
c. Pembangunan sanggup berdampak positif bagi kelangsungan sumber daya alam dan manusia.
d. Pembangunan bekerjsama berdampak positif terhadap suatu bangsa.
e. Pembangunan bekerjsama tidak diperlukan.


Kutipan makalah berikut untuk soal nomor 11-13.
Jagung Manis (Zea Mays L. Saccharata) merupakan jenis jagung yg belum usang dikenal di Indonesia. Jagung manis semakin terkenal dan sering dikonsumsi lantaran mempunyai rasa lebih manis dibandingkan jagung biasa dan umur produksinya lebih singkat sehingga sangat baik untuk dibudidayakan. Kebanyakan warga masyarakat menyukai jagung manis untuk dikonsumsi (direbus, dibakar, dan dibentuk sup). Jagung manis mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin tinggi, serta kandungan lemak rendah. Dibandingkan dengan jagung biasa, jagung manis lebih banyak kandungan vitaminnya. Maka dari itu, perlu ditingkatkan produksi dan kualitas jagung dengan Caranya dukungan materi organik lantaran selain sanggup memperlihatkan hasil berkualitas, materi organik juga sanggup memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan bobot pipilan kering jagung. Oleh lantaran itu, diharapkan penggunaan materi organik dalam budi daya jagung manis.


11. Kutipan makalah tersebut merupakan kepingan …
a. latar belakang
b. rumusan masalah
c. tujuan penelitian
d. pembahasan
e. simpulan


12. Isi pokok kutipan makalah tersebut yakni …
a. Jagung manis belum usang dikenal di Indonesia.
b. Jagung manis semakin terkenal dan banyak dikonsumsi.
c. Penggunaan materi organik dalam budi daya jagung manis.
d. Ketentuan budi daya jagung manis dengan pertanian organik.
e. Pengenalan tanaman organik


13. Pernyataan yg sesuai dengan kutipan makalah tersebut terdapat dalam kalimat …
a. Jagung manis semakin terkenal dan sering dikonsumsi lantaran umur produksinya lebih lama.
b. Jagung manis mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin tinggi, serta kandungan lemak rendah.
c. Dibandingkan dengan jagung manis, jagung biasa lebih banyak kandungan vitaminnya.
d. Perlu ditingkatkan produksi dan kualitas jagung dengan Caranya dukungan materi anorganik lantaran sanggup memperlihatkan hasil yg berkualitas.
e. Bahan anorganik sanggup memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan bobot pipilan kering jagung.


14. Bacalah paragraf berikut.
Memang, ada banyak Caranya menurunkan berat badan. Ada diet macan yg lebih mementingkan konsumsi daging, diet buah-buahan, membatasi makan nasi dan masakan berkarbohidrat tinggi lain mirip masakan dari terigu, jagung, singkong, atau ubi, serta mengurangi konsumsi gula. Banyak juga iklan di media massa yg menjanjikan penurunan bobot tubuh hingga beberapa kilogram hanya dalam beberapa minggu. Atau, dengan tusuk jarum, sedot lemak, minum jejamuan, minum teh hijau, dsb.
Pokok isi teks tersebut yakni …
a. banyak Caranya menurunkan bobot badan
b. hindari mengonsumsi gula Saat melaksanakan diet
c. kita Musti mencontoh macan Saat bakal menurunkan berat badan
d. berat tubuh bisa turun dalam beberapa minggu
e. iklan seCaranya tidak eksklusif ikut berperan dalam diet seseorang


15. Bacalah paragraf berikut dengan baik.
Keliru satu aCaranya pemerintah dalam masa pembangunan yakni perjuangan penyebaran penduduk Jawa, bali, dan Lombok. Untuk memperjelas penyebaran disebutlah dengan nama khusus, yaitu transmigrasi. Bahkan, dalam kaitan itu, Bung Hatta berkata dalam kongres ahli-ahli ekonomi, “Satu perkara yg maha penting dalam rangkaian politik kemakmuran yakni transmigrasi. Jika ini tidak terpecahkan, Indonesia tidak bakal makmur”.
Gagasan utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat …
a. pertama
b. kedua
c. terakhir
d. pertama dan terakhir
e. semua kalimat


16. Perhatikan pendapat berikut.
Penyaji: Penerapan RUU P0rnografi tidak perlu diterapkan di Indonesia.
Tanggapan yg sesuai dengan pendapat tersebut yakni …
a. saya kurang sependapat dengan penyaji lantaran pendapatnya terlalu mengada-ada.
b. saya tidak sepakat dengan penyaji lantaran pendapatnya sulit dipecahkan.
c. saya menolak pendapat penyaji lantaran perkara yg dibahas terlalu bertele-tele.
d. saya kurang sependapat dengan penyaji lantaran realita yg diungkapkan tidak sepenuhnya demikian.
e. saya rasa pendapat penyaji terlalu teoritis, maka saya tidak setuju.


17. Hal yg tidak dimuat dalam notulen rapat OSIS perihal rencana pelaksanaan seminar yakni …
a. judul rapat
b. pelaksanaan
c. pemimpin rapat
d. biaya pelaksanaan
e. keputusan-keputusan rapat


Kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 18-20.
Akhir-akhir ini, sebelum pukul enam pagi, sering kulihat ayah duduk di dingklik rotan di beranda sembari mendengarkan info dari radio baterai yg ia taruh di meja. Saat loper koran tiba, ayah bakal membunuh radio, kemudian mulai memamah koran sambil sesekali geleng-geleng kepala. setelah kenyang memakan berita, ia bakal menenteng radionya ke dalam kamar. Dan selepas Zhuhur, ayah kembali keluar kamar, duduk di dingklik beranda yg hirau taacuh dan lengang memandang nyalang ke seberang jalan dengan napas yg sesekali mendesah. Kemudian, menjelang senja ayah bakal menuju ruang tengah, khusyuk menatap TV 14 inci.
“Mungkin ayah ingin beristri lagi, Mas,” ujar Lastri, adik perempuanku suatu kali.
Hus, ngawur! Ayah sudah tua, enam puluh umurnya. Lagian ayah begitu menyayangi ibu. Tak mungkin ingin beristri lagi,” sanggahku.
“Ibu kan sudah meninggal, tak bakal tahu Jika ayah beristri lagi.”
“Tetapi, saya tidak bahagia punya ibu tiri.”
“Jika ibu tiri itu orangnya baik, Mengapa tidak, Mas? Toh, ini demi kebaikan ayah.”
Mungkin Lastri benar, ayah ingin beristri lagi atau bisa jadi ia keliru. Ah, entahlah. yg jelas, setelah pensiun ayah turun, ayah masih sering bepergian; berkunjung ke rumah-rumah tetangga dan seminggu sekali pergi ke toko buku. Sering kali ayah pulang bersama teman-temannya yg seumuran kemudian ngobrol berjam-jam di ruang tamu. Tetapi, tidak untuk minggu-minggu ini. Entah lantaran apa, ayah lebih bahagia membisu di rumah, membaca koran, tiduran, dan menyaksikan info di TV. Di ruang tengah tulah saya sering menemani ayah.


18. Latar tempat yg dalam kutipan cerpen tersebut, kecuali di …
a. beranda rumah
b. kamar
c. ruang tengah
d. ruang tamu
e. jalan depan rumah


19. Kutipan dalam cerpen tersebut merupakan alur pada tahap …
a. pengenalan masalah
b. pemunculan masalah
c. pemuncakan masalah
d. penurunan masalah
e. penyelesaian masalah


20. Kutipan cerpen tersebut beralur …
a. progresif
b. regresif
c. sorot balik
d. mundur
e. campuran


Paragraf berikut untuk soal nomor 21 dan 22.
Keliru satu dampak jelek televisi terhadap anak yakni obesitas. Berdasarkan beberapa penelitian yg telah dilakukan, rata-rata anak menonton televisi selama minimal empat jam setiap hari. Saat menonton televisi, anak bakal memakan masakan ringan sebagai camilan. Camilan yg disukai oleh kebanyakan anak yakni kudapan tidak sehat, contohnya minuman kaleng dan masakan berbahan pengawet. Camilan tidak sehat tersebut sanggup memengaruhi kesehatan anak sehingga anak berisiko lebih besar terjangkit penyakit. Penyakit yg sering ditimbulkan oleh camilan-camilan tersebut yakni obesitas. Keadaan tersebut bakal diperparah jikalau anak tidak pernah melaksanakan olahraga.


21. Informasi penting dalam paragraf tersebut yakni …
a. Televisi merupakan sarana hiburan yg penting bagi anak.
b. Anak yg terlalu sering menonton televisi berisiko menderita obesitas.
c. Obesitas pada anak sanggup ditanggulangi dengan banyak sekali kegiatan olahraga.
d. Sebagian besar anak menonton televisi lebih dari empat jam setiap hari.
e. Camilan yg sering dikonsumsi anak yakni minuman kalengan dan masakan berbahan pengawet.


22. Dalam makalah tersebut, paragraf soal terdapat di kepingan …
a. simpulan
b. pembahasan
c. tujuan penelitian
d. rumusan masalah
e. metode penelitian


Ilustrasi berikut untuk soal nomor 23 dan 24.
“Saudara moderator, kenyataan dalam kehidupan sehari-hari sudah memperlihatkan dengan tegas dan terang bahwa membuang sampah di sungai sudah menjadi kebiasaan warga yg bertempat tinggal di pinggiran sungai. Padahal sudah cukup terang bahwa Keliru satu penyebab banjir yakni tersumbatnya aliran air sungai lantaran sampah menumpuk. Kesadaran masyarakat kita memang dalam menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan masih kurang.”


23. Peserta diskusi tersebut menyatakan …
a. persetujuan
b. ketidaksetujuan
c. saran
d. tanggapan
e. simpulan


24. Inti informasi yg diungkapkan oleh penerima diskusi yakni …
a. Sampah mengakibatkan banjir.
b. Masyarakat pinggir sungai suka membuang sampah di sungai.
c. Membuang sampah di sungai sanggup menimbulkan banjir lantaran aliran air tersumbat.
d. Tumpukan sampah mengganggu kesehatan masyarakat.
e. Sampah di sungai mengakibatkan peningkatan sumber penyakit.


Kutipan diskusi berikut untuk soal nomor 25–28.
Pemakalah :
“Belum banyak petani di Indonesia yg mengolah tanahnya dengan sistem pertanian organik. Kebanyakan petani masih melaksanakan sistem pertanian konvensional. Situasi ini terjadi lantaran keterbatasan pengetahuan perihal sistem pertanian organik. Meskipun Pemerintah sudah mulai melaksanakan sistem pertanian berkelanjutan yg tujuannya yakni pertanian organik memperhatikan aspek kelestarian alam, aCaranya ini belum sepenuhnya terserap oleh petani Indonesia.”
Moderator :
“Saya persilakan penerima diskusi untuk menanggapi pejelasan dari pemakalah. Silakan Saudara Devi.”
Devi :
“Saya sepakat dengan pendapat pemakalah bahwa petani Indonesia masih sedikit yg menerapkan pertanian organik. Kurangnya pemahaman petani perihal pertanian organik Musti segera diatasi. Petani Indonesia seharusnya sanggup menerapkan sistem pertanian organik lantaran selain hasil panennya bebas dari residu, pertanian organik juga ramah lingkungan.”
Moderator : “Silakan, Saudara Ardian!”
Ardian :
“Ya, pendapat Devi benar. Pertanian organik sangat ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan. Pemerintah Musti lebih memperhatikan pengetahuan dan pemahaman petani perihal pertanian organik. Petani sanggup diberi penyuluhan perihal pertanian organik. Dengan begitu, petani bakal lebih paham dan sanggup menerapkan pertanian organik untuk ke depannya.”


25. Kutipan diskusi tersebut mengulas …
a. kerugian menerapkan pertanian organik
b. kelebihan dan kendala menerapkan pertanian organik
c. dampak negatif pertanian sistem organik
d. dampak pertanian organik terhadap petani
e. pertanian organik aman bagi masyarakat


26. Pernyataan yg sesuai dengan isi kutipan diskusi terdapat dalam kalimat …
a. Kita sanggup menerapkan sistem pertanian organik untuk meningkatkan pendapatan petani.
b. Penerapan pertanian organik memerlukan biaya yg cukup besar.
c. Pertanian organik sangat ramah lingkungan dan hasil panennya bebas dari residu.
d. Pertanian organik sanggup didukung dengan penggunaan pupuk anorganik.
e. Pemerintah sama sekali belum pernah mengadakan penyuluhan terhadap petani.


27. Kalimat simpulan menurut diskusi tersebut yakni …
a. Petani Musti diberi pemahaman terhadap pertanian organik lantaran pertanian organik bebas residu dan ramah lingkungan.
b. Pemerintah Musti selektif dalam memperlihatkan pemahaman pertanian organik kepada petani.
c. Petani dihentikan melaksanakan pertanian konvensional lantaran tidak ramah lingkungan.
d. Pemerintah Musti tegas dalam memperlihatkan hukum semoga petani Indonesia menerapkan sistem pertanian organik.
e. Hasil pertanian organik memperlihatkan banyak manfaat bagi petani.


28. Tanggapan yg sesuai dengan isi diskusi tersebut yakni …
a. Pertanian organik tidak selamanya ramah lingkungan.
b. Melalui diskusi ini saya masih mencurigai manfaat pertanian organik.
c. Melalui penyuluhan atau tidak, pertanian organik tidak bakal dilirik petani.
d. Menurut saya, pertanian organik sangat manis lantaran sanggup melestarikan alam dan aman bagi kesehatan lantaran bebas residu.
e. Menurut saya, penerapan pertanian organik bakal memerlukan banyak biaya.


Dialog diskusi berikut untuk soal nomor 29–31.
A :
Saya yakni seorang guru yg mengajar di sebuah sekolah dasar di pedalaman Kalimantan. keadaan di sana sangat memprihatinkan. Kami menggunakan bangunan mirip sangkar untuk melangsungkan kegiatan pembelajaran.
B. :
Usaha apa yg sudah dilakukan pihak sekolah semoga mendapatkan kemudahan lebih baik?
A :
Berkali-kali saya sudah melaporkan keadaan tersebut kepada dinas terkait di kawasan kai, tetapi hingga kini belum ada respons. Akhirnya, saya terpaksa bertahan dengan segala keterbatasan yg ada. Meskipun demikian, para guru tetap bertekad untuk mendidik para bunga bangsa di kawasan itu. Kami bersyukur lantaran belum dewasa pedalaman mempunyai semangat mencar ilmu tinggi meskipun orang bau tanah mereka bukan orang berpendidikan.
B :
Bukankah Pemerintah telah menyediakan dana bagi pembangunan sekolah-sekolah di kawasan pedalaman melalui aCaranya khusus?
A :
Benar sekali. Namun, kau tidak tahu ke mana dana itu mengalir. Buktinya, semenjak beberapa tahun kemudian hingga hari ini keadaan saya masih sama. Namun, kenyataan ini tidak mengurangi semangat saya untuk terus mendidik belum dewasa pedalaman.


29. Dialog dalam diskusi tersebut mengulas …
a. Keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan di kawasan pedalaman.
b. Anak-anak di pedalaman juga bersemangat dalam belajar.
c. Anak-anak pedalaman bakal mempunyai masa depan cerah dengan pendidikan.
d. Pemerintah mengalokasikan dana khusus bagi pendidikan di kawasan pedalaman.
e. Pemerintah telah memperlihatkan perhatian terbaik bagi pendidikan di kawasan pedalaman.


30. Pernyataan yg sesuai dengan diskusi tersebut yakni …
a. Para guru menuntut Pemerintah lebih serius dalam menjalankan tugasnya.
b. Siswa pedalaman berharap semoga mereka mendapatkan pendidikan layak.
c. Aliran dana Pemerintah bagi pendidikan di kawasan pedalaman tidak jelas.
d. Pemerintah setempat bakal memproses ajakan para guru tersebut.
e. Orang bau tanah siswa di kawasan pedalaman ingin semoga anaknya tetap sekolah.


31. Tema: Masalah kebersihan di kota
Rumusan perkara yg sempurna untuk presentasikan sesuai dengan tema tersebut yakni …
a. Untuk apa perkara kebersihan di kota dibahas?
b. Berapa banyak kota yg mempunyai perkara kebersihan?
c. Bagaimana penanganan perkara kebersihan di kota?
d. Berapa orang yg terlibat dalam perkara kebersihan di kota?
e. Apa kesannya jikalau kota dipenuhi sampah?


32. Bacalah paragraf berikut.
Hutan mempunyai fungsi yg menguasai hidup orang banyak. Hutan berfungsi mengatur tata air, mencegah dan membatasi ancaman banjir serta erosi, serta sekaligus memelihara kesuburan tanah. Hutan memenuhi produksi hasil hutan untuk keperluan masyarakat pada umumnya dan pembangunan industri pada khususnya.
Isi paragraf tersebut yakni …
a. keperluan penduduk bakal kayu meningkat
b. pentingnya hutan bagi kehidupan manusia
c. fungsi hutan bagi kehidupan masyarakat
d. ruang lingkup kegiatan kehutanan
e. bencana alam yg dikarenakan keberadaan hutan


33. “Saudara yg terhormat, pada Saat ini saya bakal memberikan makalah perihal kegiatan di sekolah, yakni Meningkatkan Kepedulian Berbahasa Indonesia yg Baik dan Benar.”
Pernyataan yg sempurna untuk menyetujui pendapat tersebut yakni …
a. Saudara, setujukah dengan pendapat tersebut?
b. Saudara, silakan tanyakan kepada penerima lain.
c. Saudara moderator, intinya saya setuju. Bakal tetapi, tolong uraikan persoalannya seCaranya tuntas.
d. Saudara penyaji, saya sangat mendukung tema diskusi yg bakal Saudara sampaikan.
e. Saudara-saudara, oke kita lanjutkan diskusi kali ini.


34. Hal-hal berikut termasuk unsur-unsur intrinsik dari sebuah karya sastra, kecuali …
a. tokoh
b. biografi penulis
c. tema
d. amanat
e. alur


Kutipan hasil penelitian berikut untuk soal nomor 35–38.
Karya sastra sanggup diMaknakan sebagai suatu goresan pena atau karangan yg unsur estetiknya mayoritas dan sanggup dijadikan alat pengajaran. Meskipun tidak mempunyai definisi jelas, cerpen sanggup diMaknakan sebagai kepingan dari sastra tulis yg selesai dibaca dalam sekali duduk dan tidak menghabiskan waktu. Hubungan antara sastra dan cerpen tersebut sanggup ditarik kesimpulan bahwa cerpen juga sanggup dipakai sebagai media pendidikan akhlak. Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri terdiri atas 16 judul cerpen. Semua cerpen tersebut sebelumnya telah diterbitkan oleh banyak sekali media massa, baik kawasan maupun nasional. Namun untuk kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi sendiri diterbitkan oleh penerbit Kompas. Di dalam kumpulan cerpen ini, semua cerpen berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam. Dari segi tema hampir semuanya bertema keagamaan. Beberapa nilai pendidikan budpekerti yg sanggup diambil dari kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri yakni perihal budpekerti kepada Tuhan (takwa, rida atas ketentuan Tuhan, berdoa hanya kepada Tuhan), budpekerti terhadap sesama insan (Caranya memberi nasihat dan menerimanya, lapang dada, ikhlas, dan saling menolong). Akhlak kepada diri sendiri di antaranya introspeksi diri, berbaik sangka, ikhtiar, dan selalu berbuat yg terbaik. Nilai-nilai pendidikan tersebut sangat relevan dengan ajaran-ajaran agama sehingga sanggup diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

35. Pertanyaan yg jawabannya terdapat dalam kutipan hasil penelitian tersebut yakni …
a. Mengapa cerpen K.H.A. Mustofa Bisri hanya mempunyai satu konflik?
b. Apa perbedaan cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri dengan cerpen karya pengarang lain?
c. Apa yg terjadi jikalau cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri tidak mengangkat tema agama?
d. Siapa penulis cerpen yg bisa menulis cerpen dengan tema yg menarik?
e. Apa perbedaan karya sastra dan cerpen?


36. Pernyataan yg sesuai dengan bacaan tersebut yakni …
a. Di dalam kumpulan cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri, semua cerpen berlatar belakang kaum masyarakat berpendidikan.
b. Cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri dilihat dari segi tema hampir semuanya merupakan tema-tema kesetiaan.
c. Beberapa nilai pendidikan budpekerti yg sanggup diambil dari kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri yakni perihal pribadi seseorang.
d. Akhlak kepada diri sendiri di antaranya takwa, rida atas ketentuan Tuhan, dan berdoa hanya kepada Tuhan.
e. Nilai-nilai pendidikan dalam cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri sangat relevan dengan ajaran-ajaran agama.


37. Gagasan utama paragraf tersebut yakni …
a. Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri terdiri atas 16 judul cerpen.
b. Semua kumpulan cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri sebelumnya telah diterbitkan oleh banyak sekali media massa, baik kawasan maupun nasional.
c. Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi diterbitkan oleh penerbit Kompas.
d. Nilai-nilai pendidikan budpekerti dalam cerpen K.H.A. Mustofa Bisri sangat relevan dengan ajaran-ajaran agama.
e. Kumpulan cerpen K.H.A. Mustofa Bisri semuanya berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam.


38. Presentasi hasil penelitian yg sesuai dengan kutipan tersebut yakni …
a.
Beberapa nilai pendidikan budpekerti yg sanggup diambil dari kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri yakni perihal budpekerti kepada Tuhan (takwa, rida atas ketentuan Tuhan, dan berdoa hanya kepada Tuhan), budpekerti terhadap sesama insan (Caranya memberi nasihat dan menerimanya, lapang dada, ikhlas, dan saling menolong). Akhlak kepada diri sendiri di antaranya introspeksi diri, berbaik sangka, ikhtiar, dan selalu berbuat yg terbaik.
b.
Karya sastra sanggup diMaknakan sebagai suatu goresan pena atau karangan yg unsur estetiknya mayoritas dan sanggup dijadikan sebagai alat pengajaran. Meskipun tidak mempunyai definisi yg jelas, cerpen sanggup diMaknakan sebagai kepingan dari sastra tulis yg selesai dibaca dalam sekali duduk dan tidak menghabiskan waktu. Dari korelasi antara sastra dan cerpen di atas, sanggup ditarik kesimpulan bahwa cerpen juga sanggup dipakai sebagai media pendidikan akhlak.
c.
Cerpen sanggup dipakai sebagai media pendidikan akhlak. Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam. Dari segi tema hampir semuanya merupakan tema-tema keagamaan. Beberapa nilai pendidikan budpekerti yg sanggup diambil dari kumpulan cerpen tersebut yakni perihal budpekerti kepada Tuhan, budpekerti terhadap sesama manusia, dan budpekerti kepada diri sendiri. Nilai-nilai pendidikan di atas sangat relevan dengan ajaran-ajaran agama sehingga sanggup diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
d.
Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri terdiri atas 16 judul cerpen. Semua cerpen tersebut sebelumnya telah diterbitkan oleh banyak sekali media massa, baik kawasan maupun nasional. Namun untuk kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi sendiri diterbitkan oleh penerbit Kompas. Di dalam kumpulan cerpen ini, semua cerpen berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam.
e.
Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi sendiri diterbitkan oleh penerbit Kompas. Di dalam kumpulan cerpen ini, semua cerpen berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam. Dari segi tema hampir semuanya merupakan tema-tema keagamaan.
Ilustrasi tajuk rencana berikut untuk soal nomor 39 dan 40.
Banyak tayangan televisi mempertontonkan gaya hidup masyarakat kelas atas, baik dalam film maupun berita. Tayangan-tayangan tersebut sanggup memengaruhi perubahan gaya hidup anak. Anak bakal mencoba gaya hidup tersebut meskipun tidak sesuai dengan kemampuan keluarganya di dunia nyata. Akibatnya, anak bakal mempunyai obsesi tinggi terhadap isi tayangan-tayangan tersebut. Contohnya, anak bakal aib menggunakan benda-benda tidak bermerek terkenal. Jika orang bau tanah tidak sanggup memenuhi obsesi tersebut, anak cenderung memperlihatkan sikap membangkang.



39. Gagasan utama gambaran tajuk rencana tersebut yakni …
a. Anak mempunyai obsesi tinggi terhadap banyak sekali tayangan.
b. Tayangan televisi mempertontonkan banyak sekali gaya hidup.
c. Anak aib menggunakan barang tidak bermerek terkenal.
d. Tayangan televisi memengaruhi gaya hidup anak.
e. Gaya hidup anak sering berubah-ubah.



40. Pernyataan yg sesuai dengan paragraf tersebut yakni …
a. Obsesi berlebihan pada anak sanggup muncul akhir menonton tayangan televisi.
b. Tayangan film dan info merupakan tontonan yg sangat disukai oleh anak.
c. Anak tidak segan-segan meminta sesuatu kepada orang tuanya.
d. Gaya hidup anak dipengaruhi oleh gaya hidup orang bau tanah dan lingkungan sekitar.
e. Televisi memperlihatkan efek negatif terhadap kemampuan berbahasa anak.



Kutipan biografi berikut untuk soal nomor 41–42.
Muhammad Fudoli yakni tokoh muslim yg lebih dikenal sebagai cerpenis beraliran sufisme. Sebagian besar karyanya mendapatkan penghargaan dari banyak sekali instansi, antara lain penerbit majalah Horison. Selain itu, beliau berani melemparkan kritik tajam dengan kemasan bahasa yg halus dan memikat sehingga kritik tajam itu tidak terasa lagi bagi pembaca. Dia dikenal sebagai penulis yg sangat teliti, sabar, dan halus dalam mengungkapkan permasalahan yg terkesan singkat, tetapi tiba-tiba pada akhir-akhir kisah mengejutkan pembaca lantaran menampilkan adegan tragis sehingga kisah tersebut mengesankan pembaca. Kekuatan kisah Fudoli terlihat dalam kesederhanaan tokoh yg mengajak pembaca untuk bertobat dan meningkatkan keyakinannya kepada Tuhan YME.



41. Sikap positif hidup Muhammad Fudoli yg sesuai dengan kutipan biografi tersebut yakni …
a. Muhammad Fudoli menciptakan karya besar bernapaskan Islam.
b. Hasil karya Muhammad Fudoli sering diterbitkan di majalah Horison.
c. Muhammad Fudoli berani menampilkan adegan tragis.
d. Muhammad Fudoli mempunyai semangat pantang menyerah.
e. Dalam karyanya, Muhammad Fudoli mengajak pembaca untuk bertobat dan meningkatkan keyakinan kepada Tuhan YME.



42. Perilaku-perilaku yg sanggup diteladani dari tokoh menurut kutipan tersebut …
a. Cerpen Muhammad Fudoli mendapatkan penghargaan dari banyak sekali instansi.
b. Muhammad Fudoli berani melemparkan kritik tajam dengan kemasan bahasa yg halus dan memikat.
c. Muhammad Fudoli yakni penulis yg dikenal teliti, tetapi tidak sabar.
d. Muhammad Fudoli sering mengejutkan pembaca dengan menampilkan adegan tragis.
e. Muhammad Fudoli tidak aib melaksanakan pekerjaan apa pun.



Kutipan hikayat dan novel terjemahan berikut untuk soal nomor 43 dan 44.
Kutipan Hikayat
Hari menjelang sore. Gadis Cik Inam berdiri di pagar anjungan. Ia memandang ke kejauhan, menanti kepulangan Muda Cik Leman dan Anggung Selamat dari medan perang. Ia selalu berharap Muda Cik Leman dan Anggung Selamat duduk di atas kuda masing-masing diiringi hulubalang-hulubalang dan prajurit Muar pulang menuju istana. Mulutnya tiada henti-hentinya berdoa, mengharap mukjizat dari yg Maha Kuasa, mengharap Muda Cik Leman dan Anggung Selamat pulang dengan semat. Gadis Cik Inam menjadi resah, suaminya belum juga pulang.
Kutipan Novel Terjemahan
Makan bersama di pondok setelah pemakaman itu sangat mengesankan. Namun menceritakan ini terasa memilukan. Tentu saja saya sangat berduka. Papa paling ditangisi dan Mama kasihan sekali. Sebagian besar pelayat menangis Saat Papa dibawa ke lokasi pemakaman dan dimakamkan dalam liang lahat yg gres digali.



43. Latar tempat yg tergambar dari kedua kutipan tersebut yakni …

Kutipan Hikayat
Kutipan Novel Terjemahan
a. pagar anjungan istana pondok dan lokasi pemakaman
b. istana rumah Papa
c. istana Anggung Selamat pemakaman
d. rumah Muda Cik Leman rumah Papa
e. pagar anjungan istana rumah Papa



44. Nilai kehidupan yg tergambar dalam kedua kutipan yakni …
Kutipan Hikayat
Kutipan Novel Terjemahan
a. religi kesopanan
b. budaya sosial
c. moral ekonomi
d. kesopanan moral
e. kesetiaan budaya



45. Dialog drama dengan tema kesedihan seorang anak putus sekolah yakni …
a.
Ibu : Bantulah saja Ibu di pasar.
Putri : Tapi Putri ingin melanjutkan sekolah, Bu!
Ibu : Untuk makan saja kita kesusahan, Nak. Ibu harap kau mengerti.
Putri : Baiklah, Bu. (Mengusap air mata)
b.
Ibu : Putri, kerjakan dulu tugas-tugasmu!
Putri : Sebentar lagi, Bu.
Ibu : Ini sudah larut malam. Nanti tidak selesai.
Putri : Iya, Bu.
c.
Putri : Mengapa saya tidak sekolah, Bu?
Ibu : Besok, Nak, kalo kita sudah punya cukup uang.
Putri : (Mendekat ke ibunya) Janji ya, Bu.
Ibu : (Menyeka air matanya) Iya, Nak.
d.
Putri : Terima kasih, Ibu. (Memeluk ibunya)
Ibu : Belajar yg rajin ya, Nak.
Putri : Putri janji, Bu. (Melihat seragam barunya)
Ibu : Ibu bakal selalu mendoakanmu semoga naik kelas.
e.
Ibu : Putri, nilaimu manis sekali.
Putri : Ah, Ibu. (Merajuk)
Ibu : Sampai-sampai ditulis dengan tinta merah semua.
Putri : (Diam sambil menundukkan kepala)



46. Novel yg lebih mementingkan unsur khayalannya daripada fakta merupakan pengertian dari …
a. biografi ilmiah
b. novel biografi
c. biografi populer
d. biografi berat
e. cerpen biografi



47. Karya tulis ilmiah mempunyai sifat-sifat berikut, kecuali …
a. Karya ilmiah ditulis dalam bahasa Indonesia yg baik dan benar.
b. Karya ilmiah disusun seCaranya sistematis, dengan tata urutan yg jelas.
c. Karya ilmiah dikembangkan sedemikian rupa sehingga sanggup diterima nalar sehat.
d. Fakta yg dipakai dalam karya ilmiah Musti sanggup dipercaya.
e. Karya ilmiah dilengkapi dengan imajinasi semoga lebih menggugah perasaan.



48. Berikut ini merupakan etika dalam berdiskusi, kecuali
a. niat
b. situasi yg kondusif
c. mendominasi pembiCaranyaan
d. mendengarkan dengan baik
e. kejelasan



49. Cermatilah penggalan drama berikut.
Hendra : “Terima kasih, Dik.”
Didik :
“Sebenarnya sudah usang saya ingin mengajakmu ke luar kota, tetapi mengingat ibumu sakit, ya kutunda hingga hari ini.”
Hendra :
“Ya, itulah Dik, maka saya belum mau melangkah ke luar kota. Tapi, kini ibuku sudah sehat dan sudah mulai bekerja lagi. Jika begitu, kapan kita berangkat?”
Didik : “Bagaimana Jika ahad depan?”
Hendra : “Baiklah, saya bakal minta izin kepada ibuku dulu.”
Penggalan drama tersebut menceritakan …
a. Ibu Hendra sakit dan Hendra Musti menungguinya
b. Didik ingin mengajak Hendra ke luar kota
c. Hendra merasa kecewa lantaran ibunya sakit.
d. Didik menengok Hendra yg sedang sakit.
e. Hendra Musti minta izin kepada ibunya.



50. Berikut ini kiprah moderator yakni …
a. mengatur penerima diskusi
b. menampung kritik dan saran
c. mencatat kronologis kegiatan diskusi
d. memaparkan materi diskusi
e. membuka aCaranya diskusi

Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2




Anda bisa request Maknakel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com














































2 Responses to "Soal Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 2"

Total Pageviews